Guru Besar UiTM Malaysia Bekali Mahasiswa FT Nommensen “MSC MARC Software”

Kami terus melakukan pembenahan dengan isu-isu teknologi termutahir melalui berbagai bentuk kegiatan seperti semianr, pelatihan, studi ekskursi, dengan tujuan agar mahasiwa lulusan Fakultas Teknik Unuversitas HKBP Nommensen (FT UHN) bisa bersaing global dengan lulusan Teknik luar negeri, tegas Dekan FT UHN Dr. Richar Napitupulu, ST, MT pada saat membuka acara "One Day Training of Using MSC Marc Software"  dengan narasumber (tutor)  Prof. Yupiter H.P Manurung, PhD  dan timnya dari AMTEx University Teknology Mara, Shah Alam Malaysia di ruang Perpustakaan UHN pada pada tanggal 30 November 2011 yang lalu sebagaimana di kemukakan oleh Koordiantor Humas UHN, Jonson Rajagukguk, Sabtu, (16/12/2017).

 Dekan FT ini mengatakan saat ini FT terus melakukan pembenahan dengan berbagai kegiatan yang pada intinya akan meningkatkan wawasan mahasiswa dari lingkungan FT UHN, tegas Dr. Richard Napitupulu. Dekan FT kembali menegaskan akhir –akhir ini mahasiwa sering kita libatkan kunjungan  ke berbagai industri seperti PTPN, Perusaaan Industri Swasta agar mereka bisa melihat langsung bagaimana proses industri, sehingga mereka bisa memadukan antara teori dan praktik. Bahkan saat ini, lanjut Dekan FT ini lagi, dengan berbagai Universitas ternama dari negara Eropa seperti CULS Rep. Ceko sudah kita jalin MoU. Banyak sudah mahasiswa dari CULS Rep.Ceko yang datang ke UHN untuk melakukan kerjasama riset yang sangat menguntungkan dua lembaga, antara UHN dengan mitra kerja dari Eropa.

Sementara Dekan FT kembali menambahkan FT UHN sangat peka dengan perkembangan teknologi, termasuk masalah “virtual manufacturing”. Dekan FT UHN UHN sangat menyadari bahwa Di lingkungan yang semakin kompleks (kompleksitas masalah industri) dengan perkembangan teknologi yang sangat luar biasa dalam bidang IT saat ini, pelaku industri harus memahami dan bagaiman mekanisme kerja proses manufaktur mereka sebelum mencoba untuk melakukannya secara perdana secara benar dan tepat. Agar bisa sampai kesana, maka aplikasi dan implementasi dari  virtual manufacturing (VM)  atau pemanufakturan maya (PM) menjadi hal yang sangat urgen, tambah dekan FT lagi. Sebagaimana yang kita pahami dari berbagai literatur dan studi lapangan Dekan FT mengatakan bahwa  PM akan menyediakan simulasi  berbasis komputer (komputerisasi industri) yang akan meyimulasikan pemanufakturan secara sendiri (individual) maupun secara keseluruhan (total).

Sementara Prof. Yupiter H.P Manurung, PhD dari AMTEx University Teknology Mara, Shah Alam Malaysia menegaskan bahwa mahasiswa dan lulusan UHN kelak haruslah paham Software ini, karena software ini adalah program simulasi berbasis metode elemen hingga untuk proses virtual manufacturing dan analisa struktur. Prof. Yupitaer PhD juga mengatakan bahwa sistem PM dapat menghasilkan aksi optimisasi dari ongkos produksi, kualitas, dan waktu  pengerjaan secara awal, serta akan menghasilkan produk, proses, dan bahan baku yang terintegerasi, tegas Prof Yupiter lagi.

Setelah pelatihan ini, bagi mahasiswa yang berminat memperdalam software ini dapat melakukan Kerja Praktek ataupun Tugas Akhir di Fakulti Kejuruan Mekanikal UiTM Shah Alam Malaysia, tantang Prof. Yupiter kepada mahasiswa FT UHN. Acara ini diikuti oleh para mahassiwa FT dari lingkungan UHN dan juga oleh berbagai Deosen FT UHN. Nampak Hadir beberapa Dosen FT UHN  seperti Ir. Sibuk Ginting, MSMet, Charles manurung, ST, MT, Humisar Pasaribu, ST, MT, dan Ir. Timbang Pangaribuan, MT. 

.