Unit Kegiatan Mahasiswa Seni dan Budaya adalah sebuah organisasi di lingkungan perguruan tinggi yang bertujuan untuk mengembangkan dan melestarikan kebudayaan serta seni tradisional maupun kontemporer. Unit ini menjadi wadah bagi mahasiswa yang memiliki minat dan bakat di bidang seni dan budaya untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan kreatif. Dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Seni dan Budaya, anggota dapat belajar, berkarya, dan berkolaborasi dalam berbagai jenis seni seperti tari, musik, teater, seni rupa, sastra, dan lainnya.

Aktivitas yang sering dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Seni dan Budaya meliputi latihan, penampilan, pameran, dan workshop. Selain itu, unit ini juga berperan dalam melestarikan budaya lokal dan nasional melalui pertunjukan seni tradisional, festival budaya, dan kegiatan sosial yang berhubungan dengan seni dan budaya.

Unit ini tidak hanya berfokus pada pengembangan keterampilan seni, tetapi juga mempromosikan nilai-nilai seperti kerjasama, kreativitas, dan apresiasi terhadap keanekaragaman budaya. Dengan demikian, Unit Kegiatan Mahasiswa Seni dan Budaya memberikan kontribusi positif dalam membentuk mahasiswa yang berbudaya dan berpengetahuan luas tentang seni dan budaya.