FT Nommensen Medan Lakukan Pelatihan Publikasi Internasional

Sebagai akademisi, kita harus mampu menulis artikel di jurnal internasional bereputasi, khususnya Dosen di lingkungan Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan agar nilai Akreditasi Prodi dan Institusi kita naik, tegas Dekan Fakultas Teknik Dr. Richard Napitupulu, ST., MT saat memberikan sambutan pada acara pelatihan dan teknik penulisan dan publikasi internasional, reference management, dan plagiarisme and paraphrasing techniques yang menghadirkan narasumber Ing. Abraham Kabutey, PhD dari CULS Rep. Ceko dan Dr. Janner Simarmata, ST, M.Kom dosen UNIMED Medan di Ruang Dr. Justin, Senin, (10/12/2018).

Dekan Fakultas Teknik mengharapkan “out put” dari pelatihan ini, dosen – dosen mampu menulis artikel di jurnal –jurnal yang bereputasi dalam rangka menjadikan peringkat Akreditasi UHN lebih baik nantinya. Kita sangat mengharapkan, tumbuhnya budaya menulis di jurnal bereputasi internasional di lingkungan UHN ini, tegas Dekan FT ini lagi.

Sementara Dr. Abraham Kbutey dalam paparannya mengatakan setiap dsoen harus  memilih jurnal yang sesuai dengan disiplin ilmu dengan bidang yang spesifik. Jangan pernah menulis di jurnal yang tidak sesuai dengan disiplin ilmu kita sebagai langlkah pertama, tegas Abraham lagi, untuk itu silahkan chek jurnalnya lagi, tambah Abraham. Kemudian langkah selanjutnya kita tentukan apa judul yang akan kita tulis.

Abraham mengatakan kalau menulis riset paper maksimum biasanya 20 halaman. Sementara untuk artikel singkat maksimum 6 halaman, tambah Abraham. Teknik selanjutnya dalam menulis artikel kita harus mengikuti struktur penulisan dari jurnal yang akan kita kirim, abstrak, dan daftar pustaka harus jelas, kemudian judul artikel harus menarik seperti sebuah judul berita headline di koran, kata Abraham. Penekanan di pendahuluan harus jelas mengapa kita menulis artikel tersebut agar artikel kita bisa diterima di jurnal bereputasi, kata Dr. Abraham Kabutey lagi. Jika kita mempu membuat artikel yang baik, maka artikel kita akan dijadikan sebagai rujukan tegas Dr. Abraham Kabutey lagi.

Sementara Dr. Janner Siamrmata, ST, M.Kom mengatakan bahwa tugas dosen yang paling utama adalah menulis buku dan jurnal, maka semua dosen harus mampu menulis karena ini adalah tuntutan dari tridharma perguruan tinggi, tegas Dr. Janner Simarmata, M.Kom. Dalam paparannya, Dr. Janner Simarmata memaparkan bagaimana menulis jurnal yang baik dan teknik –teknik menulis jurnal yang baik. Dalam paparannya Janner Simarmata mengatakan dalam penulisan harus juga memperhatikan etika penulisan dan etika pengiriman. Dosen harus mampu mengikuti aturan –aturan  kepenulisan di jurnal yang dituju. Panduan jurnal harus kita ikuti, tegas Dr. Janner Simarmata, M.Kom.

Dr. Janner Simarmata, M.Kom mengatakan etika penulisan tentang plagiarisme  harus kita hindari. Artinya, dosen harus menghindari plagiat karena ini adalah pelanggaran akademik. Sudah banyak akademisi melakukan plagiarisme maka sudah cukup itu jadi pengalaman bagi kita untuk tidak melakukan plagiarisme, tegas Dr. Janner Simarmata, M.Kom, tegas Janner Simarmata. Diakhir acara, Dr. Jannner Simarmata, M.Kom sangat mengharapkan semua dosen UHN bisa menulis di jurnal  bereputasi dan mampu menulis buku. Menulislah, karena tugas mulia dari dosen adalah menulis, tegas Pakar Teknik Informatika UNIMED ini lagi. Pelatihan penulisan artikel di jurnal bereputasi dan penulisan buku ini diikuti oleh para Dosen dari berbagai prodi di lingkungan UHN.

.