Kedatangan mahasiswa Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen (FKIP UHN) Medan di Desa Kentara Kecamatan Laeparira Kabupaten Dairi mendapat apresiasi dari Kepala Desa Kentara Manusun Sihombing. Hal ini disampaikan dalam acara silaturahmi mahasiswa dengan Kepala Desa di kantornya, Senin (7/3).

“Saya sebagai Kepala Desa sangat bangga dan sangat berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa dari FKIP UHN Medan yang melakukan kegiatan dalam bentuk program kampus mengajar di Desa Kentara ini, khususnya di SD Hutalobu”, ujarnya.

Manusun yang baru saja memenangkan Pilkades dengan dukungan yang luar biasa dari masyarakat Desa Kentara ini mengatakan bahwa Desa Kentara akan terus mendukung semua program pemerintah apalagi itu menyangkut peningkatan mutu pendidikan.

“Apapun yang diprogramkan oleh pemerintah akan kita dukung, karena itu sifatnya sangat membangun, apalagi kedatangan mahasiswa mau bergabung dengan kami. Ini adalah sebuah momentum yang sangat spesial agar di desa kami ini bisa terjadi transfer pengetahuan dari mahasiswa FKIP UHN Medan. Saya yakin kalian memiliki kualitas yang sangat bagus dan ini akan kita optimalkan dengan baik di Desa kami ini”, tegasnya seraya berharap agar program seperti ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan.

Sebagai bentuk dukungannya, Manusun juga menyemangati para mahasiswa dan meminta agar mereka tak segan menyampaikan apa yang menjadi kebutuhannya selama menetap di Desa Kentara.

“Anggaplah Desa ini sebagai rumah kalian sendiri. Bergabunglah dengan masyarakat dan menjadi bagian dari masyarakat itu. Apa saja yang adek-adek mahasiswa butuhkan akan kami dukung agar program kampus mengajar ini sukses untuk kita semua, untuk negara, untuk mahasiswa FKIP Nommensen dan juga untuk Desa Kentara yang kita cintai ini”, pesannya.

Sementara Dekan FKIP UHN Medan Dr. Mula Sigiro, M.Si, Ph.D. yang dihubungi secara terpisah mengatakan Kampus Mengajar adalah bagian dari program MBKM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.

“Program ini merupakan transformasi dari Program Kampus Mengajar Perintis yang bertujuan untuk memberikan solusi bagi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terdampak pandemi dengan memberdayakan para mahasiswa untuk membantu para guru dan kepala sekolah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19”, jelasnya.

Lebih lanjut Beliau mengatakan bahwa Program Kampus Mengajar ini mengajak para mahasiswa untuk berkolaborasi, beraksi, dan berbakti untuk negeri di sekolah yang ditugaskan baik jenjang SD maupun SMP dan Universitas HKBP Nommensen Medan sangat mendukung program ini.

“Saat ini kami, FKIP UHN Medan, adalah pengirim terbanyak mahasiswa program Kampus Mengajar ke III dengan jumlah mahasiswa 249 orang dan itu akan kita kirimkan ke berbagai SD dan SMP di Sumut dan Aceh sebagai duta literasi. Jadi, buat adik-adik yang mau kuliah, jangan ragu bergabung di Universitas HKBP Nommensen Medan, khususnya FKIP.

Kita siap membimbing dan memberikan yang terbaik untuk adik-adik semua”, tegas Doktor Fisika lulusan salah satu Universitas ternama di Taiwan ini.