Raih Gelar Doktor Dari USU Dr. Nalom Siagian, MM Dosen Administrasi Bisnis FISIP UHN Medan Pertegas Produk Turunan Andalimen Sebagai Wisata Kuliner Halal

Menjadikan produk turunan Andaliman sebagai wisata kuliner halal di Toba Samosir tentu menjadi sebuah prospek baru dan akan mmampu memberdayakan ekonomi rakyat. Hal itu ditegaskan oleh Dr. Nalom Siagian, MM ketika mempertahankan disertasinya dalam sidang terbuka di Sekolah Pascasarjana USU Medan dengan judul Sinergitas Pemasaran Produk Turunan Andaliman  terhadap Pengembangan Wilayah  Dan Pemberdayaan Masyarakat  Sebagai Variabel Intervening di Kabupaten Toba Samosi.

Wlaupun dilakukan secara online Dr. Nalom Siagian, MM Dosen tetap Program Studi Administrasi Bisnis Universitas HKBP Nommensen Medan mempertahankan disertasinya  dengan nilai sangat memuaskan dihadapan  TIM PROMOTOR   Prof. Dr. Suwardi Lubis, MS (Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara), Prof. Erlina, SE., M.Si., Ph.D., Ak., CA. (Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara), Prof. Dr. Ritha F. Dalimunthe, SE., M.Si (Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara), Medan (Rabu, 15 Desember 2020).

Sementara Tim Penguji luar komisi terdiri dari  Prof. Dr. lic. rer. reg. Sirojuzilam, SE, (Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara) Dr. Endang Sulistya Rini, SE, M.Si, (Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara), Prof. Dr. Raja Misbar, M.Sc, (Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala)

Dalam penelitiannya Dr. Nalom Siagian, MM mengatakan latar belakang  ini dilakukan dengan tujuan untuk sinergistas pemasaran produk turunan andaliman (pemasaran relasi, pemasaran sosial, pemasaran terpadu dan pemasaran internal sebagai wisata kuliner halal dalam rangka pengembangan wilayah di Kabupaten Toba Samosir melalui pembedayaan masyarakat sebagai variabel intervening.

Data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statisik yang meliputi : pengujian validitas dan reliabilitas, analisis statistik deskriptif dan analisis strucuture equation model (SEM).  Hasil penelitian yang dilakukan Dr. Nalom Siagian, MM menegaskan dalam penelitiannya bahwa Secara langsung pemasaran relasi, pemasaran sosial, pemasaran terpadu dan pemasaran internal produk turunan andlaliman sebagai wisata kuliner halal berpengaruh positif signifikan terhadap pemberdayaan masyarakat Kabupaten Toba.

Kemudian Dr. Nalom mempertegas Pemasaran relasi, pemasaran sosial, pemasaran terpadu dan pemasaran internal produk turunan andaliman sebagai wisata kuliner halal berpengaruh positif signifikan terhadap pengembangan wilayah Kabupaten Toba Samosir melalui pemberdayaan masyarakat sebagai variable intervening. Kesimpulan ini membuktikan, pembedayaan masyarakat sangat memengang penting didalam didalam menjembatani pengaruh negatif pemasaran produk turunan andaliman sebagai wisata kuliner halal di Kabupaten Toba Samosir tegas Dr. Nalom Siagian.

Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan, SH, MH didampingi oleh WR II Rusliaman Siahaan, SE, MM, WR IV Drs. Samse Pandiangan, M.Sc PhD mengatakan sangat bangga di UHN tenaga pengajar sudah semakin banyak yang bergelar Doktor. Ini adalah sebuah progress yang sangat luar biasa, tegas Rektor UHN Medan. Hal yang sama dikatakan oleh Dekan FISIP UHN Medan Drs. Darma Manalu, M.Si, didampingi oleh WD II Dra. Artha Lumbantobing, MSP bahwa di FISIP UHN Medan tenaga pengajar bergelar Doktor sudah ada empat orang, tiga di Prodi Administrasi Publik dan 1 di Prodi Administrasi Bisnis. Kita sangat bangga dengan prestasi ini, tegas Dekan FISIP lagi.

.