Fakultas Pertanian UHN Medan, Gagas Kerjasama Bidang Lingkungan Hidup Dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Wilayah Medan

Dekan Fakultas Pertanian Universitas HKBP Nommensen Medan, Dr. Hotden L. Nainggolan, SP, M.Si melakukan kunjungan ke Kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Kantor Medan Jadi yang diterima langsung oleh Tony Honkley, SE, MM selaku Ketua Pelestarian Lingkungan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Kantor Medan Jati.

Dalam keterangannya (3/8/2023) Dr. Hotden L. Nainggolan, SP, M.Si selaku Dekan Fakultas Pertanian UHN Medan menyampaikan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka menjajaki peluang kerjasama terkait dengan pelestarian lingkungan hidup, dan sangat terkait dengan pertanian.  “Pengembangan pertanian perkotaan yang sedang berkembang saat ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan masyarakat untuk pelestarian lingkungan perkotaan” terang Dekan FP UHN tersebut.

Diskusi singkat dilakukan pada tanggal 7 Juli 2023 yang lalu di lantai II Kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia di komplek Komplek Jati Junction No 1-P. Jln Perintis Kemerdekaan Medan, yang diawali dengan pemaparan singkat terkait dengan Visi dan Misi Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia oleh Tony Honkley, SE, MM dan Sani Husiana sebagai Wakil Ketua Pelestarian Lingkungan.

Dalam paparannya Tony Honkley, SE, MM menyampaikan, “Yayasan Buddha Tzu Chi bercita-cita menyucikan hati manusia, mewujudkan masyarakat aman dan tenteram, serta dunia terhindar dari bencana, dengan menjalankan menjalankan 4  (empat) misi utama, yaitu misi amal, misi kesehatan, misi pendidikan dan misi budaya kemanusiaan ditambah dengan kegiatan lainnya; yaitu bantuan bencana internasional, donor sumsum tulang, pelestarian lingkungan, relawan komunitas”.

Lebih lanjut Sani Husiana yang merupakan Wakil Ketua Pelestarian Lingkungan Yayasan Buddha Tzu Chi menyampaikan salah satu Misi kami adalah menyelamatkan lingkungan, melalui pelestarian lingkungan. “Kita bertanggungjawab untuk melalukan edukasi bagi segenap lapisan masyarakat, termasuk pelajar, dan mahasiswa betapa pentingnya lingkungan bagi kehidupan masa yang akan datang” tuturnya.

Sementara itu, Dr. Hotden L. Nainggolan, SP, MSi dalam keterangannya “menyambut baik, jika terjalin kerjasama antara Fakultas Pertanian Universitas HKBP Nommensen Medan dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Medan dan tentu hal ini akan dapat mendukung Program Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan, Bapak Dr. Richard AM. Napitupulu, ST, MT menjadikan kampus UHN semakin maju, sebab dari  kerjasama ini akan terlaksana berbagai kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi  kedua belah pihak”.  Dr. Hotden L. Nainggolan, SP, M.Si menambahkan, jika kerjasama telah terwujud akan langsung diimplementaskan dengan penyelenggarakan Seminar dengan topik “pelestarian lingkungan perkotaan” dan kegiatan lainnya yang terkait dengan lingkungan hidup.

Pertemuan turut dihadiri Ibu Lim Ik Ju, Ketua Tzu Chi Indonesia Wilayah Medan Jati, Ibu Sani Husiana yang merupakan Wakil Ketua Pelestarian Lingkungan Medan Jati, serta  Wakil Dekan I dan II Fakultas Pertanian Universitas HKBP Nommensen Medan, Ir. Yanto Raya Tampubolon, MP dan Ir. Elisabeth Sri Pujiastuti, MS dan Ketua Program Studi Agribisnis Albina Ginting, SP, M.Si dan Khairiah Lubis selaku Produser DAAI TV yang merupakan media elektronik milik Yayasan Buddha Tzu Chi (*hln)