Visi Keilmuan
Menjadi program studi profesi pendidikan yang menghasilkan guru profesional yang unggul, adaptif dan berdaya saing Berlandaskan Pro Deo et Patria
profesi pendidikan | Bidang pekerjaan yang berfokus kepada penyelenggaraan proses pendidikan dan pengajaran |
guru profesional | Seseorang yang memiliki keahlian atau kemampuan dalam membimbing dan membina peserta didik, baik dari segi intelektual, spiritual, maupun emosional. |
unggul | Lebih tinggi (pandai, baik, cakap, kuat, awet, dan sebagainya) daripada yang lain-lain. |
adaptif | Kemampuan seseorang untuk menghadapi keadaan yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat. |
berdaya saing | Kemampuan bersaing pada tingkat lokal dan nasional untuk menunjukkan hasil yang lebih baik, lebih cepat atau lebih bermakna |
berlandaskan Pro Deo et Patria | Pelaksanaan tridarma perguruan tinggi di Program Studi Pendidikan Profesi Guru berlandaskan kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kecintaan pada tanah air |
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan profesi yang bermutu dengan memanfaatkan perkembangan IPTEK yang mutakhir
- Menyelenggarakan penelitian tentang pendidikan profesi yang bermutu dan produktif yang berorientasi pada publikasi ilmiah nasional dan atau internasional
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian pendidikan profesi yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan masyarakat
- Membangun jejaring kerjasama kemitraan dengan institusi terkait dalam bidang caturdharma perguruan tinggi secara berkelanjutan
Tujuan Program Studi
- Menghasilkan guru profesional yang ditunjukkan dengan adanya sertifikat pendidik.
- Menghasilkan penelitian tentang pendidikan profesi yang bermutu dan produktif yang berorientasi pada publikasi ilmiah nasional dan internasional
- Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian pendidikan profesi yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan masyarakat
- Menghasilkan Sumber Daya Manusia dalam bidang keguruan yang Profesional
- Meningkatkan jejaring kerjasama kemitraan dengan institusi terkait dalam bidang tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan
Strategi
- Menerapkan pembelajaran berbasis Student Center Learning Melaksanakan Pembelajaran Berbasis Digital
- Menyelenggarakan Pelatihan dan workshop pembuatan proposal penelitian internal, nasional dan internasional tentang pendidikan profesi
- Menyelenggarakan Pelatihan dan worshop penulisan artikel ilmiah baik nasional maupun internasional
- Pelatihan dan workshop pembuatan proposal pengabdian pada masyarakat tentang pendidikan profesi
- Pengembangan kompetensi Dosen Melalui Studi Lanjut
- Pengembagan kompetensi dosen dalam mengikuti seminar baik dalam negeri maupun luar negeri
- Menjalin kerjasama pada tingkat lokal, nasional, dan internasional baik dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masayarakat
No | SEMESTER | KODE MATA KULIAH | NAMA MATA KULIAH | SKS | KATEGORI MATA KULIAH |
1 | I | IG1101210 | Filosofi Pendidikan Indonesia | 2 | MATA KULIAH INTI |
2 | I | IG1202310 | Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya *) | 3 | |
3 | I | IG1203310 | Prinsip Pengajaran dan Asesmen I *) | 3 | |
4 | I | IG1308610 | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) I | 6 | |
5 | II | IG1204320 | Prinsip Pengajaran dan Asesmen II *) | 3 | |
6 | II | IG1105320 | Pembelajaran Sosial Emosional *) | 3 | |
7 | II | IG1306220 | Seminar Pendidikan Profesi Guru | 2 | |
8 | II | IG1407220 | Projek Kepemimpinan | 2 | |
9 | II | IG1309820 | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II | 8 | |
10 | I | IG2110210 | Literasi dalam Lintas Mata Pelajaran | 2 | MATA KULIAH |
11 | I | IG2213210 | Perancangan dan Pengembangan Kurikulum | 2 | |
12 | I | IG2214210 | Pembelajaran Terdiferensiasi | 2 | |
13 | I | IG2215210 | Pengajaran dan Pembelajaran Daring dan Bauran | 2 | |
14 | I | IG2216210 | Design Thinking | 2 | |
15 | II | IG2211220 | Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran | 2 | |
16 | II | IG2212220 | Pengantar Pendidian untuk Anak Berkebutuhan Khusus | 2 | |
17 | II | IG2217220 | Computational Thinking | 2 | |
18 | II | IG2218220 | Pendidikan di Daerah Khusus | 2 | |
19 | II | IG2119220 | Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia | 2 |
Bidang Studi | Nama Lengkap Dosen | NIDN/NIDK |
Matematika | 0028086808 | |
Matematika | 0001076902 | |
Matematika | 0122068303 | |
Matematika | 0004087104 | |
Matematika | 0117088801 | |
Matematika | 0018078003 | |
PPKn | 0113047501 | |
PPKn | 0020046108 | |
PPKn | 0126068203 | |
PPKn | 0110078402 | |
PPKn | 0023126601 | |
Bahasa Inggris | 0108098602 | |
Bahasa Inggris | 0128028402 | |
Bahasa Inggris | 0118108802 | |
Bahasa Inggris | 0115086701 | |
Bahasa Inggris | 0123078802 | |
Bahasa Inggris | 0128078303 | |
Ekonomi | 0115098309 | |
Ekonomi | 0103098405 | |
Ekonomi | 0103089102 | |
Ekonomi | 0106096501 | |
Ekonomi | 0104128404 | |
Ekonomi | 0004076508 |