Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen kembali menggelar seminar dengan tema Persiapan Memasuki Dunia Kerja

Dunia kerja merupakan lingkungan yang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang digeluti seseorang. Tentunya untuk masuk ke dalam dunia kerja, seorang jobseeker perlu mempersiapkan beberapa persiapan agar dapat memasuki dunia kerja dengan lancar dan baik. Namun tak jarang banyak sekali jobseeker yang masih bingung terkait hal-hal apa saja yang harus mereka persiapkan dalam memasuki dunia kerja. Atas dasar inilah Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen menggelar webinar dengan tema “Persiapan Memasuki Dunia Kerja”, dengan harapan dapat membekali mahasiswa Nommensen dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja.

 

Webinar yang digelar oleh Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen dengan tema “Persiapan Memasuki Dunia Kerja” ini dilaksanakan pada hari Jumat, 25 Februari 2022. Webinar dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom dan dihadiri kurang lebih sebanyak 71 peserta. Adapun pembicara yang sangat luar biasa dalam webinar ini yaitu Bapak Freddy Butar Butar M.Psi., Psikolog yang juga menjabat sebagai salah satu dosen Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen.

 

Webinar ini diawali dengan pembukaan dan penyambutan oleh Siska Novrida,  Mahasiswi Fakultas Psikologi angkatan 2019. Selaku Master Of Ceremony, serta Engel F Lumban Tobing, merupakan Mahasiswi Fakultas Psikologi Angkatan 2018, selaku moderator dalam webinar kali ini. Sebelum kegiatan webinar di mulai diawali dengan Doa terlebih dahulu yang dibawakan dalam kristiani.

 

Segala rangkaian penyampain materi dan tanya jawab dipandu oleh Engel Lumban Tobing. Pemaparan materi yang dibawakan oleh pemateri berlangsung dalam durasi kurang lebih 50 menit yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi.

 

Pak Freddy Butarbutar, S.Psi, M.Psi, Psikolog memiliki pengalaman di bidang recruitment dan selection, beliau juga mengatakan bahwa kurang dari 5% mahasiswa yang akan menjadi wirausahawan kebanyakan akan menjadi pencari pekerjaan baik di pemerintahan maupun di perusahaan sehingga perlu persiapan diri untuk memasuki dunia kerja. Point utama yang di sampaikan beliau yaitu semakin banyak pesaing dalam mengahadapi dunia kerja, semakin tinggi cita-cita maka pesaingnya semakin ketat namun hal ini dapat diraih dengan cara mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar dapat meraihnya. Beliau menyampaikan bahwa knowledge, skill, dan attitude harus seimbang.

Setelah pemberian materi dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Adapun pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan sebagai berikut, apakah pengalaman organisasi dan IPK sangat berpengaruh dalam memasuki dunia kerja?, apakah bentuk CV sangat berpengaruh?, bagaimana tips agar beradaptasi dengan tempat kerja?, dan lain sebagainya.

 

Sekian mengenai sekilas webinar yang telah dilaksanakan dengan tema “Persiapan Memasuki Dunia Kerja” semoga bermanfaat untuk kita semua.

 

Informasi lebih lanjut mengenai Fakultas Psikologi UHN dapat dilihat pada Instagram: @psikologi_nommensen_medan dan Facebook: Fakultas Psikologi Nommensen.

 

Contributor :

Christofel Martua Aritonang (Mahasiswa Fakultas Psikologi UHN Angkatan 2020) || IG: @christofel_a

Aliza Lothfi Habiba (Mahasiswi Fakultas Psikologi UHN Angkatan 2020) || IG: @allothfi

.