Teknik Mesin UHN Medan Lakukan Reseach Collaboration 2019 Dengan UiTM Malaysia dan Jerman

Dalam rangka mewujudkan Uiversitas HKBP Nommensen Medan menggapai visinya menjadi “World Class University (WCU), kami akan terus melakukan kemitraan dengan berbagai perguruan tinggi ternama dari luar negeri. Hal itu ditegaskan oleh Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan, SH, MH saat konsultasi dengan para peserta “Research Collaboration 2019” dari Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik UHN Medan. Adapun topik research collaboration ini adalah “Future Technology Additive Manufacturing” yang diselenggarakan oleh Chemnitz University of Technology, Jerman bekerjasama dengan  Advanced Manufacturing Technology Excellence Center (AMTEx) UiTM Malaysia, Di ruang Kerja Rektor, Kamis (13/06/2019). Pada saat yang sama Rektor juga mengatakan beberapa mahasiswa kita akan melakukan persentase di berbagai Universitas ternama di Taiwan. 

Rektor UHN Medan sangat bangga dan memberikan apresiasi kepada para dosen dan mahasiswa peserta Research Collaboration 2019 ini. Ini tentu sebuah bukti bahwa kita punya potensi yang sangat bagus dan mampu berprestasi pada level internasional. Kemitraan strategis dalam hal pengembangan riset ini akan terus kita lakukan sebagai upaya mendorong inovasi dan kreasidari semua Fakultas yang ada di lingkungan UHN ini, tegas Rektor. Rektor  mengharapkan masyarakat Sumut juga mendukung dalam doa duta-duta Sumut ini agar sukses di Jerman dan Taiowan nantinya.  

Adapun peserta Reseach Collaboration 2019 ke jerman ini adalah Charles SP Manurung, ST, MT Dosen Prodi Teknik Mesin FT UHN dan Chilinton Hutabarat (Mahasiswa Prodi Teknik Mesin). Charles Manurung, ST, MT mengatakan Aktivitas kerjasama yang dilakukan adalah Staff and student mobility for research on additive manufacturing simulation and experiments,  Student mobility for  research, training and academic, Internationally joint publication on additive manufacturing, Workshop on virtual manufacturing simulation and product life management. Pelaksanaannya dilakukan pada tgl 17 Juni s/d 14 Juli 2019 di Jerman, kata Charles Manurung lulusan Magister Teknik Mesin  ITB Bandung ini.

Sementara peserta ke Taiwan melalui program AIM-HI Summer Internship Program adalah Frince Marbun dari Prodi Teknik Mesin. Projeknya Slicing methodology of a CAD file for 3D printing di kamnpus National Chung Cheng University. Septiani silitonga, Prodi  Teknik Mesin. Projectnya  Analyze alkaline polymer electrolyte membrane fuel cells, dan nama kampusnya kampus  National chung Cheng University. Kemudian Wandro Siregar, Prodi Teknik Mesin, Project: Kinematics Analyses For Robot Motion. Rosmin Siadari, Prodi  Teknik Sipil, Projectnya  analyze robot control desaigns in the paving block industry. Progra penelitian ini dilakukan selama dua bulan dan akan berangkat 30 juni 2019 sampai 1 sept 2019. 

Rektor di akhir kata mengatakan sangat bangga dengan prestasi dosen dan mahasiswa ini. Adapun yang hadir di Ruang Kerja Rektor UHN Medan dalam acara konsultasi ini adalah Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Richard Napitupulu, ST, MT, Wakil Rektor II Bidang Keuangan Rusliaman Siahaan SE, MM, Pelaksana Dekan FT UHN Ir. Sutan Simanjuntak, M.Eng.

.