SALAM PRAMUKA!!!

UKM Pramuka Universitas HKBP Nommesen sejak 18 Oktober 2019 adalah UKM Minat dan Bakat Mahasiswa Bidang Pendidikan Kreatif yang bersifat kekeluargaan, professional, Tidak menginduk pada organisasi politik manapun, Terbuka, Tidak diskriminatif, Nirlaba, Adil, Efektif, Efisien dan Transparan alam upaya membina dan mengembangkan bakat, kemampuan dan kesejahteraan anggota.

UKM Pramuka Universitas HKBP Nommesen merupakan gerakan kepanduan nasional Indonesia. Gerakan Pramuka ini adalah keinginan untuk mengembangkan minat dan bakat dimana cinta alam dan lingkungan yang berperan aktif di didalam maupun di luar kampus yang keanggotaanya bersifat meningkatkan Potensi, berkolaborasi membangun bersama Kreativitas dan Kepercayaan Diri dalam kegiatan pramuka dan tidak membedakan suku, ras, golongan dan agama. Gerakan Pramuka bukanlah organisasi kekuatan sosial politik, dan bukan bagian dari organisasi kekuatan sosial politik dan tidak menjalankan kegiatan politik praktis. Gerakan Pramuka mendidik dan membina kaum muda Indonesia guna mengembangkan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisiknya.

UKM Pramuka Universitas HKBP Nommesen mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan nasional serta membangun dunia yang lebih baik. UKM Pramuka Universitas HKBP Nommesen juga berfungsi sebagai lembaga pendidikan non formal diluar Universitas dan di luar keluarga dan sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda berdasarkan Sistem Among dengan menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan, dan Motto Gerakan Pramuka yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa serta mesyarakat indonesia. Landasan Kepramukaan secara universal dinyatakan secara jelas di dalam Aanggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka Racana Universitas HKBP Nommensen.

Dasar Pelaksanaan Kegiatan :

  • Undang – Undang Dasar 1945.
  • Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961.
  • Surat Keputusan Rektor, Wakil Rektor-III Universitas HKBP Nommensen.
  • Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka Universitas HKBP Nommensen.

Visi Dan Misi UKM Pramuka Nommensen :

Visi

“Menjadi bagian dari salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan yang mampu Membentuk Karakter Mahasiswa yang Unggul, Berintegritas dan Berwawasan Luas untuk cinta alam serta cinta lingkungan yang diperuntukkan sebagai kader pemimpin bangsa di masa depan dengan dilandaskan Tri Satya dan Dasa Dharma.

Misi

Misi UKM Pramuka Nommensen ini adalah:

1. Menumbuhkan minat untuk mengembangkan kemampuan berkolaborasi

bagi seluruh Mahasiswa dan Mahasiswi.

2. Menyediakan wadah bagi Mahasiswa dan Mahasiswi untuk meningkatkan

Potensi, Kreativitas dan Kepercayaan Diri dalam Ukm pramuka.

3. Mewujudkan Mahasiswa yang Harmonis serta mampu eksis di dalam maupun di luar kampus.

 Kegiatan :

Gerakan Pramuka Racana Nommensen  dalam upaya membentuk generasi muda Indonesia guna mengembangkan mental, spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisiknya memiliki program kerja selama satu tahun ke depan sebagai berikut:

  • Kegiatan latihan
  • Penerimaan Warga Racana (PWR)
  • Pemantapan Anggota Baru (PAB)
  • Perkemahan Sabtu & Minggu (PERSAMI)
  • Penegak Kreasi (PK)
  • Bakti Sosial
  • Regenerasi Pengurus

 

Kegiatan-kegiatan di UKM Pramuka Nommensen dibuat oleh Divisi-divisi yang berada di bawah naungan dan disetujui oleh Badan Pengurus Harian (BPH) UKM Pramuka Nommensen Nommensen :

Divisi I            : Anti Narkoba
Divisi I memiliki tugas untuk menyusun program Membuat dan melaksanakan program pencegahan penyalahgunaan narkoba dalam mendukung kinerja UKM Pramuka Nommensen, termasuk program-program anti-narkoba untuk mahasiswa baru, pengembangan materi edukasi, dan program-program pemulihan. Upaya yang dilakukan oleh divisi ini juga mendukung mahasiswa dan anggota staf dalam menjalani gaya hidup bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Divisi II           : Peningkatan Wawasan dan Lingkungan Hidup
Divisi II memiliki tugas membuat program-program kerja yang dapat meningkatkan wawasan Anggota, yang mencakup peningkatan wawasan dan lingkungan hidup disekitar yang memiliki peran penting dalam mendukung kinerja UKM Pramuka Nommensen, melindungi alam, dan mempromosikan kesadaran lingkungan di kalangan mahasiswa, staf, dan fakultas universitas atau di dalam maupun diluar kampus lainnya. Upaya mereka berkontribusi pada pelestarian sumber daya alam dan perubahan positif dalam perilaku individu dan dalam UKM Pramuka Nommensen terkait lingkungan dan cinta alam.
Divisi III         : Pendanaan dan Kewirausahaan
Divisi III bertugas dalam merancang dan membuat program kerja dalam perencanaan keuangan, pengumpulan keuangan, usaha pencarian sumber keuangan, serta peran penting dalam menjaga stabilitas dan pertumbuhan UKM Pramuka Nommensen dengan memastikan bahwa sumber daya finansial tersedia, dikelola secara efisien, dan digunakan untuk mencapai tujuan UKM Pramuka Nommensen.

Divisi IV         : Peralatan dan Perlengkapan

Divisi IV bertugas untuk merancang dan membuat program-program kerja yang berhubungan dengan kegiatan divisi Peralatan dan Perlengkapan memiliki peran penting dalam memastikan kelancaran pengadaan ketersediaan perlengkapan setiap adanya kegiatan UKM Pramuka Nommensen dengan memastikan bahwa peralatan dan perlengkapan yang diperlukan selalu tersedia, pemeliharaan dan perbaikan dan dalam kondisi yang baik. Untuk mendukung efisiensi dan produktivitas UKM Pramuka Nommensen secara keseluruhan.
Divisi V         : Humas dan Dokumentasi
Divisi IV bertugas untuk merancang dan membuat program-program kerja yang berhubungan dengan kegiatan dan berperan penting dalam menjaga citra positif UKM Pramuka Nommensen di mata publik, memastikan informasi yang akurat dan tepat waktu disampaikan, serta mengelola dokumen dan informasi organisasi dengan efisien dan aman. Upaya ini membantu UKM Pramuka Nommensen untuk menjalankan operasinya dengan baik dan mendukung tujuan yang bermanfaat bagi seluruh kalangan kampus maupun diluar kampus.

Sebagai mahasiswa di era globalisasi kita tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan saja, melainkan ditambah dengan ketrampilan dan softskill kita. Bergabung dengan UKM Pramuka Nommensen merupakan sebuah keputusan tepat, karena disinilah kita belajar, berkolaborasi bersama untuk Mengembangkan kepercayaan diri menjadi seseorang yang mampu mengembangkan mental Karena disini kita dicetak sebagai calon pendidik yang nantinya akhirnya terjun di kalangan masyarakat umum yang ramah lingkungan dan cinta alam. Segenap pengurus UKM Pramuka Nommensen mengucapkan terima kasih kami menunggu kakak-kakak untuk bergabung bersama kami. Dan semoga hari esok lebih baik dari pada hari ini, dan semoga apa yang kita lakukan bermanfaat baik bagi diri kita dan semua orang di sekitar kita.

“Satyaku kudharmakan, dharmaku kubaktikan”

SALAM PRAMUKA!!!