Universitas HKBP Nommensen (UHN Medan) bersama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) melalui Direktorat Pendidikan Profesi Guru Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) melaksanakan Penandatanganan Dokumen Kerja sama Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan 2 Tahun 2023. Rektor Universitas HKBP Nommensen bersama 49 Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta dan Perguruan Tinggi Negeri hadir menandatangani Perjanjian Kerjasama PPG Dalam Jabatan 2023, pada hari Kamis (2/11/2023) di Millenium Hotel Sirih, Jakarta.

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan Dr. Richard A.M Napitupulu, ST., MT dan Plt. Direktur Pendidikan Profesi Guru Andhika Ganendra S.Si., MM dan disaksikan oleh Dekan Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)  Dr. Mula Sigiro, M.Si., Ph.D dan Koordinator PPG UHN Medan Dr. Agusmanto Hutauruk, M.Si. Program Pendidikan Profesi Guru merupakan Program Studi Profesi yang ke-2 di UHN Medan setelah Program Profesi Dokter.

Dikutip dari lama resmi Direktorat Pendidikan Profesi Guru, Program PPG Dalam Jabatan merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S-1 Kependidikan dan S-1/D-IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan Standar Pendidikan Guru.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UHN Medan dalam Dr. Mula Sigiro, M.Si., Ph.D mengatakan FKIP Universitas HKBP Nommensen sangat bangga atas kepercayaan yang diberikan melalui program studi PPG dalam mengelola 2 bidang studi PPG Dalam Jabatan Angkatan 2 tahun 2023, yaitu Bidang Studi Ekonomi dan PPKn. “FKIP memiliki 4 bidang studi dalam Program Studi PPG yaitu Bidang Studi Matematika, Ekonomi, Bahasa Inggris dan PPKn. FKIP siap menyelenggarakan program PPG dalam jabatan dan PPG Prajabatan, dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru dan calon guru di masa depan,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Koordinator PPG UHN Medan Dr. Agusmanto Hutauruk, M.Si. “Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan Direktorat PPG Dirjen GTK Kemdikbud yang diberikan kepada Universitas HKBP Nommensen untuk menyelenggarakan Program PPG Dalam Jabatan. Hal ini menunjukkan bahwa Universitas HKBP Nommensen siap dalam mendukung program pemerintah di bidang pendidikan, khususnya dalam mempersiapkan para guru dan calon guru masa depan untuk kualitas sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik,” ucap Koordinator PPG UHN Medan Dr. Agusmanto Hutauruk, M.Si.

Beliau juga menegaskan, Universitas HKBP Nommensen melalui Program Studi PPG selalu siap dalam mendukung pelaksanakan program PPG baik untuk program Dalam Jabatan maupun Prajabatan di masa mendatang, dengan dukungan SDM dan Fasilitas terbaik dan pelayanan yang maksimal.

Sebagai informasi, pendaftaran PPG Prajabatan Gelombang 3 Tahun 2023 di Universitas HKBP Nommensen sudah dibuka sejak tanggal 25 Oktober – 12 November 2023 yang dapat diakses melalui laman https://s.id/PPGPrajabatanG32023.