Dekan Fakultas Pertanian Dampingi Mahasiswa Agribisnis Nommensen Mengikuti Monev Lomba Riset Sawit Nasional di Tangerang Selatan, Banten

Tim Riset Sawit Mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan, mengikuti Monitoring dan Evaluasi (Monev) yang dilaksanakan pada Senin-Jumat, 3 -7 Juni 2024 di Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Dr. Hotden L. Nainggolan, SP, MSi selaku Dosen Pembimbing dalam keterangannya Selasa, 18 Juni 2024  menyampaikan  mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UHN mengikuti Monitoring dan Evaluasi (Monev) Lomba Riset Sawit Mahasiswa Tingkat Nasional pendanaan Tahun 2024, yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPD-PKS), Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia (RI).

Acara tersebut dilaksanakan di Trembesi Tower, Jl. Pahlawan Seribu Lot VIIA CBD-BSD, Lengkong Gudang, Serpong Sub-District, South Tangerang City, Banten, yang dibuka oleh Direktur Keuangan, Umum, Kepatuhan, Dan Manajemen Risiko, Direktorat Jenderal Perbendaharaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPD-PKS) Kementerian Keuangan Republik Indonesia (RI) Zaid Burhan Ibrahim.

Dalam sambutannya, Zaid Burhan menyampaikan, Kegiatan Lomba Riset Sawit Nasional Tingkat Mahasiswa ini, telah diselenggarakan sejak Tahun 2016, 2018, 2020, 2022 dan Tahun 2024 dan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Lomba Riset Sawit Tahun 2024 ini diikuti 40 tim dari 27 kampus ternama di Indonesia.

Pelaksanaan kompetisi ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit peneliti muda yang membidangi kelapa sawit yang berkontribusi bagi pembangunan ekonomi bangsa. Melalui monev ini akan dicari 10 (Sepuluh) tim mahasiswa yang terbaik untuk berkompetisi kembali pada tiga bulan kedepan untuk mendapatkan Juara 1, 2 dan 3 serta BPD-PKS akan memberikan hadiah berupa uang tunai.

Dr. Hotden L. Nainggolan, SP, MSi selaku Dosen Pembimbing Mahasiswa sekaligus Dekan Fakultas Pertanian Universitas HKBP Nommensen Medan menyampaikan bahwa Tim Penilai untuk Tim Riset Sawit Mahasiswa Agribisnis Fakultas Pertanian Nommensen adalah para ahli dan peneliti senior  yaitu Prof. Dr. Gustan Pari (Guru Besar IPB dan Peneliti BRIN), Dr. Bandung Sahari (Executive Vice President of Sustainability PT Astra Agro Lestari Tbk), Dr. Aiyen Tjoa (Peneliti dan Dosen Fakultas Pertanian Universitas Tadulako) dan Ir. Edy Supriyanto, M.Sc., PhD (Peneliti Pusat Penelitian Kelapa Sawit).

Dr. Hotden L. Nainggolan, SP, M.Si, menyampaikan tim riset sawit Mahasiswa Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas HKBP Nommensen diketuai Kasih Marito Butar-butar, dengan anggota; Omirais Lawolo, Lamtiur H. Nainggolan, dan Josua Benget Sitompul, mengangkat topik riset “Model Implementasi Sertifikasi ISPO Dan RSPO pada Kelapa Sawit Rakyat Berbasis Kemitraan dan Kearifan Lokal Menuju Sawit Berkelanjutan di Kabupaten Deli Serdang”, berdasarkan Keputusan Direktur Utama BPDPKS Nomor KEP-505/DPKS/2023 tanggal 4 Desember 2023. Dan diantara kampus pemenang adalah Universitas Brawijaya, Universitas Mulawarman, Institut Teknologi Sawit Indonesia, Universitas Bangka Belitung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Sebelas Maret, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Hasanuddin, Universitas HKBP Nommensen Medan serta beberapa Universitas ternama lainnya.

Dr. Hotden L. Nainggolan, SP, M.Si mengaku bangga bahwa mahasiswanya di Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Nommensen dapat menorehkan prestasinya pada tingkat Nasional. “Kita tentu bangga, mahasiswa Fakultas Pertanian  Nommensen Medan bisa bersanding lewat Lomba Riset Sawit Nasional Tahun 2024 dengan Mahasiswa-mahasiswa terbaik dari Universitas ternama di Negeri ini,” ujar Dekan Fakultas Pertanian ini.

Sementara itu, Kasih Marito Butar-butar, selaku Ketua Tim Peneliti mengaku sangat bersyukur dan senang bisa menjadi salah satu pemenang Lomba Riset Sawit Tahun 2024 dan mengikuti kegiatan monitoring dan evaluasi Lomba Riset Sawit mahasiswa tahun ini. “Kegiatan ini merupakan pengalaman baru bagi kami dari Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas HKBP Nommensen Medan, dapat menyaksikan secara langsung para peneliti muda dan calon inovator muda yang kreative  berbicara diforum ilmiah nasional dengan penuh semangat”, ujar Omirais, sebagai salah satu anggota tim.

Pada akhir keterangannya, Dr. Hotden L. Nainggolan, SP, MSi yang juga Dekan Fakultas Pertanian Nommensen menyampaikan ucapan terima kasih kepada Panitia Penyelenggara, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPD-PKS), Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia (RI) yang berkenan memberikan kesempatan bagi Mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Nommensen Medan untuk memberikan sumbangsih pemikiran terkait dengan penelitian yang dilakukan mahasiswanya (hln).