Ratusan mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Fakultas Teknik mengikuti Program Safety Driving Training. Pelatihan ini diselenggarakan bekerjasama dengan PT. Chevron Oil Products Indonesia, Kamis (12/09/2024) di Halaman Kampus UHN Medan yang diikuti oleh 100 mahasiswa dari Fakultas Teknik. Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas HKBP Nommensen Medan terlebih dahulu diberikan pengetahuan sebelum praktik melalui pelatihan yang dipandu oleh narasumber ahli di bidangnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa mahasiswa memiliki pemahaman dasar yang kuat dan pengetahuan yang tepat sebelum terjun ke dalam praktik yang sesungguhnya. Narasumber yang dihadirkan adalah profesional dengan pengalaman yang relevan yang disampaikan langsung oleh Presiden Direktur PT. Chevron Oil Products Indonesia, Budiman, ST. Selanjutnya pemateri kedua oleh Agung Yuniharto, Trainer Mindventure di Mindventure Consulting dengan topik Road Safety Awareness.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan Dr. Richard AM Napitupulu, ST., MT menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PT. Chevron karena telah berkontribusi dalam pengembangan kompetensi mahasiswa melalui pelatihan ini. “Apresiasi yang tinggi kepada PT. Chevron karena telah berkontribusi dalam pengembangan kompetensi mahasiswa melalui Program Safety Driving Training ini. Kepada adik-adik mahasiswa, manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, aktif untuk bertanya dan berdiskusi dengan para narasumber

Beliau juga menekankan bahwa kolaborasi antara universitas dan industri merupakan langkah strategis dalam mempersiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang siap kerja dan mampu bersaing di dunia profesional. “Dengan adanya dukungan dari perusahaan seperti PT. Chevron ini, diharapkan mahasiswa Universitas HKBP Nommensen dapat lebih siap menghadapi tantangan di masa depan. Program seperti ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena selain memberikan keterampilan teknis, juga mengajarkan tanggung jawab dan kesadaran sosial di jalan raya,” ucapnya.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah membekali mahasiswa dengan keterampilan mengemudi yang aman, meningkatkan kesadaran dan sikap bertanggung jawab dalam berkendara, etika dan kepatuhan terhadap hukum lalu lintas. Selain teknik mengemudi, pelatihan ini juga sering mencakup edukasi tentang perawatan kendaraan yang baik, seperti pengecekan kondisi oli, ban, rem dan komponen penting lainnya.

Pelatihan dilanjutkan dengan kegiatan praktik, termasuk Checklist Kendaraan dan Demonstrasi  yang dilaksanakan di Area Kampus UHN Medan. Area ini telah dipasang Traffic Cone dan Road Barrier Grand untuk memastikan keamanan dan kelancaran latihan. Demonstrasi di area yang telah dipasang perangkat keamanan membantu peserta berlatih keterampilan mengemudi dengan situasi yang mirip dengan kondisi lalu lintas nyata.

Kolaborasi Universitas Nommensen Medan dan PT. Chevron Oil Products Indonesia

chevron_01
chevron_6
chevron_4
chevron_5
chevron_2
chevron_3
chevron_01 chevron_6 chevron_4 chevron_5 chevron_2 chevron_3