Sebagai sebuah institusi pendidikn tinggi yang punya komitmen dalam membangun sumber daya manusia yang unggul, inovatif, kreatif dan takut akan Tuhan berdaya saing global, Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan akan terus melakukan kemitraan strategis dengan berbagai perguruan tinggi luar negeri, tegas Rektor UHN Medan Dr. Richard AM Napitupulu, ST, MT  menanggapi kunjungan mahasiswa CULS(Czech University of Life Science)  ke UHN Medan, Jumat, (Kamis, 11/07-2024). Mahasiswa ini akan kita berdayakan untuk berbagi pengalaman dan juga penjajakan penelitian yang sifatnya kerjasama kedepan, karena kita sudah punya kerjasama dengan CULS Rep Ceko, tegas Rektor lagi.

Kunjungan mahasiswa CULS ini adalah salah satu wujud kami untuk siap menuju atau berbenah secara global, tegas Rektor lagi. Rektor mengatakan kemitraan kami dalam hal implementasi tri dharma perguruan tinggi sudah lama kami lakukan. Buah MoU dan MoA ini sudah ada dimana  dua orang dosen kami atas nama Samse Pandiangan, M.Sc, PhD dan Dr. Richard Napitupulu, ST, MT sudah pernah jadi dosen tamu di CULS. Ini adalah sebuah wujud nyata bahwa kami  terus berbenah menghadapi era disruptif ini, tegas Rektor lagi. Rektor sangat berterima kasih kepada keenam mahasiswa CULS ini dan kedepan kunjungan  antar kedua institusi akan lebih ditingkatkan lagi.

Sementara WD III Fakultas Teknik Humisar Pasaribu, ST, MT didmapingi dosen yang lain seperti Dr. Libianko Sianturi, ST, MT, Ir. Partahi Lumban Gaol, M.Eng, Ir. Yetty Riris, S, MT mengatakan sangat bangga dengan adanya kunjungan ini. Saya bangga, mahasiswa kami bisa melakukan diskusi bersama bagaimana model perkuliahan dan isu –isu kekinian di Ceko sehingga jadi masukan dan pengetahuan yang menarik disini, tegas Humisar Pasaribu, ST, MT yang merupakan dosen Prodi Teknik Sipil.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Dosen yang baru Lulus Doktor Fisika dari USU Dr. Libianko Sianturi, ST, MT bahwa adanya kunjungan mahasiswa CULS ini sebagai bukti kami terus berbenah menuju universitas yang siap menghadapi tantangan jaman yang makin kompleks, tegas Dr. Libianko lagi.

Kedepan kerjasama yang bersifat memberdayakan mahasiswa dalam skala global akan terus kita lanjutkan dengan tujuan bahwa UHN secara institusi telah melakukan upaya dan kerja keras mendorong mahasiswanya jadi pemain global, tegas Dr. Libianko Sianturi, ST, MT.