Universitas HKBP Nommensen Medan menyelenggarakan Kegiatan Rapat Koordinasi Tim Pengelola Beasiswa Bank Indonesia dengan Komunitas GenBI (Generasi Baru Indonesia Sumatera Utara) Universitas HKBP Nommensen Medan, Sabtu (3/02/2024) di Ruangan Justin Sihombing. Turut hadir Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan Dr. Richard, ST., MT, Wakil Rektor I Dr. Jadongan Sijabat, SE., M.Si, Wakil Rektor III Drs. Maringan Panjaitan, M.Si, Wakil Rektor IV Dr. Ir. Erika Pardede, M.App, Sc, Ketua pengelola GenBi UHN Libianko Sianturi, ST., MT, Pembina GenBI UHN Sabar Tampubolon, MM, Bapak Ibu Dekan Fakultas dan  Kaprodi serta 50 mahasiswa Penerima Beasiswa Bank Indonesia (BI) yang tergabung dalam Komunitas GenBI. Komunitas ini terdiri dari mahasiswa-mahasiswi dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di seluruh Indonesia.

Beasiswa Bank Indonesia merupakan beasiswa prestasi yang diberikan oleh Bank Indonesia untuk mahasiswa di berbagai Perguruan Tinggi untuk meningkatkan motivasi belajar dari mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik yang baik yang dapat menjadi agen perubahan di kampus Nommensen.

Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan Dr. Richard AM Napitupulu, ST., MT dalam sambutannya mengharapkan mahasiswa penerima Beasiswa Bank Indonesia ini tidak hanya menerima bantuan saja, tetapi harus bisa menambah banyak pengetahuan. “Banyak pelajaran banyak jaringan yang bisa adik-adik pelajari di sana.  Kami berharap kalian bisa bersainglah bukan dengan hanya sesama saja tetapi dengan komunitas GenBI di Sumut untuk bersaing di tingkat nasional. Harapan kami ada perwakilan dari Nommensen yang bisa mengikuti pertemuan GenBI di tingkat Nasional,” ucapnya.

Rektor menambahkan, beasiswa ini kemungkinan akan diperpanjang lagi 1 tahun dan untuk Universitas HKBP Nommensen akan ditambahkan kuota nya menjadi 130 orang yang sebelumnya 50 orang. “Mudah- mudahan bisa kita penambahan beasiswa ini. Kami mengharapkan kerjasama dari fakultas untuk menyiapkan calon penerima beasiswa GenBi selanjutnya,” ucap Rektor.

Ketua pengelola GenBI Libianko Sianturi, ST.,MT dalam laporannya mengatakan akan ada penambahan kuota dan prodi untuk bisa dialokasikan di tahun kedua. “Bahwa kita sudah mendatangani Perjanjian Kerja sama (PKS) dengan Bank Indonesia selama 2 tahun. Mahasiswa GenBI tahun ini juga akan diperpanjang kembali untuk satu tahun kedepan. Akan diadakan monitoring dan evaluasi kepada mahasiswa yang bisa diperpanjang untuk tahun depan,” jelasnya.

GENBI 7
GENBI 4
GENBI 5
GENBI 6
GENBI 8
GENBI 2
GENBI 3
GENBI 7 GENBI 4 GENBI 5 GENBI 6 GENBI 8 GENBI 2 GENBI 3

Jeven Putra Daeli, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis selaku Ketua BPH GenBI Komisariat UHN Medan menjelaskan BPH GenBI saat ini yang dinyatakan lolos setelah mengikuti 2 seleksi yang diselenggarakan, yaitu seleksi wawancara dari BPH wilayah Sumut dan seleksi wawancara dari Pembina di Kantor Bank Indonesia. “Mengenai program kerja, komunitas GenBI seperti GenBI Peduli Literasi dimana GenBI hadir untuk mengingatkan kembali betapa pentingnya membaca saat ini, membantu para siswa-siswi untuk bisa membedakan berita hoax di era digital saat ini dan juga sekaligu mengenalkan Perpustakaan Bank Indonesia,” jelasnya. Adapun 50 mahasiswa peraih Beasiswa Bank Indonesia UHN Medan ini berasal dari 7 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Pertanian, Peternakan, Fisipol, FKIP, Psikologi dan Hukum.