Berdiri sejak tahun 2003 dan telah memiliki alumni lebih dari seribu orang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, dan juga telah banyak menjadi pimpinan di berbagai instansi.
Terakreditasi “B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan SK Nomor : 4758/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2017
Penerimaaan Mahasiswa Baru dilakukan 2 (dua) kali per tahun yaitu pada periode Semester Ganjil dan Semester Genap.
VISI
“Menjadi program studi magister pendidikan bahasa inggris (PSMPBI) yang mampu bersaing di tingkat nasional dalam menghasilkan pendidik dan peneliti professional berlandaskan kasih untuk Tuhan dan Ibu Pertiwi (PRO DEO Et PATRIA) “
Misi
- Menyelenggarakan PSMPBI melalui pendidikan bermutu bagi SDM Indonesia untuk meningkatkan daya saing bangsa
- Mengembangkan ilmu pengetahuan dan praktis keilmuan bidang pendidikan bahasa inggris melalui kegiatan penelitian dan partisipasi aktif dalam publikasi karya ilmiah pada tingkat nasional dan internasionalkhususnya dalam lingkungan Asia
- Mengembangkan program pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan bahasa inggris melalui penerapan karya ilmiah terkait yang beriorentasi pada peningkatan wawasan dan kesejahteraanmasyarakat
- Membangun kerjasama di bidang pendidikan bahasa inggris dengan perguruan tinggi atau instansi lain di dalam dan luar negeri
Tujuan
Capaian Pembelajaran
No
Capaian Pembelajaran (CP)
I.
Aspek Sikap
CS1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap yang religious
CS2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan Dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
CP3. Berkontribusi Dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuanperadapan berdasarkan Pancasila
CS4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasatanggung jawab pada negara dan bangsa
CS5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal yang lain
CS6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
CS7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan masyarakat dan bernegara
CS8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
CS9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri
CS10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan
II. CPMK
Aspek Pengetahuan
CP1. Mampu mengembangkan teori Pendidikan Bahasa Inggris pada secara komprehensif, baik sebagai ilmu yang mandiri maupun dalam rangka antardisiplin/multidisiplin.
CP2. Mampu memadukan konsep dan prinsip-prinsip metodologi penelitin Pendidikan Bahasa Inggris
CP3. Memahami dan menerapkan berbagai pendekatan yang berbeda untuk penelitian
CP4. Memahami perbedaan antara pemikiran rasional dan argumentasi dalam kajian/teori Pendidikan Bahasa Inggris
CP5 Mampu merumuskan masalah di berbagai ranah pembelajaran dengan teori dan metodologi Penelitian Bahasa Inggris mutakhir
CP6 Mampu membuat hipotesis permasalahan melalui analisis
III
Aspek Ketrampilan Umum
CKU 1 Mampu berpikir nalar, kritis, sistematis dan inovatif dalam hal kompetensi dan performansi Bahasa Inggris.
CKU2. Mampu menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian atas hasil karyanya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etikai lmiah dalam bentuk tesis, dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal nasional terakreditasi atau diterima dijurnal internasional atau karya yang dipresentasikan atau dipamerkan dalam forum internasional (International conference).
CKU3 Mampu memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusiadengan mengikutsertakan aspek pendidikan bahasa Inggris melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, dalam rangka menghasilkan penyelesaian masalah phenomena pembelajaran bahasa Inggris.
CKU4.Mampu mengembangkan strategi pengembangan pembelajaran pendidikan bahasa Inggris dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas.
CKU 5. Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan,berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat.
CKU 6 Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan dan pembinaan sumberdaya serta organisasi yang berada dibawah tanggung jawabnya.
IV
Aspek Keterampilan Khusus
CKK 1: Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
CKK 2 Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuan Pendidikan Bahasa Inggris melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
CKK 3 Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.
CKK4. Mampu mengajarkan prinsip-prinsip pengembangan teori dan metodologi penelitian secara tepat guna
Kurikulum Program S-2 PPs Pendidikan Bahsa Inggris UHN dirancang dalam SKS yang terdiri dari :
MKU : Mata Kuliah Umun
MKK : Mata Kuliah Keahlian
MKP : Mata Kuliah Pendukung
LAMA STUDI
Lama Studi Program S-2 PPs Pendidikan Bahasa Inggris UHN adalah 4 Semester dengan batas waktu lama studi maksimal 8 semester
WAKTU PERKULIAHAN
1. Kelas Reguler
Perkuliahan : Senin s/d Kamis
2. Kelas Parelel
Perkuliahan : Kamis, Jumat dan Sabtu
No. | Nama Mata Kuliah | Semester | SKS |
---|---|---|---|
1 | Curriculum Design | I | 3 |
2 | TQM on Education | I | 3 |
3 | Methods of TEFL | I | 3 |
4 | Research Methodology | I | 3 |
5 | Language Testing and Evaluation | II | 3 |
6 | Applied Linguistics | II | 3 |
7 | Advanced Translation | II | 3 |
8 | ESP | II | 3 |
9 | Teaching Practice | II | 3 |
10 | Advanced Discourse Analysis | III | 3 |
11 | Publikasi | III | 3 |
12 | Second language Acquisition | III | 3 |
13 | Semantics/Pragmatics | III | 3 |
14 | Thesis | III | 6 |
Total SKS: | 45 |
1. Prof. Dr. Sondang Manik, M.Hum
2. Dr. Erika Sinambela, M.Hum
3. Dr. Lastri Manurung, M.Hum
4. Dr. Arsen Pasaribu, M.Hum
5. Dr.Hilman Pardede, M.Pd
6. Dr. Sahlan Tampubolon, M.Hum
7. Dr. Kammer Sinurat, M.Hum