Untitled Document

Program Studi Manajemen (S1)

Program Studi Manajemen merupakan program studi yang ada di Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen. Pada saat ini program studi manajemen telah terakreditasi dengan nilai akreditasi B.

Dalam mengemban tugas dan pencapaian tujuan maka penyelenggaraan proses belajar mengajar di program studi manajemen mempedomani visi dan misi yang telah ditetapkan dan disesuaikan dengan rencana strategi Universitas HKBP Nommensen.

VISI

Menjadi Program Studi Manajemen unggul, bermartabat, dan berdaya saing global menuju Program Studi Manajemen berkelas dunia dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi berlandaskan kasih untuk Tuhan dan Ibu Pertiwi (Prodeo et Patria).

Misi

1. Melaksanakan pendidikan dibidang manajemen (keuangan, produksi, pemasaran, sumber daya manusia, dan bisnis) yang bermartabat sebagai wujud Pro Deo et Patria dengan mengembangkan keunggulan IPTEKS dan budaya bagi kemajuan bangsa Indonesia.
2. Menyelenggarakan proses belajar mengajar berbasis teknologi informasi untuk menghasilkan sumber daya manusia  yang mampu bersaing global.
3. Menyelenggarakan penelitian yang inovatif dan kreatif dengan menerapkan sains dan teknologi dalam bidang manajemen (keuangan, produksi, pemasaran, sumber daya manusia, dan bisnis) menuju pengakuan internasional.
4. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang kreatif dalam bidang manajemen (keuangan, produksi, pemasaran, sumber daya manusia, dan bisnis) untuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa.
5. Meningkatkan kerjasama lokal, nasional dan internasional dalam rangka mengembangkan Tridarma Perguruan Tinggi.

 

Tujuan

1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam bidang menajemen (keuangan, produksi, pemasaran, sumber daya manusia, dan bisnis) yang mampu membelajarkan diri, memiliki wawasan yang luas, kompeten dan memiliki etos kerja, yang senantiasa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, kemajuan teknologi dan seni budaya.
2. Menghasilkan dan memublikasikan hasil penelitian dan karya ilmiah inovatif dalam bidang manajemen (keuangan, produksi, pemasaran, sumber daya manusia, dan bisnis) yang berguna bagi masyarakat dan industri berstandar nasional menuju standar internasional.
3. Menghasilkan karya pengabdian masyarakat dalam bidang manajemen (keuangan, produksi, pemasaran, sumber daya manusia, dan bisnis) yang berguna bagi masyarakat dan industri.
4. Mewujudkan kerjasama yang saling menguntungkan, berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dengan berbagai institusi guna menjamin sustainability Program Studi Manajemen.

 

No. Nama Mata Kuliah Semester SKS
1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan I 3
2 Pengantar Bisnis I 3
3 Pengantar mikroekonomi I 3
4 Matematika I 3
5 Pengantar Akuntansi I I 2
6 Bahasa Inggris I 2
7 Pendidikan Agama Kristen I 2
8 Pengantar Manajemen II 3
9 Pengantar Makroekonomi II 3
10 Komunikasi dan Negosiasi Bisnis II 2
11 Bahasa Inggris Lanjutan II 2
12 Pengantar Akuntansi II II 2
13 Perpajakan II 2
14 Etika II 2
15 Bahasa Indonesia II 2
16 Matematika Bisnis III 3
17 Sistem Informasi Manajemen III 3
18 Statistika Bisnis III 3
19 Manajemen Perbankan III 3
20 Akuntansi Biaya III 3
21 Akuntansi Manajemen III 3
22 Bahasa Mandarin III 2
23 Teknik Proyeksi Bisnis IV 3
24 Kewirausahaan IV 2
25 Riset Operasi IV 3
26 Pasar Uang dan Modal IV 3
27 Perilaku Organisasi IV 3
28 Manajemen Pelayanan Publik IV 3
29 Aplikasi Analisis Kuantitatif IV 2
30 Manajemen Keuangan V 3
31 Manajemen Pemasaran V 3
32 Manajemen SDM V 3
33 Manajemen Operasi dan Jasa V 3
34 Perilaku Konsumen *) V 3
35 Perekonomian Indonesia *) V 3
36 Metode Penelitian Bisnis V 3
37 Hukum Bisnis *) VI 3
38 Manajemen Keuangan Internasional *) VI 3
39 Manajemen Mutu VI 3
40 Manajemen Keuangan Lanjutan VI 3
41 Manajemen Pemasaran Lanjutan VI 3
42 Manajemen SDM Lanjutan VI 3
43 Logika dan Filsafat VI 2
44 KPPM VI 2
45 Ekonomi Manajerial VII 3
46 Manajemen Pemasaran Global VII 3
47 Seminar Manajemen VII 3
48 Manajemen Kinerja *) VII 3
49 Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Korporasi *) VII 3
50 Penganggaran perusahaan VII 3
51 Manajemen Stratejik VIII 3
52 Perdagangan Luar Negeri VIII 2
53 E-Business *) VIII 3
54 Studi Kelayakan Bisnis VIII 3
55 Manajemen Perubahan dan Inovasi *) VIII 3
56 Skripsi VIII 6
    Total SKS: 156 

Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Tahun 2016

  • fakultas.ekonomi@uhn.ac.id
      Jln. Sutomo No.4A Medan
  • Sumatera Utara Indonesia
      (061)4522922; 4522831; 4565635
  • Fax. 4571426