Terkait Diterimanya Alumni MM Nommensen S3 di CUT Taiwan, Nommensen Siap Internasionalisasikan Sumut

Dr. Ir. Sabam Malau memberikan keterangan pers tentang diterimanya Alumni MM UHN diterima di Chaoyang University Of Technology Taiwan di Program Doktor (PhD) Departemen Of Busines  Administration melalui Full Scholarship

Terkait diterimanya dua alumni Magister Manajemen di di Chaoyang University Of Technology Taiwan di Program Doktor (PhD) Departemen Of Busines  Administration atas nama  Polin Ramses Hutabarat dan Erwin Siburian  melalui program Full Scholarship Rektor Universitas HKBP Nommensen (UHN) mengatakan ini merupakan sebuah prestasi yang sangat membanggakan bahwa alumni UHN bisa menjadi duta di luar negeri yang mengharumkan nama Sumut, tegas Rektor UHN di Ruang Rektor, Selasa (23/07/2018). Hal itu dikatakan oleh Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau mengenai progress UHN yang sangat pesat dalam bidang internasionalisasi. Kita tidak akan bisa sembunyi dari era globalisasi, era millennial, era disruptif, semuanya membutuhkan kreativitas dan inovasi. Kita harapkan alumni yang lain segera menyusul, tegas Rektor UHN lagi.  

UHN adalah kampus yang mengedepankan inovasi yang disertai dengan pengembangan pengetahuan dan karakter, tegas Rektor. Rektor sangat senang alumni S2 UHN bisa diterima di CUT Taiwan sebagai bukti bahwa UHN sudah bermain pada tataran global, tegas Rektor. Rektor mengatakan kami akan terus membina mitra kerja dengan berbagai perguruan ternama di dunia dengan tujuan membangun SDM Sumut bertaraf global. Saat ini mitra kerja kita sudah banyak yang disertai dengan MoU dan MoA. Semuanya dilakukan dengan satu tujuan, alumni UHN bisa bersaing di era global.

Itulah sebabnya sejak awal tahun 2015, UHN telah memulai era baru yakni masuk ke pasar global yang disemangat oleh tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA.  Nommensen harus mampu bersaing di pasar global agar tidak menjadi pecundang.  Untuk itulah kami mencanangkan misi “NHU goes international” yang dilaksanakan melalui 8 program yakni (1) pengakuan internasional kepada  alumni dalam bentuk belajar di luar negeri dan bekerja di luar negeri, (2) layanan dengan mutu kelas dunia, (3) kuliah internasional, (4) publikasi ilmiah internasional, (5) program studi campuran internasional, (6) pertukaran dosen internasional, (7) pertukaran mahasiswa internasional, dan (8) dua-gelar internasional.   Berbagai hasil telah kita capai antara lain, sejak 1 April 2015 Nommensen telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan 27 Universitas terkemuka di  Cheko, Amerika Serikat, Taiwan, Thailand, Jepang dan Korea Selatan dan Malaysia.  Ini menunjukkan bahwa UHN  telah diakui sebagai perguruan tinggi bertaraf international atau setidak-tidaknya sebagai perguruan tinggi yang berpotensi untuk bertaraf internasional.  

UHN bersepakat dengan berbagai perguruan tinggi tersebut untuk juga melakukan pertukaran mahasiswa atau international student exchange dan pertukaran dosen atau international student exchange serta kerja sama dalam penelitian atau joint research.  Sehubungan dengan itu, Nommensen  telah  mengirimkan 53 mahasiswanya ke berbagai perguruan tinggi ternama di Taiwan dan Korea Selatan pada 3 Februari dan Agustus 2016 yang lalu untuk kuliah selama satu semester atau praktek lapang di sana. Selain itu, Nommensen mengirim Dosen Fakultas Pertanian Dr Samse Pandiangan dan Dosen Fakultas Teknik Dr Richard Napitupulu sebagai dosen tamu dan peneliti tamu selama 2 bulan di Czech University of Life Science yang berkedudukan di kota Praha negara Cheko.  Kita bersyukur kepada Tuhan bahwa biaya pertukaran dosen tersebut sepenuhnya ditanggung oleh Proyek Erasmus Plus dari Masyarakat Ekonomi Eropa. Untuk itu, jangan ragu kuliah di UHN tahun 2018 ini karena uang kuliah terjangkau, mutu dosen bagus, disiplin perkuliahan ketat, dan dosen sangat terbuka diskusi dengan dosen tegas Rektor lagi.

 

.