Dari Sibuntuon (Tigaras) Ke Taiwan Melalui Nommensen

Anak-anak muda Provinsi Sumatera Utara jangan pernah ragu untuk bisa kuliah di luar negeri, tinggal tingkatkan kemampuan anda dan asah tersu kemampuan anda, karena Universitas HKBP Nommensen siap menjembatani anda ke luar negeri dengan membimbing anda untuk bisa meraih beasiswa ke luar negeri,seperti Negeri Taiwan dan Eropa. Hal itu ditegaskan oleh Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau ketika dimintai tanggapannya tentang seorang anak kampung yang punya mimpi besar untuk bisa ke luar negeri, Sabtu, (27/01/2018). Anak kampung itu adalah alumni Pendidikan Fisika FKIP UHN bernama Vanny Maranatha Sihotang, anak kampung dari SIBUNTUON, TIGARAS, Kabupaten Simalungun sejak semester 1 kuliah di UHN sudah punya mimpi untuk studi S2 di Luar Negeri.

Akhirnya mimpi itu terwujud berkat kerja keras Vanny Maranatha Sihotang untuk kuliah di Taiwan berkat adanya BEASISWA FULL SCHOLARSHIP dari National Central University (NCU) yang langsung dibimbing oleh OIA UHN, tegas Rektor lagi. Saat ini tambah Rektor UHN punya program “NHU Goes International” untuk mendorong anak-anak muda di Sumut untuk jadi manusia bertalenta global, berskill global, dengan kemampuan penguasaan bahasa Inggris yang baik agar bisa bertahan dalam iklim kompetisi yang sangat kompetitif sekarang, kata Rektor UHN lagi. Untuk bisa kuliah di luar negeri jangan dulu berpikir darimana uang, yang perlu kita siapkan  adalah keinginan untuk maju, kemampuan yang terasah, dan karakter yang kuat sebagai syarat utama. Dan UHN siap menjembatani anak-anak muda dari Sumut ini untuk bisa kuliah di luar negeri, tegas Rektor alumni S3 Jerman ini. Kedepan Vanny Maranata Sihotang yang lain akan muncul karena sebelumnya sudah banyak yang pergi mahasiswa dan alumni kita yang ke Taiwan, bahkan ke Eropa, tegas Rektor UHN lagi. 

Sementara Direktur OIA UHN Dr. Mula Sigiro, PhD yang juga Alumni S3 Taiwan ini mengatakan Rektor UHN Bapak Dr. Ir. Sabam Malau mendirikan Kantor Urusan Internasional (KUI) pada tanggal 14 Maret 2015 yang langsung ditempatkan dibawah komando Wakil Rektor IV Bapak Dr.Hilman Pardede, M.Pd adalah sebuah program besar dan visi yang hebat dari UHN untuk mendorong anak-anak muda Sumut bagaimana supaya mempersiapkan dirinya menjadi manusia internasional (global). Adapun tujuan utama KUI (OIA) UHN adalah membantu mewujudkan seluruh mimpi besar para mahasiswa & alumni UHN kuliah studi lanjut S2 & S3 ke luar negeri dengan beasiswa.

Dr. Mula Sigiro mengatakan Vanny Maranatha sudah resmi memperoleh Surat Resmi tawaran beasiswa FULL SCHOLARSHIP dari National Central University (NCU) Taiwan untuk kuliah S2 di Department of Physics NCU. NCU adalah salah satu dari 500 TOP Universitas DUNIA versi THES. Vanny Maranatha mengikuti Bimbingan Beasiswa kurang lebih selama 1 tahun di KUI UHN. UHN adalah satu-satunya universitas di Sumatera Utara yang memiliki Program Bimbingan Intensive Beasiswa Luar Negeri secara “GRATIS” kepada seluruh mahasiswa & alumninya. Kami sangat serius mempersiapkan para alumni menghadapi tantangan global. Semoga anak-anak muda Sumut bisa meniru langkah Vanny Maranatha Sihotang, sebuah kisah visioner anak kampung dari Sibuttuon bisa sampai ke Taiwan melalui jembatan Nommensen, tegas Dr. Mula Sigiro, PhD Fisikawan muda bereputasi internasional dari Nommensen ini.

.