Angkat Sumpah Dokter Ke IX FK UHN Medan

Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan Dr. Haposan Siallagan, S.H., M.H berfoto bersama 12 orang Dokter Muda dan 6 orang melalui daring didampingi oleh Sekretaris dan Pengurus Yayasan UHN Medan di Aula Fakultas Kedokteran UHN Medan.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingan perikemanusiaan. Saya akan memelihara dengan sekuat tenaga martabat dan tradisi luhur jabatan kedokteran. Saya akan menjalankan tugas saya dengan cara yang terhormat dan bersusila sesuai dengan martabat pekerjaan saya sebagai dokter,” ucap serentak para calon dokter muda Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan (UHN Medan) dalam acara Angkat Sumpah Dokter Ke-IX di Aula Fakultas Kedokteran, Sabtu (2/05/2020). Pembacaan lafal sumpah dokter oleh calon dokter dengan didampingi para pemuka Agama Kristen dan Katolik dan dilanjutkan dengan memberikan firman peneguhan.

Acara Angkat Sumpah Dokter lulusan Fakultas Kedokteran UHN Medan dimulai dengan kebaktian yang dipimpin oleh Pdt. TAP Simorangkir, S.Th, M.M. Calon dokter muda yang angkat sumpah berjumlah 18 orang, dimana 12 orang hadir di tempat ada 6 orang melalui daring/online. Walaupun dalam situasi pandemic Covid 19, acara dilaksanakan dengan tetap menerapkan anjuran dari Pemerintah seperti menggunakan masker, selalu menjaga jarak dan menyediakan hand sanitizer.

Dekan Fakultas Kedokteran UHN Medan, Prof. Dr. Bistok Saing, SpA(K) bersama WD I dr. Okto P.E Marpaung, M.Biomed, WD II dr.Victor M.L Tobing, DAHK dan WD III dr. David Simangunsong, M.Kes dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada dokter-dokter muda yang mengambil sumpah dokternya hari ini, dimana seorang dokter baru berhak menjalankan tugasnya sebagai seorang dokter apabila sudah melakukan sumpah dokternya. Kiranya ini menjadi dasar bagi para dokter muda dalam melaksanakan tugasnya dan tetap senantiasa takut kepada Tuhan dalam menjalankan tugas-tugasnya.

“Kepada dokter muda, ini belum berakhir. Perjalanan baru dimulai. Terus tingkatkan kompetensi keilmuan dengan belajar karena memang hanya itu yang membuat saudara menjadi dokter yang tangguh. Terutama dalam kondisi yang memprihatinkan saat ini, masyarakat dan negara sangat membutuhkan bantuan tenaga tim medis. Oleh sebab itu, mari bantu pasien yang terinfeksi covid 19 dan tunjukkan dedikasimu seperti karakter yang telah ditanamkan. Selamat kepada dokter muda, silakan bekerja dengan baik dan tetaplah ingat almamatermu,” ucap Rektor UHN Medan, Dr. Haposan Siallagan, S.H., M.H.

Rektor juga mengucapkan terimakasih kepada orangtua untuk amanah dan kepercayaannya kepada UHN Medan untuk mendidik para dokter muda yang siap mengabdi kepada bangsa dan negara. Beliau juga memberikan apresiasi kepada Fakultas Kedokteran dengan berbagai macam prestasi yang sudah dicapai dan berharap beberapa tahun kedepan akreditasi Pendidikan Kedokteran UHN Medan bisa segera menjadi akreditasi A.

Mewakili Yayasan UHN Medan, Kombes Pol (Purn) Dr. Maruli Siahaan, S.H., M.H berpesan kepada dokter muda yang baru dilantik, bahwa pada akhirnya segala perjuangan dan kerja keras dan juga kesabaran serta doa kita selama ini untuk mencapai cita-cita tulus menjadi seorang pengabdi masyarakat sampai pada tahap angkat sumpah  dokter ini. Apa yg menjadi niat awal ketika memulai studi ini hingga pengakatan sumpah dokter ini semakin menambah semangat dan kebanggaan dalam melaksanakan tugas untuk membaktikan diri kepada bangsa dan negara. Sumpah adalah janji tertinggi yang dipertanggungjawabkan langsung kepada Tuhan untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab.

Turut hadir Sekretaris Yayasan UHN Medan Pdt. Dr. Pintor Marihot Sitanggang, S.Th, Pengurus Yayasan Kombes Pol (Purn) Dr. Maruli Siahaan, S.H., M.H dan Prof. Dr. Ir. Bilter Sirait, MS Wakil Rektor I Dr. Richard Napitupulu, S.T, M.T, WR II Rusliaman Siahaan, S.E., M.M, WR III Dr. Ir. Sindak Hutauruk, MSEE, WR IV Drs. Samse Pandiangan, M.Sc, PhD dan Kabiro Akreditasi Akademik Dr. Hisar Siregar S.H., M.Hum dan Pastor Peno.

 

.