Untitled Document
Judul : Pengaruh gaya kepemimpinan, budaya sekolah dan motivasi terhadap kinerja guru SMP swasta , Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS , Volume 6, No 1, Maret 2019 (49-60)
Penulis : Pasaman Silaban
Tahun Terbit : 2019
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dampak gaya kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, dan motivasi terhadap kinerja guru di SMP Swasta Sultan Agung Pematangsiantar. Jumlah anggota populasi adalah 31 orang. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner atau sensus. Instrumen penelitian dalam penelitian  ini  adalah  kuesioner  yang  dibagikan  secara  langsung  kepada responden  untuk  mencari  data  yang  berhubungan  dengan  penelitian  ini. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian dan hasil pengumpulan data menunjukkan bahwa secara parsial, variabel  gaya  kepemimpinan  kepala  sekolah  berpengaruh signifikan  terhadap  kinerja  guru,  variabel  budaya  sekolah  berpengaruh signifikan  terhadap  kinerja  guru,  dan  variabel  motivasi  berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan kinerja guru, maka SMP Swasta Sultan Agung Pematangsiantar  perlu  memperhatikan  faktor-faktor  yang  mempengaruhi kinerja guru, seperti kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, dan motivasi. Dengan mengetahui pengaruh hubungan tersebut dapat dijadikan sebagai parameter untuk merancang strategi dimasa yang akan datang guna meningkatkan kinerja guru. This study aims to examine the impact of principals' leadership style, school culture,  and  motivation  on  teacher  performance  at  Sultan  Agung Pematangsiantar Middle School. The number of members of the population is 31 people. Therefore, this study uses a quantitative descriptive method using a questionnaire or census. The research instrument in this study is a questionnaire that was distributed directly to respondents to look for data related to this study. The data analysis method used is quantitative analysis and qualitative analysis. The results of the study and the results of data collection showed that partially, the principal leadership style variable had a significant effect on teacher performance, the school culture variable had a significant effect on teacher performance, and the motivation variable had a significant effect on teacher performance. The empirical findings indicate that to improve teacher performance, Sultan Agung Pematangsiantar Middle School  needs  to  pay  attention  to  the  factors  that  influence  teacher performance, such as principals' leadership, school culture, and motivation. Because by knowing the effect of the relationship can be used as a parameter to design a strategy in the future to improve teacher performance.

URl : https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/25359/12945

FILE
No. Deskripsi Ukuran
Data Tidak Ada
  • pascasarjana@uhn.ac.id
      Jln. Sutomo No.4A Medan
  • Sumatera Utara Indonesia
      (061)4522922; 4522831; 4565635
  • Fax. 4571426