Universitas HKBP Nommensen Medan sekali lagi menegaskan komitmennya untuk mempersiapkan mahasiswa tidak hanya dalam hal akademik, tetapi juga dalam persiapan non akademik berupa karir. Melalui Pusat Karir (Career Center), Universitas HKBP Nommensen Medan telah meluncurkan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk melatih dan membekali mahasiswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk sukses di dunia kerja. Salah satu kegiatan terbaru adalah workshop tentang Pembuatan CV yang Efektif dan Wawancara Kerja dengan Bahasa Inggris yang dilaksanakan pada tanggal 4 Mei 2024 melalui workshop online mengunakan platform Zoom.

Acara ini dimulai laporan singkat dari Kepala Pusat Karir (Career Center) Hotpascaman Simbolon, M.Psi., Psikolog bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari keseluruhan kegiatan untuk mahasiswa pada saat akan menghadapi dunia kerja. Kemudian, acara dibuka oleh Bapak Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan, Dr. Richard Napitupulu, S.T., M.T., yang mengungkapkan apresiasinya kepada Pusat Karir yang dipimpin oleh Hotpascaman Simbolon, M.Psi., Psikolog, sebagai penyelenggara workshop tersebut. Lalu beliau juga menyatakan rasa syukurnya atas partisipasi aktif dari para peserta workshop yang sudah mau hadir dan mengikuti kegiatan ini.

Selain Rektor, acara ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor IV, Dr.IR Erika Pardede, M.App Sc., yang memberikan dukungan penuh terhadap Upaya Pusat Karir dalam membantu mahasiswa mempersiapkan diri untuk dunia kerja yang akan mendatang.

Tim Pusat Karir bekerja keras untuk menyelenggarakan workshop ini dengan baik. Mereka dibantu oleh tenaga magang yang berdedikasi, dengan Marisa Silalahi bertugas sebagai MC yang menggerakkan acara dengan lancar dan menarik perhatian peserta. Jose Sibarani, sebagai moderator, memfasilitasi diskusi dengan baik, sementara Lian Pandiangan bertanggung jawab sebagai operator, memastikan segala hal berjalan dengan lancar secara teknis.

Workshop ini tidak hanya memberikan pengetahuan praktis tentang pembuatan CV yang efektif dan keterampilan berbahasa Inggris untuk wawancara kerja, tetapi juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk berlatih langsung. Melalui simulasi wawancara dan peninjauan CV, mahasiswa mendapatkan umpan balik langsung dari para profesional yang terlibat dalam workshop ini. Dan dari hasil evaluasi yang kami sebarkan pada saat selesai acara, 63 dari 93 peserta yang mengisi google form evaluasi workshop menyatakan kebermanfaatan materi pada saat kegiatan berada pada “sangat baik” pada persentase 67,70%.

Kegiatan semacam ini mencerminkan komitmen Universitas HKBP Nommensen Medan untuk memberikan pendidikan yang menyeluruh kepada mahasiswanya. Dengan dukungan dari pimpinan Universitas dan kerja sama tim Pusat Karir, diharapkan mahasiswa akan lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja yang semakin kompleks dan kompetitif.

WORKSHOP 4
WORKSHOP 5
WORKSHOP 3
WORKSHOP 2
WORKSHOP 4 WORKSHOP 5 WORKSHOP 3 WORKSHOP 2