NOMMENSEN BERANGKATKAN PESERTA STUDENT EXCHANGE ANGKATAN KE IV KE TAIWAN DAN KOREA SELATAN

Visi dan Misi Universitas HKBP Nommensen (UHN) Mendunia (NHU Goes International) adalah untuk menaikkan dan meninggikan derajat bangsa Indonesia, tegas Dr. Ir. Sabam malau Rektor UHN saat memberikan kata-kata motivasi di acara pembekalan dan pemberangkatan   25 peserta “Student Exchange angkatan ke IV 2017 dan para alumni UHN yang akan S2 dan S3 di berbagai Universitas ternama Taiwan dan Korea Selatan, Senin, (21/08/2017). Saat ini kita tidak bisa bersembunyi  dari arus globalisasi karena dasyatnya informasi dan tuntutan keadaan global saat ini, tambah Rekktor lagi. Sebagaimana juga telah dikatakan oleh Rektor UHN, UHN mendunia adalah sebuah program yang sangat strategis karena ini adalah tuntutan keputusan Senat UHN pada tahun 2013 dimana UHN dituntut menjadi perguruan tinggi terkemuka di Asia Tenggara, tegas Rektor UHN. Untuk menindaklanjutinya menjadi  salah satu perguruan terkemuka di Asia Tenggara, maka UHN membuat berbagai terobosan denngn tagline NHU Goes International, tegas Rektor UHN lagi. 

Rektor UHN juga mengatakan mengatakan Sejak awal tahun 2015, UHN telah memulai era baru yakni masuk ke pasar global yang disemangat oleh tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA.  Nommensen harus mampu bersaing di pasar global agar tidak menjadi pecundang.  Untuk itulah kami mencanangkan misi “NHU goes international” yang dilaksanakan melalui 8 program yakni (1) pengakuan internasional kepada  alumni dalam bentuk belajar di luar negeri dan bekerja di luar negeri, (2) layanan dengan mutu kelas dunia, (3) kuliah internasional, (4) publikasi ilmiah internasional, (5) program studi campuran internasional, (6) pertukaran dosen internasional, (7) pertukaran mahasiswa internasional, dan (8) dua-gelar internasional.   Berbagai hasil telah kita capai antara lain, sejak 1 April 2015 Nommensen telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan 27 Universitas terkemuka di  Cheko, Amerika Serikat, Taiwan, Thailand, Jepang dan Korea Selatan dan Malaysia tegas Rektor lagi. 

Sementara Sekretaris Yayasan UHN Pdt. Dr. Pintor Sitanggang dalam motivasinya mengingatkan kepada mahasiswa kunci sukses semuanya harus dimulai dari iman. Anda harus punya iman yang tinggi sebagai fundasi hidup. Jadi, kalau sudah sampai di Taiwan nanti silahkan anda cari Gereja untuk memperkuat kepercayaan anda kepada Tuhan, tegas Pdt. Dr. Pintor sitanggang. Pdt. Dr. Pintor Sitanggang juga mengatakan kepada para mahasiswa agar anda  punya kepedulian kepada sesama, punya visi kedepan, serta harus mampu membangun dan memelihara kepercayaan sebagai modal sosial. Jika anda dipercaya oleh orang lain, maka peliharalah itu  dan jaga sebagai wujud diri anda punya karakter, tegas sekretaris yayasan ini lagi.

Sementara Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Dr. Hilman Pardede, M.Pd dalam sambutannya dan laporannya juga mengatakan dan menegaskan bahwa mahasiswa UHN bisa bersaing dengan siapa saja asalkan kita punya kemauan bekerja keras. Untuk itu, jika sampai di Taiwan dan Korea Selatan silahkan anda semua beradaptasi dengan lingkungan dan pintar –pintar dalam membawakan diri. Pembekalan dan Pemberangkatan Student Exchange ini diikuti oleh para orang tua mahasiswa. Juga hadir Dekan FE Drs. Jusmer Sihotang, Dekan FKIP Prof. Dr. Binur Panjaitan, M.Pd, WD III FE Drs. Herry Pasaribu, MM, dan WD Khusus FKIP Medan Drs. Juliper Nainggolan, M.Si. Adapun Universitas yang dituju adalah National Tsing Hua University, National Central University, Asia University, Chatolic University of Daegu, dan Chungnam University (Korea Selatan).  

.