Elaborasi Merdeka Belajar - Kampus Merdeka dalam Kurikulum

Elaborasi Merdeka Belajar - Kampus Merdeka dalam Kurikulum 
Narasumber : Prof. Dr. Dwi Suryanto, M.Sc. (Ketua Unit Pengembangan Pendidikan USU)
Link Video: 
https://www.youtube.com/watch?v=4n839aZHz4w&t=27s

Dalam sambutannya, ketua Revisi Kurikulum Fakultas Pertanian, Ir. Rosnawyta Simanjuntak, M.P., menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas HKBP Nommensen dalam rangka revisi kurikulum dan penerapan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Tujuan dari kegiatan ini agar dalam menyusun kurikulum ada persamaan pandangan dan pemahaman terutama tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Peserta terdiri dari Dekan, Wakil Dekan 1 dari semua fakultas yang ada di UHN, Kepala Prodi dari semua program studi yang ada di UHN, serta dosen Fakultas Pertanian UHN. Kegiatan dilaksankan pada hari Rabu tanggal 23 Juni 2021 pukul 09.00-12.30 WIB secara daring melalui aplikasi Zoom dan dikoordinasi dari ruang Dr. Justin Sihombing oleh panitia revisi kurikulum Fakultas Pertanian. Narasumber dalam kegiatan ini Prof. Dr. Dwi. Suryanto, M.Sc. (Ketua Unit Pengembangan Pendidikan USU), dengan moderator Ir. Rosnawyta Simanjuntak, MP

 

Rektor Universitas HKBP Nommensen, Dr. Haposan Siallagan, S.H., M.H. menyampaikan kata sambutannya dalam kegiatan ini, "Kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan. Merdeka Belajar – Kampus Merdeka adalah satu program yang dicanangkan oleh Kemendikbud pada awal 2020, dimana kita wajib memfasilitasi mahasiswa, karena ini adalah hak mahasiswa. Tujuan dari Merdeka Belajar – Kampus Merdeka ini sangat baik, karena ini akan memberikan otonom atau fleksibilitas kepada perguruan tinggi, untuk dapat merancang ataupun melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif sehigga mahasiswa dapat meraih CPL dalam aspek sikap, pengetahuan ataupun keterampilan secara maksimal. Harus dipahami bersama bahwa hal ini tidak bisa lagi didapat mahasiswa hanya dari dalam kampus, harus juga dari luar kampus. Kita harus cepat dapat menyesuaikan diri dengan perubahan ini, salah satu kuncinya adalah kita harus bisa mencari cara bagaimana melaksanakan link and match dengan dunia usaha dan industri. Sehingga nanti kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi lululusan Universitas HKBP Nommensen baik soft skills maupun hard skillsnya."

Ir. Benika Naibaho, M.Si. selaku Dekan Fakultas Pertanian, mengucpakan rasa terima kasih untuk semua pihak yang terlibat dalam berlangsungnya kegiatan ini, "Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari proses revisi kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka di Fakultas Pertanian. Awalnya kegiatan ini akan dilaksanakan di tingkat fakultas saja, tetapi karena kegiatan ini bersifat umum, saya menyarankan kepada Rektor untuk mengundang fungsionaris dari setiap fakultas untuk ikut, karena saya rasa kita semua masih membutuhkan masukan-masukan dalam kegiatan revisi kurikulum ini. Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Rektor yang sudah mau dan welcome akan kegiatan ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada narasumber kita pada hari ini Prof. Dr. Dwi Suryanto, M.Sc., yang sangat semangat dan mendukung kegiatan pada hari ini."

Kegiatan Fakultas Pertanian Universitas HKBP Nommensen lainnya dapat diikuti di
Facebook Page : 
https://www.facebook.com/fapertauhn/
Instagram : https://www.instagram.com/fp_uhn/
Youtube Channel : https://www.youtube.com/c/FakultasPertanianUHNMedan
Website : https://uhn.ac.id/pertanian/

.