Nommensen dan National University Of Kaohsing Taiwan Teken MoU

Tidak ada ruang bagi kita untuk sembunyi dari era globalisasi, maka kerjasama dengan perguruan tinggi bermutu dari luar negeri adalah keharusan bagi Universitas HKBP Nommensen   karena UHN sangat menyadari betapa pembentukan sumber daya manusia  berbasis global adalah satu-satunya cara menghadapi era global yang sedang kita hadapti. Hal itu ditegaskan oleh Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau saat melakukan penandatangan MoU dengan salah satu perguruan tinggi ternama dan terbaik dari Taiwan yaitu National University of Kaohsing (NUK) di Ruang Dr. Justin, Senin, (22/01/2018). Sementara dari pihak NUK Taiwan hadir Presiden NUK Prof. Dr. Shyue-Liang Wang.  

Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau mengatakan internasionalisasi UHN dilakukan karena memang sudah kebutuhan. Makanya kita memilih “tagline NHU Goes International” dengan tujuan mendorong terbentuknya SDM yang bermutu dengan standard global yang paham bahasa Inggris serta punya kompetensi, tegas Rektor lagi. Rektor juga mengatakansaat ini berita positip bahwa para alumni Universitas HKBP Nommensen (UHN) kini semakin mendominasi dalam meraih Berbagai Jenis Beasiswa di Taiwan, beberapa universitas di Taiwan semakin melirik UHN untuk menjadi partner dalam membangun kualitas dan mutu pendidikan di TINGKAT ASIA.

Berangkat dari sini, tambah Rektor UHN lagi UHN menandatangani Kesepakatan Kerjasama (MoU) yang sifatnya saling menguntungkan (mutualisme). Adapun bidang area dalam MoU tersebut yang ditandatangani oleh Rektor UHN Bapak Dr. Ir. Sabam Malau dan Prof. Shyue-Liang Wang President NUK dan disepakati bersama untuk dilaksanakan antara UHN dan NUK adalah sebagai berikut: (1) Exchange of students. (2) Exchange of faculty members and staff. (3) Exchange of scientific materials, publications and information. (4) Joint research and research meetings. (5) Relevant cooperation in industrial incubation Kini UHN telah bekerjasama dengan 54 universitas “top luar negeri” yang tersebar di berbagai negara seperti: Malaysia, Korea Selatan,Ceko, Taiwan, Uganda, USA, Thailand, dan negara lainnya. Kerjasama ini menjadi salah satu “wadah” mempersiapkan para mahasiswa UHN menjadi alumni yang handal menghadapi tantangan global, tambah Rektor lagi.

Sementara Prof. Shyue- Liang Wang sangat senang dengan adanya MoU ini. Kerjasama ini akan saling membuat kedua institusi ini untuk saling mengisi karena punya latar belakang keilmuan yang berbeda. Kerjasama ini akan kami manfaatkan untuk mengenal Sumatera Utara yang lebih jauh dan lebih baik, tegas Prof. Shyue lagi. Prof. Shyue juga menegaskan saat ini Taiwan sedang melakukan  pembenahan pendidikan secara gencar untuk mendorong kemajuan. Saya rasa kerjasama ini juga akan saling menguntungkan karena manfaat pendidikan itu sangat universal. Keinginan untuk maju bersama adalah komitmen yang melandasi kerjasama ini karena kami juga sangat senang mencari mitra global yang mendukung pengembangan pendidikan, secara khusus pengembangan IPTEK untuk kemajuan  bersama, kata Prof. Shyue lagi. Prof. Shyue sangat senang dan memebrikan apresiasi khusus kepada UHN. Tampak hadir dalam penadnantangan MoU ini Dekan FT Dr. Ir. Richard Napitupulu, MT, Dekan Faperta Samse Pandiangan M.Sc, PhD, Dekan FBS Dra. Rotua Pangaribuan, M.Hum, Dekan F. Psikologi Freddy Butarbutar, M.Psi, Psikolog, Ketua LPM Dr. Marlan Hutahaean, M.Si, dan Direktur OIA UHN Dr. Mula Sigiro, M.Si, PhD.

.