FK UHN Medan Lantik Dokter Muda : Peringkat Ke-3 Nasional dan Lulus 100%

Empat puluh dokter baru mengambil sumpah/janji dokter, Kamis (11/2/2021) yang telah menyelesaikan masa studi nya di Program Pendidikan Profesi Dokter Angkatan Ke- XI yang berlangsung di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan. Pada periode ini, persentase kelulusan dalam Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) baik Computer Based Test (CBT)  maupun Objective Structured Clinical Examination (OSCE) dengan prestasi sangat memuaskan yaitu meluluskan 100% first taker. Ini merupakan mahasiswa FK UHN Medan yang lulus Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) periode bulan November 2020. Bahkan ada 2 orang mahasiswi yang sangat membanggakan dan menembus prestasi Nasional, adalah dr. Putri Rahmi Maharani, peserta ujian yang menempati Peringkat Ke-3 Nasional dengan nilai 93 dan dr. Sartika Astri.

Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran UHN Medan, Dr. Dr. Leo Simanjuntak didampingi oleh Wakil Dekan I dr. Jenny Ria Sihombing, Sp.PK ; Wakil Dekan II dr. Joice Sonya Panjaitan, SpKK; Wakil Dekan III dr. Okto P.E Marpaung, M.Biomed dan Kaprodi Pendidikan Profesi Dokter dr. Rudyn Panjaitan, M.Ked(KK), Sp.KK dan para pemuka agama yang disesuaikan dengan kepercayaan masing-masing dokter baru. Dekan Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan, dr. Dr. Leo Simanjuntak, SpOG dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para dokter muda yang telah berhasil meraih gelar dokternya. Beliau berharap semoga para dokter muda menjadi dokter yang melayani dengan sepenuh hati, melayani dengan kasih. “Jadilah dokter yang rendah hati yang berbakti seperti motto Nommensen: ’Bagi Tuhan dan Ibu Pertiwi’. Berkayalah sepanjang masa, niscaya pasti sukses dan jaya. Bersama kita bangkitkan asa, Prodeo et Patria,” ujar Leo.

“Selaku Rektor saya ucapkan selamat kepada 40 dokter muda yang telah berhasil menyelesaikan studi profesi dokter  dengan kelulusan 100% sekali tembak. Mudah-mudahan dengan keberhasilan ini saya percaya Fakultas Kedokteran UHN Medan bisa mencapai Akreditasi Unggul pada tahun 2023 mendatang,” ucap Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan Dr. Haposan Siallagan, S.H., M.H dalam sambutannya. Beliau juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh Rumah Sakit mitra jejaring secara khusus kepada Keluarga Besar Rumah Sakit Murni Teguh sebagai Rumah Sakit Pendidikan utama di FK UHN Medan atas kontribusi nya sehingga hari ini lahir kembali dokter-dokter muda yang disumpah. “Kepada dokter-dokter muda saya berpesan: pertama profesi anda adalah profesi yang mulia, lakukan lah pekerjaanmu dengan baik. Kedua, jangan pernah berhenti belajar karena pada masa sekarang begitu banyak permasalahan-permasalahan dalam kesehatan. Terakhir, jadilah dokter yang profesional, bekerja sesuai aturan dan norma terutama sesuai dengan sumpah yang sudah di ikrarkan,” tambah Haposan.

Turut hadir mewakili Pengurus Yayasan Universitas HKBP Nommensen, Prof. Dr. Ir. Bilter Sirait, M.S mengatakan Yayasan mengharapkan kiranya kepada semua dokter yang agar tetap kompetensi sebagai bukti nyata menjaga motto UHN Medan “Prodeo et Patria”, perdalam lagi keterampilan klinis, manajemen masalah kesehatan, milikilah moral dan profesionalisme dalam bekerja.

dr. Abednego Sebayang salah satu dokter yang diambil janjinya mengucapkan terimakasih kepada orangtua yang selalu memberikan support. “Banyak suka duka yang kita lalui, kedepan kita mampu menjadi seorang dokter yang rendah hati seperti visi dan misi kita. Saya bersyukur karena Fakultas Kedokteran tidak hanya mengajarkan ilmu kedokteran saja, melainkan juga mengajarkan tentang kasih dan kami sangat bangga menjadi alumni dari Fakultas Kedokteran ini,” ucap Abednego. Hal senada juga disampaikan oleh dr. Putri Rahmi Maharani, peserta mengucapkan terimakasih kepada Yayasan, tingkat universitas khususnya Fakultas Kedokteran yang telah banyak memberikan ilmu dan pengetahuan sehingga bisa mendapatkan prestasi ini. Turut hadir Wakil Rektor I Dr. Richard A.M Napitupulu, S.T., M.T; Wakil Rektor II Drs. Rusliaman Siahaan, MM; Wakil Rektor III Dr. Ir. Sindak Hutauruk, MSEE; Wakil Rektor IV Drs. Samse Pandiangan, M.Sc., Ph.D; Para Dosen dan Tenaga Kependidikan FK UHN Medan.

 

.