Lulus 100%, Fakultas Kedokteran Universitas Medan Gelar Sumpah Dokter

Universitas HKBP Nommensen (UHN Medan) menggelar acara angkat sumpah dokter baru Angakatan ke- 12 pada Kamis (08/04/2021) di Aula Fakultas Kedokteran UHN Medan. Upacara angkat sumpah diadakan secara offline dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan. Dimana seluruh tamu hadirin yang hadir wajib melakukan Tes Swab Antigen sehari sebelum acara dilaksanakan.

Sumpah dokter kali ini meluluskan 13 dokter baru yang telah sukses melewati seluruh fase Pendidikan Kedokteran di UHN Medan. Untuk kedua kalinya Fakultas Kedokteran UHN Medan kembali meluluskan mahasiswa dalam Uji Kompetensi Program Profesi Dokter (UKMPPD) Periode Februari 2021 dengan tingkat kelulusan 100%.

Adapun sumpah dokter ini dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran UHN Medan, Dr. dr. Leo Simanjuntak, SpOG-, disaksikan oleh Wakil Dekan I Dr. dr. Jenny Ria Sihombing, Sp.PK; Wakil Dekan II dr. Joice S.G Panjaitan, Sp. KK; Wakil Dekan III dr. Okto Marpaung, M.Biomed. Turut hadir Pimpinan Universitas, Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan, Dr. Haposan Siallagan, S.H., M.H; Wakil Rektor I Dr. Richard AM Napitupulu, S.T., M.T; Wakil Rektor II Drs. Rusliaman Siahaan, MM; Wakil Rektor IV Drs. Samse Pandiangan, MSc.,Ph.D, Para Pemuka Agama, Dosen serta Tenaga Kependidikan di FK UHN Medan. Setelah pembacaan lafal sumpah oleh dokter –dokter muda, Para Pemuka agama diberikan kesempatan untuk memberikan firman peneguhan kepada dokter muda.

“Prestasi ini adalah anugrah dari Tuhan untuk memacu kita untuk bejuang lebih keras lagi. Hari ini kita patut bersyukur kalian semua berhak menerima gelar dokter dari Negara RI. Harapan kami setelah menjadi dokter yang sesunguhnya terjun dimanapun diseluruh pelosok Nusantara bahkan diseluruh dunia PBB juga membutuhkan tenaga-tenaga dokter, kita juga haru mampu memberikan pelayanan disana,” ujar Dekan Fakultas Kedokteran UHN Medan, Dr. dr. Leo Simanjuntak, SpOG.

Beliau mengungkapkan ketika sudah berada di tengah masyarakat, jadilah dokter yang berkarakter melayani, bijak, pintar, baik hati, lemah lembut. “Tetapi semua karakter tersebut diikat oleh satu karakter yaitu Takut akan Tuhan. Karena itulah kunci keberhasilan kita.  Ilmu kedokteran adalah ilmu yang dinamis. Oleh karena itu jangan pernah berhenti belajar,” tambah Leo.

Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan, Dr. Haposan Siallagan, S.H., M.H dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada 13 dokter muda. “Jadilah dokter yang sungguh-sungguh melayani, dengan sikap dan ilmu pengetahuan dan dengan keterampilan yang sudah dimiliki selama ini. Tetap jaga nama baik almamater dimanapun kalian berada. Saya mewakili seluruh keluarga besar Civitas Akademika UHN Medan mengucapkan selamat kepada orangtua mahasiswa yang turut berbangga, karena mereka telah berhasil meraih cita-citanya menjadi dokter,” ucap Haposan.

Fakultas Kedokteran tengah berbenah mempersiapkan untuk tetap mampu bersaing salah satu nya untuk persiapan meraih Akreditasi Unggul Tahun 2023 yang akan datang. Selain itu, FK UHN Medan juga berencana untuk membuat pengembangan Program Studi Magister yang diharapkan dalam waktu dekat dapat terealisasi.

“Ingat sumpah dokter. Jadilah dokter yang beretika. Jangan pintar tapi gak beretika. Jadilah terang dan garam di tengah-tengah masyarakat. Mewakili RS Murni Teguh berterimakasih kepada Universitas HKBP Nommensen karena masih memberikan kepercayaan kepada Murni Teguh sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama,” ujar dr. Pantas Hasibuan, Sp.P, K-Onk selaku Perwakilan RS Murni Teguh.

Hal senada diungkapkan oleh Perwakilan orangtua dokter muda. “Kami sebagai orangtua bangga menjadi bagian dari keluarga besar FK UHN Medan. Kami mngucapkan terimakasih atas bimbingan Bapak/Ibu dosen. Kami bangga kiranya kedepan anak-anak kami menjadi dokter yang memiliki integritas dan mengabdikan diri dengan penuh tanggung jawab berlandaskan kasih seperti motto UHN Medan yaitu Pro Deo et Patria- Untuk Tuhan dan Ibu Pertiwi,” ujar Ibu dra. Isma Manurung.

Perwakilan dokter muda, dr. Billy Jon Sinaga mengucapkan terimakasih kepada kedua orangtua atas kasih, doa dan jerih lelah yang gak bisa terbayarkan. “Terimakasih juga kepada seluruh civitas akademika FK UHN Medan ,yang telah banyak membantu kami mulai dari mahasiswa baru hingga saat ini kami sudah disumpah menjadi seorang dokter,” ucap Billy.

.