Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian UHN Bekali Mahasiswa PKL

Ketua Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UHN, Albina Ginting, SP, MSi, menyampaikan prodinya melakukan pembekalan terhadap 60-an mahasiswanya sebelum berangkat mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada Semester Genap TA. 2022/2023 ini, diberbagai instansi dan perusahaan di Provinsi Sumatera Utara.

Dalam keterangannya (3/8/2023), Ketua Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UHN menyampaikan, kegiatan pembekalan dilakukan Jumat, 28 Juli 2023 yang lalu, dengan menghadirkan 2 (dua) pemateri yang dilaksanakan di Pendopo Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas HKBP Nommensen, Porlak Simalingkar, Jln. Bunga Rampe 5. Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan, dengan  pembawa acara dan sekaligus Moderator Toga MH. Siahaan, SP, MP yang juga Dosen di Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UHN Medan.

Ketua Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UHN Medan, Albina Ginting, SP, MSi, memesankan kepada mahasiswa agar mampu memahami pekerjaannya selama mengikuti PKL, mampu melakukan komunikasi yang baik dengan instansi tempat PKL, menerapkan ilmu yang sudah didapatkan dengan baik dan berusaha terbiasa dengan dunia kerja sebenarnya, menjaga disiplin dan nama baik Fakultas Pertanian.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Samosir, yang diwakili Lasmaria Jojor Gultom, SP., MM selaku Kepala Bidang Penyuluhan dan Klinik Pertanian, dalam paparannya menyampaikan; “mahasiswa yang akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada UPT- Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), harus memahami tugas pokok dan fungsi sebagai penyuluh pertanian”

“Setiap Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) harus melakukan tahapan-tahapan, yang meliputi; persiapan penyuluhan, pelaksanaan penyuluhan, evaluasi dan pelaporan. Persiapan penyuluhan meliputi; identifikasi potensi wilayah (IPW); memandu penyusunan rencana definitif kelompok (RDK) dan rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK); dan penyusunan program penyuluhan” tutur, Lasmaria Gultom, SP, MM.

Sebagai inti pemaparannya, Ketua Alumni Fakultas Pertanian (IKA-Faperta UHN), yang diwakili Josepin Sitompul, SP, selaku Sekretaris Ikatan Alumni, menekankan “pentingnya menjaga nama baik kampus saat melaksanakan PKL di lapangan, dan jadilah duta kampus dan hasilkan yang terbaik bagi Fakultas Pertanian UHN, sekembalinya dari pelaksanaan PKL”.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Hotden L. Nainggolan, SP, MSi, dalam arahannya menekankan kepada Mahasiswa bahwa “tujuan pelaksanaan praktek kerja lapangan (PKL) adalah untuk meningkatkan kompetensi akademik mahasiswa; membantu mahasiswa mengembangkan potensi dan keterampilannya agar menjadi warga masyarakat yang kreatif, mandiri, bertanggung jawab”.

“Termasuk untuk meningkatkan wawasan mahasiswa dalam memilih bidang karier kedepan, melatih mahaiswa agar mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja, dan  mengembangkan sikap profesional sesuai bidangnya. Untuk itu mahasiswa jangan main-main dalam mengikuti PKL ini” tutur, Dekan Fakultas Pertanian tersebut (*hln).