Unit Kegiatan Mahasiswa BEM dan HMP

Badan Eksekutif Mahasiswa atau BEM merupakan lembaga eksekutif dalam kampus yang terdiri dari beberapa pengurus dari berbagai latar belakang mahasiswa. Baik dari jurusan maupun fakultas yang berbeda. Untuk BEM itu sendiri, terdapat tingkatan yaitu BEM Fakultas dan BEM Universitas. Bedanya, BEM Fakultas menjadi perwakilan mahasiswa di tingkat fakultas dan mengeksekusi beberapa program kerja yang direncanakan dari fakultas dengan pengurus yang berasal dari berbagai macam jurusan dalam lingkup fakultas tersebut. BEM Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) merupakan salah satu organisasi yang berada di tingkat Program studi dan termasuk organisasi intra kampus di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta bagian dari kegiatan ekstra kurikuler yang dapat dipilih dan diikuti oleh setiap mahasiswa. HMP FKIP adalah salah satu organisasi yang mampu mengembangkan pola pikir, kepribadian serta potensi yang dimiliki oleh setiap mahasiswa yang berkaitan dengan disiplin ilmu, minat dan Bakat serta kerohanian agar setelah lulus dari perguruan tinggi maka mahasiswa siap untuk terjun langsung ke masyarakat. Pada dasarnya, Himpunan Mahasiswa Program Studi yang berada di tingkat fakultas serta berada di bawah koordinasi dari BEM fakultas, sehingga seluruh kegiatan yang diadakan oleh HMP haruslah memiliki afiliasi dengan program-program yang ada pada BEM Mahasiswa.

Kegiatan yang merupakan bagian kerja koordinasi antara BEM dan HMP FKIP adalah bekerja sama dalam kegiatan Kebaktian mingguan FKIP, kerja sama dalam kegiatan sosial seperti menyantuni anak-anak yatim piatu di panti asuhan, mengadakan Pertunjukan Seni yang menampilkan bakat dan potensi yang dimiliki mahasiswa FKIP seperti tarik, suara, bela diri, teater, storytelling, musik, membaca puisi, dan lain sebagainya. BEM juga berkoordinasi dengan HMP dalam hal saling membantu dalam penyebaran informasi pengembangan pendidikan dan profesi mahasiswa seperti program yang ada pada Merdeka Belajar Kampus Merdeka: PMM (Pertukaran Mahasiswa Merdeka), KM (Kampus Mengajar), MSIB (Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat).