Untitled Document

Program Studi Program Studi Magister Matematika

PASCASARJANA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN PRODI MAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA

STAFF (TENAGA) PENGAJAR

1. Prof. Dr. Hardi Tambunan, M.Pd
2. Prof. Dr. Efron Manik, M.Si
3. Dr. Tutiarny Naibaho, M.Pd
4. Dr. Firman Pangaribuan, M.Pd
5. Dr. Agusmanto J.B. Hutauruk, S.Pd., M.Si
6. Dr. Ruthmayasari Simanjuntak, S.Pd, M.Si
7. Dr. Dame Ifa Sihombing, M.Si

VISI

“Menjadi Magister Pendidikan Matematika yang unggul dalam Pendidikan Matematika dan Etnomatematika yang berorientasi digital dan berdaya saing global dalam melaksanakan tridharma perguruan tunggi berlandaskan Pro Deo et Patria tahun 2033.”

Misi

1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berorientasi digital yang dapat menciptakan lulusan yang mempunyai kompetensi menjadi dosen, peneliti, konsultan bidang Pendidikan Matematika dan Etnomatematika dan berjiwa Pro Deo et Patria.

2. Melaksanakan penelitian kolaborasi dan inovatif sehingga lulusan mampu melakukan penelitian yang dapat mengembangkan Pendidikan dan kompetensi menjadi dosen, peneliti, konsultan bidang Pendidikan Matematika dan Etnomatematika yang berlandasakan Pro Deo et Patria.

3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat kolaborasi sehingga lulusan mempunyai jiwa peduli terhadap lingkungan dan kearifan lokal berlandaskan Pro Deo et Patria.

4. Menjalin kerjasama yang  saling menguntungkan untuk meningkatkan citra  dan nama baik Prodi MPdM UHN.

Tujuan

  1. Menghasilkan  sumber  daya  insani  yang memiliki pengetahuan dalam Pendidikan Matematika dan Etnomatematika serta cakap, mampu, mandiri  yang  memiliki tanggung jawab.

  2. Menghasilkan sumber daya yang mampu memahami secara komprehensif, teori dan metode yang terkait dengan masalah Pendidikan Matematika dan Etnomatematika.

  3. Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di pasar kerja dan menciptakan lapangan pekerjaan.

  4. Memotivasi dan memfasilitasi pelaksanaan penelitian-penelitian dosen dan mahasiswa di bidang Pendidikan Matematika dan Etnomatematika.

  5. Meningkatkan  kegiatan  kerjasama  yang  dilaksanakan  oleh  dosen  dan  mahasiswa dengan lembaga pendidikan, instansi pemerintah dan pemerintah daerah, lembaga non-profit, atau swasta.

No. Nama Mata Kuliah Semester SKS
1 Kecenderungan Dan Isu Dalam Pembelajaran Matematika I 3
2 Metode Penelitian Kuantitatif Dalam Pembelajaran Matematika I 3
3 Filsafat Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika I 3
4 Analisis Real I 3
5 Pilihan 1 (Aplikasi Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Matematika, atau Teori Bilangan) I 3
6 Pendidikan Matematika Realistik II 3
7 Evaluasi Pembelajaran Matematika II 3
8 Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Matematika II 3
9 Psikologi Pendidikan Matematika II 3
10 Pilihan 2 (Struktur Aljabar, atau Geometri) II 3
11 Etnomatematika III 3
12 Analisis Kurikulum Dan Problematika Pembelajaran Matematika III 3
13 Kajian Mandiri III 3
14 Pilihan 3 (Statistika Matematika, atau Matematika Diskrit) III 3
15 Thesis IV 4
    Total SKS: 46 

Mata Kuliah    : Kecenderungan Dan Isu Dalam Pembelajaran Matematika

Kode               : MPM 8111

SKS                 : 3 (tiga)

Deskripsi         :

Membahas tentang Isu-Isu Model Pembelajaran Koperatif, Pandangan Guru Dan Permasalahan Dalam Perubahan Pembelajaran, Sistem  Pendidikan Dan Dampaknya Bagi Pendidikan, Perbandingan Proses Dan Kualitas Hasil Pendidikan, Model pembelajaran untuk kurikulum terkini, Pembelajaran kreatif untuk matematika, Inovasi Model Pembelajaran Matematika, Kecenderungan Penelitian Pendidikan Matematika, dan Mini Research Tes Hasil Belajar Akhir.

Mata Kuliah    : Metode Penelitian Kuantitatif Dalam Pembelajaran Matematika

Kode               : MPM 8112

SKS                 : 3 (tiga)

Deskripsi         :

Mata kuliah ini membicarakan tentang metodologi penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Pembahasan mencakup tentang konsep dasar danciri khas penelitian kuantitatif, variable dan hipotesis penelitian, teknik sampling, metode pengumpulan dan analisis data kuantitatif, serta desain-desain penelitian kuantitatif yang umum digunakan.

Mata Kuliah    : Filsafat Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika

Kode               : MPM 8113

SKS                 : 3 (tiga)

Deskripsi         :

Mengenal sejarah dan aneka aliran filsafat matematika; mengkaji perkembangan filsafat pendidikan matematika; mengkaji kemungkinan mengaitkan filsafat/ kultur Indonesia dengan pengembangan pembelajaran matematika.

Mata Kuliah    : Aplikasi Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Matematika

Kode               : MPM 8114

SKS                 : 3 (tiga)

Deskripsi         :

Mata kuliah Aplikasi Teknologi Informasi dalam Pendidikan Matematika memiliki materi yang akan dibahas meliputi : Pengertian dan Manfaat Teknologi Informasi, contoh-contoh teknologi informasi dalam pembelajaran. Memotong, menyambungkan, memisahkan gambar dan suara, menambahakan teks, menambah animasi. Membuat channel, dan pengaturan, Video yang diminati, memanfaatkan Youtube dalam pembelajaran. Membuat blog. Penggunaan blok dalam pembelajaran. Pengaturan Google Drive, Hal-hal yang dapat dilakukan dengan Google Drive. e-Learning, design e-Learning, jenis-jenis e-Learning. Jejaring sosial untuk forum diskusi peningkatan pembelajaran. Menggunakan berbagai aplikasi untuk membuat media dan pembelajaran, Pengertian big data, Perkembangan big data, Penggunaan big data.

Mata Kuliah    : Pendidikan Matematika Realistik

Kode               : MPM 8211

SKS                 : 3 (tiga)

Deskripsi         :

Sejarah dan ruang lingkup Pendidikan Matematika Realistik, prinsip dan karakteristik Pendidikan Matematika Realistik, model pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik, pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik di sekolah, Pendidikan Matematika Realistik dan etnomatematika, format penilaian Pendidikan Matematika Realistik, penelitian Pendidikan Matematika Realistik.

Mata Kuliah    : Evaluasi Pembelajaran Matematika

Kode               : MPM 8212

SKS                 : 3 (tiga)

Deskripsi         :

Deskripsi mata kuliah evaluasi pembelajaran matematika meliputi pengertian, tujuan  dan manfaat evaluasi. Tujuan pendidikan dan pembelajaran matematika. kompetensi dalam pembelajaran matematika, peran dan kedudukan evaluasi dalam pembelajaran, ruang lingkup evaluasi dalam konteks pembelajaran matematika, subjek dan sasaran evaluasi pembelajaran, prinsip dan alat evaluasi, jenis-jenis instrumen penilaian, tes dan non tes, ujicoba instrumen dan laporan ujicoba instrument, acuan penilaian, pensekoran dan mencari nilai akhir, menyusun rencana-mengumpulkan data-menginterpretasi hasil evaluasi, membuat laporan dan evaluasi program pembelajaran.

Mata Kuliah    : Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Matematika

Kode               : MPM 8213

SKS                 : 3 (tiga)

Deskripsi         :

Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang konprehensif tentang penelitian kualitatif     yang meliputi perkembangan kualitatif, Isu Isu dalam pendidikan matematika, paradikma penelitian. Perbedaan penelitian kualitatif dan  kualitatif, Sumber masalah, Sifat, Jenis, subjek, instrumen dan peneltian. Teknik pengumpulan data, analisis data dan Interpretasi penelitian kualitatif. Mendesain penelitian kualitatif, seperti penelitian tindakan, studi kasus,  penelitian Perkembangan , dan penelitian etnomatematika. Pada akhirnya dapat merancang satu proposal untuk tesis dan menulis mnulis satu laporan penelitian kualitatif.

Mata Kuliah    : Psikologi Pendidikan Matematika

Kode               : MPM 8214

SKS                 : 3 (tiga)

Deskripsi         :

Membahas tentang Pengantar dan Peranan Psikologi Pembelajaran Matematika, Pemikiran Thorndike, Skinner, Ausubel, Gagne, Gestalt dan Pavlov dalam Pembelajaran Matematika, Teori Belajar menurut Bandura, Piaget, Bruner, Dewey,dan Dienes, Psikologi Pembelajaran Matematika menurut Van Hiele, Frudenthal, dan Confrey, Teori Vigotsky dan De Porter dalam Pembelajaran Matematika, serta Aspek Kognitif dan Aspek Sosial dalam Pembelajaran Matematika.

Mata Kuliah    : Etnomatematika

Kode               : MPM 8311

SKS                 : 3 (tiga)

Deskripsi         :

Dalam mata kuliah ini dibahas hakekat, rasionel dan manfaat etnomatematika; dimensi, perspektif dan kedudukan etnomatematika; subjek, objek, pendekaan dan metode etnomatematika; kajian teori, hasil-hasil penelitian dan pendekatan riset dalam etnomatematika dan pembelaran matematika; pemahaman, identifikasi dan penelitian pendahuluan sumber-sumber pengembangan etnomatematika baik yang berupa artefak, karya sastra/budaya dan tradisi/interaksi sosial di dalam konteks pembelajaran matematika; penelitian pendahuluan, releksi serta survey dan studi kasus etnomatematika di beberapa tempat yang direkomendasikan antara lain Budaya Batak di Samosir, Tanah Karo, Tanah Simalungun, Budaya Melayu, Istana Maimun, dan tempat lainnya yang memiliki kultur budaya yang kuat; pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis etnomatematika; pengembanan model pembelajaran matematika berbasis etnomatematika.

Mata Kuliah    : Analisis Kurikulum dan Problematika Pembelajaran Matematika

Kode               : MPM 8312

SKS                 : 3 (tiga)

Deskripsi         :

Analisis kurikulum membandingkan kurikulum KTSP, K13 dengan Standar level literasi matematika pada PISA, dan prinsip dan standar matematika sekolah versi NCTM. Analisis problematika pembelajaran matematika meliputi masalah hasil pembelajaran siswa dan mahasiswa, strategi pembelajaran, pengelolaan kelas, evaluasi; dan masasalah pembelajaran dalam hasil-hasil penelitian. Mata kuliah ini memberikan bekal kemampuan kepada mahasiswa dalam mengidentifikasi masalah-masalah pendidikan matematika dan menentukan strategi pemecahannya. Untuk mencapai tujuan tersebut, mahasiswa diberi tugas secara berkelompok dan individu/mandiri untuk mempelajari, mengamati dan mengidentifikasi masalah pembelajaran matematika yang ada, dan mempresentasikan hasilnya.

Mata Kuliah    : Kajian Mandiri

Kode               : MPM 8313

SKS                 : 3 (tiga)

Deskripsi         :

Cara membuat proposal dan pelaksanaan penelitian dengan metode Research and Development (R&B). Cara menggunakan software penulisan referensi. Kajian tentang Pendidikan terbaru yang mengarah kepada penelitian tesis.

Mata Kuliah    : Tesis

Kode               : MPM 8411

SKS                 : 4 (empat)

Deskripsi         :

Membuat proposal tesis magister dengan metode Research and Development (R&B), melaksanakan penelitian dan mempertahankan tesis di depan penguji. Menulis tesis magister.

Mata Kuliah Pilihan

Mata Kuliah    : Analisis Real

Kode               : MPM 8121

SKS                 : 3 (tiga)

Deskripsi

Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar matematika dengan menganalisis pernyataan-pernyataan seputar sifat-sifat dari fungsi bilangan riil. Materi kuliah analisis riil ini meliputi sifat aljabar bilangan real, kekonvergenan barisan dan deret bilangan riil, limit dan kekontinuan fungsi riil. Kegiatan mengekplorasi tentang sifat-sifat dari bilangan riil dan fungsi riil di kaji secara mendalam dan lebih komprehensip untuk memungkinkan mahasiswa dapat mentransformasikan cara belajar matematika pada pokok bahasan ini ke bidang matematika lainnya. Konsep dan prosedur matematika dasar, seperti sifat aljabar bilangan real barisan dan deret bilangan riil, limit dan kekontinuan fungsi riil yang telah dimiliki oleh guru maupun dosen dapat dipandang sebagai alat-alat matematika. Pemahaman konsep dan prosedur ini menjadi prasyarat utama dalam kemampuan mengembangkan soal matematika dalam konteks.

Mata Kuliah    : Teori Bilangan

Kode               : MPM 8122

SKS                 : 3 (tiga)

Deskripsi         :

Mata kuliah ini membahas tentang: 1) konsep-konsep matematika yang mendasari persekolahan, 2) latihan keterampilan aljabar, 3) keterampilan membuat bukti matematika, dan 4) struktur aljabar himpunan-himpunan bilangan tertentu.

Mata Kuliah    : Struktur Aljabar

Kode               : MPM 8221

SKS                 : 3 (tiga)

Deskripsi         :

Mata Kuliah ini membahas tentang Himpunan (operasi biner, fungsi, bilangan bulat), grup, subgrup, koset, subgrup normal, grup siklik, homomorfisma, Isomorfisma, dan Grup normal, grup faktor dan Ring

Mata Kuliah    : Geometri

Kode               : MPM 8222

SKS                 : 3 (tiga)

Deskripsi         :

Matakuliah ini membahas tentang himpunan aksioma pada suatu geometri, geometri hingga yang meliputi geometri empat garis empat titik, geometri Fano dan Young, geometri Papus dan Desargues; geometri hiperbola, geometri elips, kekonsistenan geometri non-Euclid, dan konstruksi pada geometri.

Mata Kuliah    : Statistika Matematika

Kode               : MPM 8321

SKS                 : 3 (tiga)

Deskripsi         :

Sebaran Peluang: Fungsi gabungan, sifat-sifat dan fungsi marjinal dan kebebasan. Fungsi bersyarat untuk Kasus diskret dan kontinu. Hukum peluang total, jumlah dan Konvolusi. Fungsi dari Peubah Acak, statistika urutan. Nilai harapan, Peubah acak diskrit dan peubah acak kontinu. Proses Stokastik, Peubah acak diskrit dan peubah acak kontinu, Nilai harapan bersyarat dan random sum. Metode Momen, Random sum dan fungsi pembangkit momen. Metode penurunan statistik Uji, Sebaran-sebaran yang diturunkan dari sebaran normal. Metode-metode penduga parameter (Metode Kuadrat Terkecil) MKT dan Maximum Likelihood Estimation (MLE). Penduga Tak Bias, Sifat-sifat penduga / ketidakbiasan/ efisiensi, Sifat-sifat penduga konsistensi, kecukupan dan UMVUE.

Mata Kuliah    : Matematika Diskrit

Kode               : MPM 8322

SKS                 : 3 (tiga)

Deskripsi         :

Membahas induksi matematika bentuk pertama dan bentuk kuat, teknik mencacah model sampel dan model distribusi, selesaian bulat suatu persamaan, fungsi pembangkit, relasi rekurensi homogen dan tidak homogen, dan pengenalan teori graph.

 

  • pascasarjana@uhn.ac.id
      Jln. Sutomo No.4A Medan
  • Sumatera Utara Indonesia
      (061)4522922; 4522831; 4565635
  • Fax. 4571426