Mahasiswa Pascasarjana UHN Medan Studi banding ke Thailand

Studi Banding Mahasiswa MM ke Thailand

Direktur Pascasarjana UHN Medan Dr. Pantas H. Silaban, SE, MBA bersama perwakilan mahasiswa Pasca berfose di depan kampus Thammasat University Bangkok Thailand

Mahasiswa Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan melakukan studi banding ke Thammasat University Bangkok Thailand. Hal itu dikatakan oleh Direktur Pascasarjana UHN Medan Dr. Pantas H Silaban, SE, MBA melalui Koordinator Humas UHN Medan Jonson Rajagukguk, S. Sos, SE, M.AP di Kampus UHN Medan, Selasa, (29/01/2019). Menurut Dr. Pantas Silaban, studi banding ke luar negeri ini kita lakukan sebagai sebuah program rutin dengan tujuan memberikan wawasan  global kepada mahasiswa Pascasarjana UHN Medan.

Menurut Direktur Pascasarjana UHN Medan yang pernah Kuliah S2 di Michigan University USA ini menegaskan bahwa saat ini persaingan dalam skala global wajib kita hadapi. Dengan adanya berbagai kesepakatan seperti MEA, digitalisasi ekonomi, dan penyebaran informasi yang sangat cepat, maka wajib bagi kami UHN untuk memberikan wawasan global kepada mahasiswa sebagai sebuah antisipasi sejak dini. Saat ini globalisasi ekonomi adalah sesuatu yang tidak mungkin kita hindari, maka solusinya adalah memperbaiki kualitas SDM dengan memberikan pemahaman yang bertaraf internasional dalam segala bidang, tegas Dr. Pantas.

Kita harapkan dengan adanya studi banding ke luar negeri ini, mahasiswa Pascasarjana UHN Medan semakin kritis, berpikir global, dan punya kemampuan yang baik dalam penguasaan Bahasa Inggris, tegas Dr. Pantas. Direktur Pascasarjana yang menyelesaikan S3 nya di USU Medan mengharapkan dengan adanya studi banding mahasiswa Pascasarjana UHN Medan ini, lulusan Magister dari kampus ini bisa jadi solusi dalam menghadapi era globalisasi atau revolusi industri 4.0  yang telah mempengaruhi bangsa ini. Kita tidak akan bisa hanya penonton, kita  harus jadi aktor di era globalisasi ekonomi, digitalisasi ekonomi, atau era disruptif saat ini, tegas Dr. Pantas H Silaban.

Sementara Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan, SH, MH menegaskan bahwa UHN Medan akan komit melakukan tugasnya sebagai penjabaran dari Tridarma Perguruan Tinggi. UHN siap mengembangkan SDM yang berbasis lokal dan berdaya saing global. Sumatera Utara sebagai tempat UHN Medan sangat berkomitmen untuk membangun SDM yang siap pakai menghadapi tantangan jaman makin erat.

Bahkan Rektor mengatakan, kemitraan strategis dengan berbagai perguruan tinggi ternama dari luar negeri sudah kita  lakukan dalam bentuk MoU dan MoA tentang student exchange, lecturer exchange, dan mitra penelitian bersama. Semuanya ini akan  ber out put pada mutu lulusan UHN Medan. Bahkan saat ini kita telah melakukan upaya MoU dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta agar terjadi transfer IPTEK dan mahasiswa UHN mendapatkan sumber informasi dari praktisi yang berkompeten di bidangnya, tegas Rektor. Melalui visi dan misi Rektor dalam bentuk IN HARMONI, kita akan mendorong bagaimana supaya negara yang kita cintai ini mampu bersaing di era Revolusi Industri 4.0 yang sudah di depan mata, tegas Rektor UHN  ini lagi.