Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen Gelar Webinar dengan Tema “Leadership in between Coaching and Mentoring”

Pada Senin, 21 Februari 2022, Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen berkesempatan untuk menggelar webinar yang bertemakan “Leadership in between Coaching and Mentoring”. Adapun tujuan dari diselenggarakannya webinar ini adalah untuk menambah wawasan para peserta webinar terkait keterampilan menjadi seorang pemimpin yang baik lewat  coaching dan mentoring. Pada webinar kali ini menghadirkan dua pemateri yang sangat kompeten dibidangnya. Pemateri pertama yakni  Ibu Dr. Nenny Ika Putri, M.Psi, Psikolog, yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen, serta pemateri kedua yakni Ibu Dr. Ema Yudiani, M.Si., Psikolog yang merupakan salah satu Dosen Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang dan juga menjabat sebagai Wakil Dekan I.

         Sebanyak 200-an peserta hadir dalam Webinar yang dilaksanakan pada  14.00 WIB ini dengan dipandu oleh Onja Dasmada Sinaga (Mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2019) selaku Master of Ceremony, serta Engel Febiola Lumban Tobing (Mahasiswi Fakultas Psikologi Angkatan 2018) selaku moderator. Webinar diawali dengan pembukaan dan penyambutan oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan pembawaan doa secara kristiani, serta tak lupa juga penyampaian kata sambutan dari Wakil Dekan III Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen yakni Ibu Nancy Naomi Aritonang, M.Psi., Psikolog.

Penyampaian materi oleh masing-masing pemateri berlangsung dengan durasi kurang lebih 45 menit. Lalu kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta webinar kepada pemateri dan diskusi. Pada webinar ini diawali dengan pemberian materi pertama oleh Ibu Dr. Nenny Ika Putri, M.Psi., Psikolog. Beliau menyampaikan bahwa untuk menjadi pemimpin yang lebih baik maka fokuslah pada 20% hal yang paling penting dari setiap banyaknya pekerjaan yang harus dikerjakan. Maka 80% nya dapat didelegasikan kepada anggota tim atau kepada seseorang yang dapat dipercayai, kemudian dilihat hasil kinerjanya, jika kinerjanya baik maka pemimpin dapat mengembangkannya menjadi pemimpin berikutnya. Karena pemimpin yang baik adalah pemimpin yang menyiapkan anggota timnnya untuk menjadi penerusnya. Kemudian materi berikutnya dibawakan oleh Ibu Dr. Ema Yudiani, M.Si., Psikolog, tentang coaching & mentoring dalam kepemimpinan, ini menjadi sangat penting saat ini karena tidak sema pemimpin memahami bahwa ketika bekerja dengan orang banyak atau orang-orang sebagai bawahan perlu memotivasi atau mengembangkan orang lain, jadi yang berkembang itu tidak hanya diri kita sendiri sebagai pemimpin tetapi perlu juga mengembangkan orang lain di sekitar kita. Untuk mengenai lebih jelas materi yang disampaikan dapat kita akses kembali dengan mengunjungi akun Youtube UHN Medan Official.

Kegiatan webinar ini berlangsung cukup kondusif dibuktikan dengan tingkat antusiasme yang tinggi dari para peserta webinar dalam memberikan pertanyaan kepada pemateri. Sesi diskusi dan tanya jawab juga berlangsung dengan cukup baik dengan jumlah pertanyaan yang berhasil dijawab sebanyak lima pertanyaan. Adapun pertanyaan yang diajukan cukup bervariasi mulai dari apakah kepribadian introvert dapat menjadi seorang pemimpin yang baik, bagaimana cara membangun kedisiplinan diri sebagai salah satu keterampilan pemimpin, bagaimana cara menghadapi pemimpin yang toxic, dan lain sebagainya. Webinar ini diakhiri dengan dokumentasi yang dipandu oleh panitia dan pengisian link absensi.

Demikian hasil dari kegiatan webinar dengan tema “Leadership in between Coaching and Mentoring”. Diharapkan dengan diselenggarakannya webinar ini dapat bermanfaat bagi kita semua terkhususnya dalam menambah wawasan keilmuan terkait leadership.

Contributor:

Aliza Lothfi Habiba (Mahasiswi Fakultas Psikologi UHN Angkatan 2020) || IG :@allothfi

Christofel Aritonang (Mahasiswa Fakultas Psikologi UHN Angkatan 2020) || IG : @christofel_a

 

.