SEAMEX UNDANG DOSEN DAN MAHASISWA PRODI SENI MUSIK NOMMENSEN DI EVENT INTERNASIONAL

Untuk kesekian kalinya dosen dan Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Program Studi Seni Musik Universitas HKBP Nommensen untuk kesekian kalinya menunjukkan prestasi taraf internasional setelah adanya undangan dari SEAMEX dalam rangka kolaborasi proyek musik internasional dan konkesi pendidikan music global. Hal itu dikatakan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Haposan Siallagan, SH, MH, Dekan FBS dan Dra. Rotua Pangaribuan, M.Hum, dan Dosen FBS Dr. Junita Batubara, M.Sn, PhD, serta Ance Panggabean, S.Sn, M.Sn di Kampus FBS UHN, Senin, (4/09/2017).

Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Haposan Siallagan, SH, MH mengatakan lagi ini merupakan sebuah kehormatan besar secara akademik bagi UHN karena UHN sudah punya reputasi internasional yang sangat konkrit. Artinya, FBS UHN bisa menunjukkan kelasnya dengan mutu internasional. Tag line “NHU Goes International” kami wujudkan di ajang SEAMEX ini, tegas Dr. Haposan Siallagan, SH, MH lagi bersama Dekan FBS Dra. Rotua Pangaribuan, M.Hum.

Salah satu dosen Dosen FBS Dr. Junita Batubara sebagai dosen pembimbing dan juga salah satu pemakalah nantinya di ajang SEAMEX ini mengatakan SEAMEX (Southeast Asia Music Education Exchange) adalah pasar pendidikan musik terdepan di Asia Tenggara. Ini mengisi kekosongan informasi dan menghadirkan pemain pendidikan musik di wilayah tersebut, sehingga mengangkat status industri pendidikan musik di Asia Tenggara. SEAMEX bertujuan untuk menyoroti bakat mahasiswa musik Asia Tenggara dan bakat fakultas musik. SEAMEX akan menjadi platform utama untuk pertukaran pendidikan musik regional, kolaborasi proyek musik internasional dan promosi dan koneksi pendidikan musik global.

Dr. Junita Batubara menambahkan lagi Dari tanggal 8 sampai 10 September, SEAMEX 2017 akan menyajikan pameran dagang oleh lembaga musik, pemasok produk dan layanan, dan lembaga pemerintah dan LSM di Kuala Lumpur Malaysia. Juga akan ada konser musik di panggung utama dan konferensi dua hari mengenai kolaborasi musik ASEAN. Acara sampingan SEAMEX 2017 meliputi lokakarya profesional, pertunjukan bakat, sesi beasiswa untuk diperebutkan, pemutaran film terkait musik, demonstrasi produk dan pelatihan. Lebih dari 2.500 profesional musik dari 10 negara ASEAN akan berkumpul untuk berbagi ide, menggali peluang dan membangun jaringan yang solid. Perwakilan internasional lainnya juga diundang untuk berpartisipasi dalam dialog tersebut.

Untuk itu, tegas Dr. Junita Batubara, dalam kesempatan ini, Universitas HKBP Nommensen diundang dan mengutus mahasiswa dan mahasiswi dari Prodi Seni Musik FBS untuk menunjukkan kemahirannya dalam bermain musik tradisi dan instrumen barat. Hal ini mewujud nyatakan tag line "Nommensen goes internasional" dalam bidang seni music dan tentu juga bisa mempromosikan Provinsi Sumut di event internasional lagi. Dr. Junita juga mengatakan  mahasiswa FBS UHN  akan tampil dalam 2 sesi di SEAMEX yaitu tgl 9 dan 10 Sept 2017. Adapun lagu yang akan dibawakan oleh mahasiswa Prodi Seni Musik FBS UHN adalah Sawan Pangurason (10 Menit), Piso Surit (10 menit), Ode To Joy (6 menit), Gondang Hasapi Tumba Pahae dan embas-embas (7 menit), dan Dos do Nakkokna (7 menit).

.