Nommensen Selenggerakan Workshop SPMI Berbasis PPEPP

Sebagai kampus yang punya visi dan misi untuk siap untuk mewujudkan tujuan negara dalam layanan pendidikan bermutu, Universitas HKBP Nommensen tetap punya komitmen yang tinggi untuk membangun budaya mutu sehingga lulusan punya mutu yang terukur dan sesuai dengan standard pemerintah, dalam hal ini Kemristek Dikti. Itu dikatakan oleh Dr. Marlan Hutahaean, M.Si Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Universitas HKBP Nommensen (LPM UHN) saat memberikan kata sambutan pada acara Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) berbasis Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan (PPEPP) Standard Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi  yang menghadirkan narasumber dari Fasilitator SPMI PPEPP Kopertis Wilayah I Sumut Prof. Dr. Dadan Ramdan, M.eng, Sc, M.Sc, dan Prof. Dr. Ir. Retno Astuti Kuswardani, MS, Kamis, (15/02/2018)

Ketua LPM UHN Dr. Marlan Hutahaean mengatakan, saat ini UHN terus membangun budaya mutu di lingkungan internal UHN melalui program Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) berbasis PPEPP. Dengan adanya Workshop SPMI PPEPP ini  kita harapkan semua Program Studi punya program yang terarah, terawasi dengan baik, sehingga tata kelola perguruan tinggi berjalan dengan baik dan mutunya mengikuti standard pemerintah sesuai dengan harapan Kemenristek Dikti.

Dr. Marlan Hutahaean mengatakan mutu pendidikan tinggi diukur dengan pemenuhan dari setiap standard pendidikan tinggi, tetapi harus pula diukur dari pemenuhan interaksi antar stanadard pendidikan tinggi, untuk mencapai  tujuan pendidikan tinggi. Dr. Marlan Hutahaean juga mengharapkan kedepan nilai Akreditasi di UHN bisa meningkat dimana saat ini semua Prodi di UHN sudah “B”. Dengan demikian, kita harapkan bisa lebih baik menuju Akreditasi “A”. Kita akan terus lakukan perubahan untuk itu, tegas Dr. Marlan Hutahaean, M.Si lulusan S2 dan S3 UGM ini.

Sementara  Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau sangat mengharapkan di internal UHN bisa memahami bahwa mutu adalah perioritas. Dengan demikian, SPMI berbasis PPEPP ini diharapkan menjadi masukan yang sangat berharga untuk mendorong nilai Akreditasi yang lebih baik, kalau bisa “A” tegas Rektor UHN. Rektor juga mengatakan saat ini sudah melek akreditasi. Masyarakat sudah paham betul apa itu fungsi Akreditasi itu sendiri. Dengan demikian masyarakat akan memilih kampus yang punya Akreditasi yang baik, minimal B, tegas Rektor lagi. 

Rektor sangat mengharapkan dengan adanya Workshop ini Akreditasi “A” kedepan bisa lebih baik ke nilai “A”. Hal itu bisa dilakukan karena potensi SDM di UHN sangat bagus dan mendukung untuk itu, tegas Rektor sekali lagi. Acara Workshop ini diikuti oleh para Kaprodi, Wakil Dekan, dan Dekan dari lingkungan UHN.

.