Tentang Prodi
Mata Kuliah dan Kurikulum
Dosen Pengajar
RPS
Tentang Prodi
Visi
Visi Keilmuan Prodi Pancasila dan kewarganegaraan “Unggul dalam Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Berorientasi Digital Berlandaskan Pro Deo et Patria pada Tingkat Global Tahun 2031”.
Misi
- Melaksanakan pembelajaran pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang inovatif berdasarkan perkembangan inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berlandaskan Pro Deo et Patria
- Melaksanakan penelitian yang menghasilkan inovatif baru di bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan pengajarannya berlandaskan Pro Deo et Patria.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat luas untuk meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berlandaskan Pro Deo et Patria.
Tujuan
- Menghasilkan calon guru yang unggul dalam bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang inovatif berdasarkan perkembangan inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di tingkat regional berlandaskan Pro Deo et Patria.
- Menghasilkan penelitian dan publikasi dalam bidang pembelajaran pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat luas berlandaskan Pro Deo et Patria.
- Menerapkan Hasil Pengabdian kepada Masyarakat luas untuk mendorong pengembangan SDM dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat berlandaskan Pro Deo et Patria.
Strategi
No | Tujuan Program Studi | Strategi Pencapaian | Tahapan | |||
2019/ 2020 | 2020/ 2021 | 2021/ 2022 | 2022/ 2023 | |||
1 | Menghasilkan calon guru yang unggul dalam bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang inovatif berdasarkan perkembangan inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di tingkat regional berlandaskan Pro Deo et Patria | Melaksanakan Pembelajaran Berbasis Digital | 50% | 80% | 90% | 100% |
Merevisi Kurikulum sehingga mengikuti perkembangan IPTEK dan pelaksanaan KKNI | 100% | 100% | 100% | 100% | ||
Menerbitkan bahan ajar/modul atau buku | 60% | 70% | 80% | 90% | ||
Meningkatkan kompetensi Dosen Melalui Studi Lanjut maupun keikutsertaan dalam seminar dalam dan luar negeri | 20% | 30% | 40% | 60% | ||
Melibatkan mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian pada masyarakat | 100% | 100% | 100% | 100% | ||
Meningkatkan keikutsertaan mahasiswa dalam pertemuan ilmiah dalam seminar nasional dan internasional baik sebagai peserta maupun pemakalah | 60% | 70% | 80% | 100% | ||
Melaksanakan Pembinaan kerohanian mahasiswa melalui kebaktian setiap harinya yang dilaksanakan pada pagi hari sebelum memulai perkuliahan dan menyediakan bimbingan konseling | 100% | 100% | 100% | 100% | ||
Pembentukan karakter dan kasih kepada mahasiswa selama proses pembelajaran di dalam maupun di luar kelas | 100% | 100% | 100% | 100% | ||
Memfasilitasi mahasiswa melaksanakan pertukaran mahasiswa (student exchange) dalam maupun luar negeri | 100% | 100% | 100% | 100% | ||
Mendatangkan dosen tamu dari dalam maupun luar negeri memberikan kuliah umum | 100% | 100% | 100% | 100% | ||
Memfasilitasi lulusan untuk mengikuti ujian TOEFL ITP di UHN | 100% | 100% | 100% | 100% | ||
Memfasilitasi mahasiswa dalam mengikuti pelatihan wirausaha | 80% | 90% | 95% | 100% | ||
2 | Menghasilkan penelitian dan publikasi dalam bidang pembelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat luas berlandaskan Pro Deo et Patria | Mendorong dosen bersama mahasiswa melakukan penelitian melalui program insentif | 100% | 100% | 100% | 100% |
Pelatihan dan workshop pembuatan proposal Penelitian | 100% | 100% | 100% | 100% | ||
Menjalin kerjasama institusional baik swasta maupun negeri dalam bidang penelitian | 80% | 90% | 95% | 100% | ||
Mengintegrasikan penelitian dengan kurikulum | 85% | 90% | 95% | 100% | ||
3 | Menerapkan Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Luas untuk Mendorong pengembangan SDM dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat berlandaskan Pro Deo et Patria | Melaksanakan Pelatihan dan workshop pembuatan proposal pengabdian pada masyarakat | 80% | 90% | 95% | 100% |
Memberikan motivasi dan dorongan kepada dosen untuk melakukan pengabdian pada masyarakat melalui program insentif | 80% | 90% | 95% | 100% | ||
Menjalin kerjasama dengan institusi swasta maupun negeri dalam bidang pengabdian pada masyarakat | 80% | 90% | 95% | 100% | ||
Memfasilitasi dosen dan mahasiswa dalam mendapatkan dukungan sumber dana eksternal | 100% | 100% | 100% | 100% | ||
Mengintegrasikan pengabdian pada masyarakat dengan kurikulum | 85% | 90% | 95% | 100% | ||
Membimbing mahasiswa mengikuti hibah Penelitian Kreativitas Mahasiswa | 85% | 90% | 95% | 100% | ||
Memfasilitasi mahasiswa dalam melaksanakan bimbingan belajar ke daerah-daerah terpencil | 85% | 90% | 95% | 100% |
Mata Kuliah dan Kurikulum
Dosen Pengajar
No | Nama | Foto | NIDN | SINTA ID | Google Scholar | |
1. | Monalisa Marta Siahaan, SH., MH | 0128107001 | monalisa.siahaan@uhn.ac.id | Icd2TMQAAAAJ | ||
2. | Rince Marpaung, S.Sos., M.Pd | 0024046416 | rince@uhn.ac.id | |||
3. | Dr.Hotmaida Simanjuntak SPd,. SH,M. H | 0113047501 | hotmaida.simanjuntak@uhn.ac.id | 6782868 | qnXNScwAAAAJ | |
4. | Kondios Meidarlin Pasaribu,.S.Pd,.SH,.MH | 0126068203 | kondiospasaribu@uhn.ac.id | 6663854 | ||
5. | Dr. Drs. Lukman Pardede, S.Pd., S.H., M.Pd. | |||||
6. | Victorianus Randa Puang, S.H., M.Kn |
RPS
Tab Content