Untitled Document
Judul : ANALISIS MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI KOTA MEDAN
Penulis : Romindo M. Pasaribu, S.E, M.Si,
Tahun Terbit : 2021
Abstrak :

Pengguna media sosial di  Indonesia mencapai 150.000.000 pengguna. Media sosial  memiliki beberapa macam bentuk yang beragam diantaranya  adalah  blogs, social  networking services, social  media sharing services, social bookmarking services, social news services social geolocation and meeting services, dan community building  services).

Media sosial memiliki potensi untuk membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memasarkan barang dan jasa.Teknologi memainkan peran dalam mendorong perkembangan UMKM untuk berkompetisi dipanggung global.Untuk dapat memenangkan kompetisi tersebut pelaku UMKM perlu memperhatikan 3 (tiga), yaitu perlindungan lintas Negara, peningkatan domestic dengan dorongan go digital-go online, dan ekspansi global dengan perbaikan sarana dan prasarana perdagangan lintas Negara.Ketiga hal tersebut sebaiknya dilakukan oleh UMKM untuk meningkatkan daya saing usaha yang dilakukan.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah media sosial sebagai media pemasaran untuk meningkatkan daya saing usaha kecil mikro dan menengah di Kota Medan?.Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah media sosial sebagai media pemasaran untuk meningkatkan daya saing usaha kecil mikro dan menengah di Kota Medan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory atau kausalitas.Lokasi penelitian di Sumatera Utara khususnya Kota Medan dengan waktu September 2019 s/d Maret 2020.Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM yang ada di Kota Medan yang telah menggunakan media online berbasis aplikasi dalam melakukan pemasaran terhadap produk-produk yang dihasilkannya. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, dengan kriteria sampel adalah pelaku UMKM di Kota Medan yang telah melakukan pemasaran dengan menggunakan media online seperti facebook, instagram, twitter, dan youtube. Dan jumlah sampel sebanyak adalah 80 responden.Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi sederhana.Hasil penelitian menyatakan pemasaran media online berbasis aplikasi berpengaruh postif terhadap daya saing usaha adalah diterima. Berdasarkan nilai signifikansinya diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sedangkan berdasarkan nilai t : diketahui nilai thitung sebesar 13,672 > ttable 1,988 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak.

FILE
No. Deskripsi Ukuran
1 ANALISIS MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI KOTA MEDAN 4410 Kb
Flag Counter
  • humas@uhn.ac.id
      Jln. Sutomo No.4A Medan
  • Sumatera Utara Indonesia
      (061)4522922; 4522831; 4565635
  • Fax. 4571426