NOMMENSEN SALAH SATU PTS SEHAT DAN MEMBANGGAKAN DI SUMUT

Dr. Mahriyuni, M.Hum

Nommensen Salah Satu PTS Sehat dan Membanggakan di Sumut  

            Universitas HKBP Nommensen (UHN) salah satu perguruan tinggi yang sehat dan sangat membanggakan di Sumatera Utara dengan menerapkan Tri Dharma perguruan tinggi dengan baik dan benar, tegas Sekretaris Pelaksana kopertis Wilayah I Sumatera Utara Dr. Mahriyuni, M.Hum saat  memberikan sambutan acara Wisuda Periode ke-II 2017 Diploma, sarjana, dan Magister  UHN Medan dengan jumlah 746 orang di Gedung Selecta, Jumat, (6/10/2017). Dr. Mahriyuni, M.Hum mengapresiasi UHN yang terus melakukan berbagai terobosan yang bermutu sebagai upaya untuk meningkatkan layanan kepada mahasiswa, tegas Dr. mahriyuni. Sespel Kopertis ini juga sangat bangga UHN bisa mendapat AIPT “B”, dan kita harapkan bisa “A” kedepannya, karena UHN adalah aset kebanggan masyarakat Sumut, tegas Dr. Mahriyuni, M.Hum. 

            Sementara Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau dalam sambutannya mengatakan, UHN saat ini terus memainkan perannya di kancah dunia internasional dengan tagline “NHU Goes International” sebagai upaya mengantisipasi kemajuan jaman. Tidak ada bagi ruang bagi kita untuk sembunyi dari globalisasi, maka UHN akan terus melakukan pemebnahan untuk  menjadi PTS yang bermutu dan bertaraf global. Rektor UHN juga mengatakan sejak awal tahun 2015, UHN telah memulai era baru yakni masuk ke pasar global yang disemangati oleh tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA.  Nommensen harus mampu bersaing di pasar global agar tidak menjadi pecundang.  Untuk itulah kami mencanangkan misi “NHU goes international” yang dilaksanakan melalui 8 program yakni (1) pengakuan internasional kepada  alumni dalam bentuk belajar di luar negeri dan bekerja di luar negeri, (2) layanan dengan mutu kelas dunia, (3) kuliah internasional, (4) publikasi ilmiah internasional, (5) program studi campuran internasional, (6) pertukaran dosen internasional, (7) pertukaran mahasiswa internasional, dan (8) dua-gelar internasional.  

Tambah Rektor, berbagai hasil telah kita capai antara lain, sejak 1 April 2015 Nommensen telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan 35 Universitas terkemuka di  Cheko, Amerika Serikat, Taiwan, Thailand, Jepang dan Korea Selatan dan Malaysia.  Sehubungan dengan itu, Nommensen  telah  mengirimkan 70 mahasiswanya ke berbagai perguruan tinggi ternama di Taiwan, Korea Selatan, Malaysia dan Cheko sejak 3 Februari 2016 yang lalu untuk kuliah selama satu semester atau praktek lapang di sana.  Pada saat yang sama, mahasiswa luar negeri juga kuliah di UHN.  Selain itu, UHN juga telah memfasilitasi para alumni untuk memeroleh beasiswa S2 di luar negeri.  Sebanyak 18 orang alumni UHN telah kita berangkatkan ke program S2 di Taiwan. 

Saat yang bersamaan Ompu I Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing dalam sambutannya mengatakan pendidikan adalah satu-satunya jalan membangun peradaban bangsa yang maju. Kemudian adalah cara yang paling ampuh untuk untuk lepas dari kemiskinan, keterbelakangan, dan kebodohan, dan UHN telah melakukan tugas pengabdian ini dengan baik tegas Ephorus HKBP. Hal yang sama juga dikatakan oleh Sekretaris Yayasan UHN Pdt. Dr. Pintor M Sitanggang, bahwa lulusan atau alumni UHN harus berguna untuk membangun bangsa ini, dan semua alumni UHN harus punya iman, karakter, dan memelihara kepercayaan yang baik. Sekretaris Yayasan UHN juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua wisudawan atas kepercayaannya kepada UHN untuk mendidik anaknya.  

Ketua Panitia Wisuda pada tahun 2017 ini adalah Dr. Janpatar Simamora, SH, MH dan Sekretaris Panitia Drs. Juara Simajuntak, M.Si. Acara wisuda ini dihadiri oleh para pengurus Yayasan seperti Prof. Dr. Bilter Sirait, Drs. Golfried Lubis, Ak, Victor Silaen, SE, MM, Dra. Pinondang Nababan, MM, Drs. Frans Edward Hutabarat, dan para undangan lainnya. Adapun wisudawan terbaik adalah Jessica Theresia Delvia Pangaribuan dari Prodi Akuntansi (IPK 3,92), Nia Agus Paramitha Br. Surbakti Prodi Manajemen (IPK 3,96), Marlina Retno Nela Simajuntak Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP (IPK 3,92), Edwardo Suhendro Sianturi F. Hukum (IPK 3,97), Swardi Leonardo Sibarani  Prodi Tekni Mesin(IPK, 3,75), Marsaulina Simajuntak (IPK 3,73), Rapika Laura Purba, (IPK 3,81), Astuti Y Lumbangaol dari Psikologi (IPK 3,73), Inggris Feby Silaban Profesi Dokter (IPK 3,80), Jansen Sihombing Prodi Agribisnis (IPK 3,06), Marsaulina Simajuntak Prodi Adm Negara (IPK 3,73), Oloan Lumbantoruan (IPK 3,83), Nina Handayani Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris (IPK 4,00), dan Nurasmina Tumanggor Prodi MM (3,97). 

.