Tentang Prodi
Matakuliah dan Kurikum
Daftar Dosen
Tentang Prodi
PSIKOLOGI memiliki peranan yang penting dalam kehidupan manusia, yaitu mengembangkan karakteristik unik yang dimiliki oleh setiap individu, sehingga mampu mengarahkan diri dalam mencapai tujuan, mengatasi berbagai masalah dalam aspek kehidupan (pendidikan, pekerjaan, keluarga dan kehidupan sosial bermasyarakat). Mengapa harus memilih Psikologi Nommensen ?
- Akreditasi B.
- Beragam pilihan karir.
- Dosen lulusan dalam (USU, UI, UNPAD, UGM, UNIKA) dan luar negeri terkemuka (Erasmus University dan RWTH Aachen University).
- Kurikulum yang selalui diperbaharui mendukung dunia kerja.
- Program Magang untuk melatih mahasiswa/i dalam dunia kerja.
- Program Pengembangan karakter unggul.
- Persiapan intensif menghadapi dunia kerja.
Mengenal lebih dekat dengan tentang Psikologi: Apa yang ada di dalam benak anda ketika mendengarkan kata Psikologi? Mungkin anda berpikir bahwa psikologi mempelajari tentang jiwa. Yang sebenarnya, psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia. Saat ini banyak masyarakat yang beranggapan bahwa psikologi hanya menangani orang yang stress ataupun sakit jiwa. Hal ini tidak salah, tetapi tidak sesempit itu. Bidang psikologi sangatlah luas.
- Psikologi Perkembangan berhubungan dengan tugas perkembangan manusia dari sejak lahir hingga masa tua.
- Psikologi Pendidikan merancang proses pembelajaran menjadi kreatif dan sesuai dengan anak didik
- Psikologi Industri dan Organisasi berfokus meningkatkan kinerja karyawan dan produktivitas perusahaan melalui proses seleksi dan rekrutmen, pemberian motivasi kerja serta pelatihan kepada karyawan
- Psikologi klinis erat hubungannya dengan klien yang mengalami gangguan psikologis dan seringkali ditangani oleh psikiater (dokter).
VISI :
Menjadi Program Studi Ilmu Psikologi yang proaktif menghadapi perubahan global dalam menyelenggarakan Tri Darma Perguruan Tinggi menuju Program Studi Ilmu Psikologi berkelas dunia berlandaskan kasih Tuhan dan ibu pertiwi (Pro Deo et Patria)
MISI :
- Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan tinggi yang mengikuti perubahan ilmu pengetahuan informasi dan teknologi dalam menghasilkan lulusan yang memiliki karakter Kristiani dan keterampilan unggul serta memiliki daya saing secara global
- Menyelenggarakan penelitian dan publikasi di bidang psikologi berorientasi pada kebutuhan dan tantangan masyarakat Indonesia yang mendapatkan pengakuan internasional.
- Menyelenggarakan dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraaan psikologis masyarakat dalam konteks perubahan global
- Mengembangkan tata kelola Program Studi Ilmu Psikologi yang mendukung pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, yang mendapat pengakuan internasional
- Melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi dalam konteks budaya Batak dan nilai-nilai Kristiani dalam mengembangkan kerjasama yang bereputasi internasional
TUJUAN:
- Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kasih kepada Tuhan dan Ibu Pertiwi, karakter dan wawasan berkelas dunia, dalam menghadapi kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
- Menyelenggarakan sistem pendidikan yang secara proaktif mengikuti perkembangan pendidikan psikologi di tingkat nasional dan internasional
- Menciptakan budaya riset untuk menghasilkan penelitian berstandar internasional.
- Turut serta dalam menjawab kebutuhan kesejahteraan psikologis masyarakat melalui implementasi pengabdian masyarakat, di tingkat nasional dan internasional
- Menghasilkan lulusan yang memiliki karakter Kristiani dan kompetensi yang mampu bersaing secara nasional dan internasional.
- Mengembangkan kolaborasi berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya Batak untuk menjamin keberlangsungan Program Studi Ilmu Psikologi Universitas HKBP Nommensen
SASARAN:
- Tercapainya program-program pengembangan sumber daya manusia yang menghasilkan kompetensi dan karakter yang mampu bersaing secara global serta memiliki kasih terhadap Tuhan dan Ibu Pertiwi.
- Terselenggaranya sistem pendidikan yang mutakhir sesuai dengan perkembangan pendidikan psikologi
- Tercapainya budaya penelitian yang menghasilkan karya ilmiah inovatif dan berkualitas menurut standar Internasional
- Tercapainya keterlibatan seluruh civitas akademika Program Studi Ilmu Psikologi dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis masyarakat.
- Tercapainya lulusan yang memiliki karakter Kristiani dan kompetensi, serta memiliki daya saing secara global
- Terjalinnya hubungan dan kerjasama dengan berbagai institusi, dalam rangka menunjang pengembangan lulusan dan Sumber Daya Manusia yang kompeten dan berkarakter Kristen, berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, serta budaya Batak.
Matakuliah dan Kurikum
Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka)
No. | Nama Mata Kuliah | Semester | SKS |
---|---|---|---|
1 | Pendidikan Agama Kristen | I | 2 |
2 | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | I | 3 |
3 | Bahasa Inggris | I | 2 |
4 | Bahasa Indonesia | I | 2 |
5 | Logika dan Filsafat | I | 2 |
6 | Sosiologi | I | 2 |
7 | Antropologi | I | 2 |
8 | Psikologi Umum I | I | 3 |
9 | Psikologi Umum II | II | 3 |
10 | Psikologi Perkembangan I | II | 3 |
11 | Psikologi Sosial I | II | 3 |
12 | English Psychology | II | 2 |
13 | Statistika | II | 3 |
14 | Psikologi Faal | II | 3 |
15 | Bahasa Mandarin | II | 2 |
16 | Psikodiagnostik I | III | 3 |
17 | Psikologi Perkembangan II | III | 3 |
18 | Psikologi Sosial II | III | 3 |
19 | Psikologi Kepribadian I | III | 3 |
20 | Psikodiagnostik II (Observasi) | III | 2 |
21 | Psikodiagnostik III (Interview) | III | 2 |
22 | Psikologi Industri dan Organisasi | III | 3 |
23 | Psikologi Pendidikan | III | 2 |
24 | Psikologi Kepribadian II | IV | 3 |
25 | Metode Penelitian Kuantitatif | IV | 3 |
26 | Pengembangan Karakter I | IV | 2 |
27 | Psikologi Eksperimen | IV | 2 |
28 | Psikodiagnostik IV (Kecerdasan) | IV | 3 |
29 | Tes Inventori I | IV | 2 |
30 | Tes Bakat | IV | 2 |
31 | Psikologi Pendidikan Lanjutan | IV | 2 |
32 | Psikologi Komunikasi | IV | 2 |
33 | Psikometri | V | 3 |
34 | Filsafat Manusia | V | 2 |
35 | Psikologi Kognitif | V | 2 |
36 | Metode Penelitian Kualitatif | V | 3 |
37 | Tes Inventori II | V | 2 |
38 | Psikologi Konseling | V | 3 |
39 | Tes Grafis | V | 2 |
40 | Modifikasi Perilaku | V | 2 |
41 | Training dan Evaluasi | V | 2 |
42 | Psikologi Abnormal | VI | 3 |
43 | Tes Pauli dan Kraeppelin | VI | 2 |
44 | Konstruksi Alat Ukur | VI | 3 |
45 | UU Tenaga Kerja & Kesejahteraan Kerja | VI | 2 |
46 | Psikoedukasi | VI | 2 |
47 | Desain pelatihan | VI | 2 |
48 | Kesehatan Mental | VI | 2 |
49 | Mata Kuliah Pilihan Wajib** | VI | 2 |
50 | Mata Kuliah Pilihan Wajib** | VI | 2 |
51 | Etika | VII | 2 |
52 | Kewirausahaan | VII | 2 |
53 | Pengembangan Karakter II | VII | 2 |
54 | Magang Psikologi | VII | 3 |
55 | Psikologi Klinis | VII | 3 |
56 | Seminar Proposal Penelitian | VII | 2 |
57 | Mata Kuliah Pilihan Bebas*** | VII | 2 |
58 | Mata Kuliah Pilihan Bebas*** | VII | 2 |
59 | Skripsi | VIII | 6 |
60 | Kode etik Psikologi | VIII | 2 |
Total SKS: | 146 |
Daftar Dosen