Mahasiswi Psikologi UHN Medan Raih Prestasi Gemilang di GEWINN Malaysia Open International Taekwondo Championship 2024

Universitas HKBP Nommensen Medan kembali mencetak prestasi gemilang di kancah Internasional. Sartika Hutauruk, mahasiswi tingkat akhir di Fakultas Psikologi UHN Medan behasil membawa pulang medali perak kategori senior prestasi under 49 kg Putri dalam ajang GEWINN Malaysia Open International Taekwondo Championship 2024 yang diselenggarakan di KSL Esplanade Mall, Klang Selangor, yang dimulai dari tanggal 19-25 Juli 2024. GEWINN Malaysia Open International Taekwondo Championship adalah salah satu kejuaraan taekwondo paling prestisius di Asia, diikuti oleh ratusan atlet dari 6 negara diantaranya , Indonesia , Korea, Malaysia, India, Srilanka dan Brazil.

Sartika berhasil mengharumkan nama Universitas HKBP Nommensen Medan di bawah naungan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo UHN Medan. “Persiapannya sudah maksimal saya lakukan belum bisa memperoleh hasil yang sempurna namun saya beruntung walaupun saya belum bisa membawa pulang medali emas setidaknya saya  berani bertarung dengan atlet MVP Award di Thailand yang berasal dari Brazil yang sudah banyak memenang kan beberapa kejuaraan berskala internasional,” ucapnya.

“Adapun beberapa persiapan yang saya lakukan yaitu TC 3 bulan sebelum kejuaraan dimulai. TC dilakukan agar memaksimalkan fisik dan teknik para atlet khususnya atlet UKM Taekwondo Nommensen Medan. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada  Pelatih saya Sabeum Petrik Felix Immanuel Sitepu S.H karena perjuangan dan support dari pelatih bagi saya sangat besar agar bisa saya melaksanakan kejuaraan ini, pasca di saat keberangkatan juga orang tua saya sedang sakit, itu yang membuat saya sempat putus asa tidak ada semangat lagi untuk mengikuti pertandingan ini,” tambahnya.

Dekan Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen, Dr. Nenny Ika Putri, M.Psi, Psikolog mengatakan bahwa sangat bangga dengan pencapaian Sartika dalam bidang Taekwondo yang ditekuninya sejak menjadi mahasiswa di Universitas HKBP Nommesen. “Rasa syukur dan bangga atas pencapaian hebat yang sudah diraih mahasiswi kami Sartika. Banyak prestasi yang sudah diraih seperti pada September 2023 yang lalu juga Sartika meraih medali emas di kompetisi Taekwondo International di Yogyakarta. Keberhasilan ini, ungkap Nenny, tidak hanya berprestasi dalam bidang non akademik, tetapi juga Sartika yang merupakan mahasiswi yang aktif dalam berorganisasi juga berprestasi secara akademik,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Dekan III Bagian Kemahasiswaan, Nancy Naomi G.P Aritonang, M.Psi, Psikolog. “Kami berusaha untuk terus mengimbangi prestasi mahasiswa dari sisi non akademis dan akademis, selain memperhatikan kesempatan mahasiswa kami untuk mendapatkan pendidikan berbasis kurikulum MBKM. Prestasi ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk berjuang meraih prestasi di tingkat internasional,” ucap Nancy.

Tambahnya, mahasiswa UHN Medan juga didorong untuk mengembangkan keilmuan psikologi melalui berbagai metode. Selain itu disediakan juga wadah untuk mengasah soft skills, melalui kegiata seminar, pelatihan, kompetisi dan program diskusi, dengan topik-topik terkini yang sangat membangun. Dengan pencapaian ini, Universitas HKBP Nommensen merasa yakin dalam mengembangkan mahasiswa serta memiliki kapasitas dalam Penerimaan Mahasiswa Baru pada Tahun Akademik 2024/2025 sampai tanggal 19 September 2024 melalui link https://pmb.uhn.ac.id/.