35 Dokter Baru FK Universitas HKBP Nommensen Dikukuhkan

Di tengah pandemic covid-19 yang terus melaju, terutama masa-masa sulit selama Pendidikan tidak menghalangi tekad Sivitas Akademika Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommesen Medan untuk menorehkan prestasi yang berpuncak pada keberhasilan mencapai kelulusan first taker Ujian Kompetensi Mahasiswa Tahap Profesi (UKMPPD) yang diselenggarakan tingkat nasional, yang berhasil meluluskan 97 % mahasiswanya pada November 2021 lalu. Sebanyak 35 dokter baru diambil sumpahnya oleh masing-masing pemuka agama pada Jumat (04/02/22) di Gedung Auditorium Fakultas Kedoteran Universitas HKBP Nommensen Medan Lantai 6. Pelaksanaan Sumpah Dokter Periode XIV ini dilaksanakan secara tatap muka terbatas dengan protokol Kesehatan ketat seperti wajib swab antigen, memakai masker dan menjaga jarak.

Acara dibuka oleh Dekan FK Dr. dr. Leo Simanjuntak, SPoG, didampingi Wakil Dekan I  Dr. dr. Jenny Ria Sihombing, Sp.PK, Wakil Dekan II dr. Joice S.G. Panjaitan Sp.KK, Wakil Dekan III dr. Okto P.E. Marpaung, M.Biomed, Kaprodi Program Studi Profesi Dokter (PSPD) dr. Rudyn R. Panjaitan, M.Ked(KK),Sp.KK, Kaprodi Program Studi Sarjana Kedokteran (PPSK) dr. Ade Pryta R. Simaremare, M.Biomed.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan, Dr. Haposan Siallagan, S.H.,M.H merasa bangga atas prestasi dokter muda ini. “Kami bangga kepada seluruh dokter muda. Selamat menikmati kebahagiaan ini buat anak-anak kami dan orangtua dan seluruh keluarga. Harapannya semoga dokter- dokter ini menjadi dokter yang hebat, berkualitas dan bisa diandalkan bangsa dan negara serta menjadi dokter yang bisa mengabdi kepada Tuhan,” harapnya. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pemuka agama yang sudah berkenan hadir dan mendoakan dokter-dokter muda.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran, Dr. dr. Leo Simanjuntak, SPoG menuturkan Fakultas Kedokteran terus berbenah dalam segala bidang Tri Darma Perguiruan Tinggi agar dapat mencapai akreditasi unggul pada tahun 2023 yang akan datang. “Kita patut bersyukur karena anugerah yang berlimpah untuk keluarga besar Fakultas Kedokteran karena anak-anak kita sudah angkat sumpah dan sudah melewati berbagai proses dan melalui uji kompetensi sehingga mereka sudah kompeten untuk melayani di layanan primer,” ucapnya.

Beliau juga menjelaskan prestasi ini tidak terlepas dari kerja sama yang sangat baik dengan Rumah Sakit Pendidikan Utama, RS Murni Teguh Medan dan Rumah sakit jejaring seperti RS. Dr. Pirngadi Medan, dll. “Kepada orangtua selamat atas jerih payah dan doa dijawab Tuhan melalui keberhasilan anak-anak kita. Kepada dokter baru, 3 hal yang sudah didapatkan selama kuliah yaitu attitude, knowledge dan skills harus tetap diasah, seperti motto unggulan kita yaitu be a serving doctor (menjadi dokter yang melayani) di layanan primer. Jangan takut bersaing bahkan sampai ke luar negeri,” ucap Leo.

“Jadilah dokter yang tidak hanya menjadi agen penyembuh melainkan juga menjadi agen pengubah sekaligus agen pembangun bangsa sesuai dengan motto universitas yaitu Pro Deo et Patria. Untuk seluruh dokter muda, menjadi seorang dokter dimana ucapan dan Tindakan terikat oleh sumpah dan setiap keteladanan yang dibuat menjadi contoh untuk masyarakat. Teruskanlah totalitas ini sampai habis masa pengabdianmu sampai tutup usia,” ucap Pengurus Yayasan Universitas HKBP Nommensen, Prof. Dr. dr. Sarma Nursani Lumban Raja, SpOG(K).

Hal senada juga disampaikan Direktur RS Pendidikan Utama Murni Teguh Memorial Hospital dr. Togar Siallagan, MM, AAK. “Untuk dokter baru, silakan tulislah naskah hidup mu kedepan, karena naskah itu penting menjadi apa tua nya nanti. Mewakili orangtua dokter baru dilantik, dr. Jefri Sitorus, M.Kes. mengucapkan terimakasih kepada Para pimpinan Universitas khususnya Keluarga besar Fakultas Kedokteran , Dosen dan Tenaga Kependidikan yang telah membantu seluruh proses mulai dari perkuliahan sampai anak-anak kami ini sampai selesai.

Mewakili dokter baru dr. Michael Jack Damanik mengucapkan terimakasih Pimpinan Fakultas Kedokteran, Dosen dan Tenaga Kependidikan yang selalu memberikan inspirasi, menunjukkan keteladanan, nilai-nilai dan kesungguhan dalam memberikan bekal pengetahuan. Semoga ilmu yang kami dapatkan mampu memberikan kebaikan bagi diri kami, keluarga, masyarakat, nusa dan bangsa,” ucap Michael. Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahan selempang kepada peraih nilai CBT UKMPPD terbaik periode IV, dr. Hotni Yohanna Simanjuntak oleh Dekan Fakultas Kedokteran. Dilanjutkan penyerahan ulos dan sertifikat penghargaan kepada Direktur RS Pendidikan Utama Murni Teguh Memorial Hospital, Perwakilan Rumah Sakit jejaring kerja sama RSUD. Dr. Pirngadi Kota Medan serta Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Medan oleh Rektor UHN Medan dan Dekan FK.

 

.