Natal Kedokteran UHN Medan Diwarnai dengan Berbagi Kasih dan Bulatkan Tekad Raih Akreditasi Unggul 2023

Meskipun dilakukan secara virtual,  perayaan Natal Keluarga besar Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan (UHKBPN) dengan tema “Kasihilan Sesamamu Manusia Seperti Dirimu Sendiri” berjalan sangat hikmat. Sebagaimana yang dikatakan oleh Dekan Fakultas Kedokteran UHN Medan Dr. De. Leo Simanjuntak, SpOG Natal FK UHN Medan dilakukan secara virtual zoom, Medan (19/12/2020). Dalam kesempatan itu Dekan FK juga mengatakan perayaan natal ini juga dilakukan dengan berbagi kasih kepada sesama sebagai wujud betapa FK UHN sangat peduli kepada kepada sesama dan juga sebagai inspirasi bagi keluarga besar FK UHN Medan untuk mampu meraih akreditasi unggul pada tahun 2023, tegas Dekan FK UHN Medan ini lagi. 

Dalam sambutannya Dr. Leo Simanjuntak mengatakanKita merayakannya ditengah-tengah pandemic covid-19, yang sudah berlangsung lebih 9 bulan, sejak diumumkan oleh WHO pada tanggal 11 Maret 2020. Kondisi ini mau-tidak mau, suka atau tidak suka “memaksa” kita untuk mengingat dan merenungkan kembali peristiwa Agung yaitu kelahiran Sang Juru Selamat, ditempat yang hina, dikandang domba di Bethlehem. Pandemic ini mengingatkan kita bahwa Yesus Kristus yang lahir dikandang domba di Bethlehem, Dialah Tuhan yang berkuasa atas seluruh bumi beserta isinya, termasuk pemilik kehidupan kita sampai saat ini dan selama-lamanya. Oleh karena itu Natal  tahun ini mengajak kita agar tetap setia kepada Tuhan Yesus Kristus.

Dr. Dr. Leo Simanjuntak juga mengatakan pandemic melahirkan penderitaan, kesusahan, bahkan keputusasaan (ada siswa yang gantung diri karena tidak punya HP untuk belajar daring)  oleh karena itu momen Natal tahun ini mengajak dan menggugah kita agar lebih peduli dengan sesama. Mari kita lihat sekeliling kita, kita ulurkan tangan semampu kita meskipun kecil akan sangat bermanfaat, bahkan kalau tidak punya apa-apa untuk diberikan , berikan SENYUMAN, tersenyumlah bersama-sama dengan saudara-saudara kita yang menderita, tegas Leo Simanjuntak lagi.

Istimewa, karena tahun ini merupakan titik awal komitmen semua stakeholders, menghantarkan FK UHKBPN terakreditasi unggul pada tahun 2023. Dalam rangka itu kita sudah melakukan beberapa hal diantaranya pelaksanaan PINMAS (Pertemuan …) untuk yang pertama kalinya yang berlangsung dengan sukses. Ditahun depan tanggal 8-9 Juli 2021, kita akan melaksanakan pertemuan ilmiah Internasional yaitu NoHMSIC (Nommensen Health & Medical Sciences International Conference) untuk pertama kalinya. Sampai saat ini sudah dikonfirmasi ada 2 narasumber yang sudah bersedia yaitu dari USA, dan negeri Belanda.  

Kemudian Dr. Leo juga melaporkan berbagai perkembangan akademik dimana pada Natal tahun ini menjadi momen kita mengucap syukur atas prestasi anak-anak kami mahasiswa angkatan tahun 2014 yang meraih prestasi sempurna yaitu dari 40 orang yang mengikuti  UKMPPD bulan Nopember 2020, lulus 100%. Bahkan ada 2 orang diantaranya meraih nilai diatas 90, dan banyak yang meraih nilai 80 keatas. Terpujilah Tuhan atas berkatnya kepada FK UHKBP Nommensen. Pada saat yang bersamaan kata Leo lagi, Dr. Christin verawaty sibuea sudah menyelesaikan pendidikan S3 di UI, menyusul akan pendidikan dr. Yudi Andre, KGEH di UI, dr. David Simangunsong,  akan studi S3 di Univ. Padjadjaran, dan ini adalah prestasi besar pada FK UHN Medan untuk bisa meraih akreditasi unggul 2023, tegas dr. Leo lagi.

Perayaan natal FK UHN Medan tahun ini diwarnai dengan berbagi kasih kepada sesama dimana FK UHN Medan memberikan bantuan sembako kepada jemaat HKBP Perumans Mandala dan sekitarnya dan ikut berpartisipasi memberikan bantuan korban banjir bandang yang terjadi dan penyalurannya melalui HKBP Sudirman Medan. Pada natal FK UHN Medan tahun ini menghadirkan pengkotbah Ephorus Emeritus HKBP Pdt. Dr. Bonar Napitupulu. Turut memberikan kata sambutan Wakil Rektor III Dr. Ir. Sindak Hutauruk, MSEE dan dihadiri oleh keluarga besar FK UHN Medan.

.