Tentang Prodi
Matakuliah dan Kurikum
Daftar Dosen
Tentang Prodi
VISI
“Menjadi Magister Pendidikan Matematika yang unggul dalam Pendidikan Matematika dan Etnomatematika yang berorientasi digital dan berdaya saing global dalam melaksanakan tridharma perguruan tunggi berlandaskan Pro Deo et Patria tahun 2033.”
Misi
- Menyelenggarakan proses pembelajaran berorientasi digital yang dapat menciptakan lulusan yang mempunyai kompetensi menjadi dosen, peneliti, konsultan bidang Pendidikan Matematika dan Etnomatematika dan berjiwa Pro Deo et Patria.
- Melaksanakan penelitian kolaborasi dan inovatif sehingga lulusan mampu melakukan penelitian yang dapat mengembangkan Pendidikan dan kompetensi menjadi dosen, peneliti, konsultan bidang Pendidikan Matematika dan Etnomatematika yang berlandasakan Pro Deo et Patria.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat kolaborasi sehingga lulusan mempunyai jiwa peduli terhadap lingkungan dan kearifan lokal berlandaskan Pro Deo et Patria.
- Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan untuk meningkatkan citra dan nama baik Prodi MPdM UHN.
Tujuan
- Menghasilkan sumber daya insani yang memiliki pengetahuan dalam Pendidikan Matematika dan Etnomatematika serta cakap, mampu, mandiri yang memiliki tanggung jawab.
- Menghasilkan sumber daya yang mampu memahami secara komprehensif, teori dan metode yang terkait dengan masalah Pendidikan Matematika dan Etnomatematika.
- Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di pasar kerja dan menciptakan lapangan pekerjaan.
- Memotivasi dan memfasilitasi pelaksanaan penelitian-penelitian dosen dan mahasiswa di bidang Pendidikan Matematika dan Etnomatematika.
- Meningkatkan kegiatan kerjasama yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa dengan lembaga pendidikan, instansi pemerintah dan pemerintah daerah, lembaga non-profit, atau swasta.
Matakuliah dan Kurikum
No. | Nama Mata Kuliah | Semester | SKS |
---|---|---|---|
1 | Kecenderungan Dan Isu Dalam Pembelajaran Matematika | I | 3 |
2 | Metode Penelitian Kuantitatif Dalam Pembelajaran Matematika | I | 3 |
3 | Filsafat Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika | I | 3 |
4 | Analisis Real | I | 3 |
5 | Pilihan 1 (Aplikasi Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Matematika, atau Teori Bilangan) | I | 3 |
6 | Pendidikan Matematika Realistik | II | 3 |
7 | Evaluasi Pembelajaran Matematika | II | 3 |
8 | Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Matematika | II | 3 |
9 | Psikologi Pendidikan Matematika | II | 3 |
10 | Pilihan 2 (Struktur Aljabar, atau Geometri) | II | 3 |
11 | Etnomatematika | III | 3 |
12 | Analisis Kurikulum Dan Problematika Pembelajaran Matematika | III | 3 |
13 | Kajian Mandiri | III | 3 |
14 | Pilihan 3 (Statistika Matematika, atau Matematika Diskrit) | III | 3 |
15 | Thesis | IV | 4 |
Total SKS: | 46 |
Daftar Dosen
1. Prof. Dr. Hardi Tambunan, M.Pd
2. Prof. Dr. Efron Manik, M.Si
3. Dr. Tutiarny Naibaho, M.Pd
4. Dr. Firman Pangaribuan, M.Pd
5. Dr. Agusmanto J.B. Hutauruk, S.Pd., M.Si
6. Dr. Ruthmayasari Simanjuntak, S.Pd, M.Si
7. Dr. Dame Ifa Sihombing, M.Si