Fakultas Kedokteran UHN Medan Sukses Laksanakan Pertemuan Ilmiah Nommensen Medika Nasional I (PINMAS 2020)

Pertama kalinya, Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan menyelenggarakan Pertemuan Ilmiah Nommensen Medika Nasional I Tahun 2020 (PINMAS 2020) secara online dengan tema “Current Clinical Infection 2020”. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, Kamis-Jumat, 12-13 November 2020 pukul 08.30- selesai.
Ketua Panitia Pinmas 2020, Dr. dr. Jenny Ria Sihombing, Sp. PK menjelaskan tujuan pertemuan ilmiah ini. “Adapun tujuan nya adalah sebagai wadah untuk meningkatkan keilmuan tentang penyakit infeksi dalam meningkatkan kompetensi, sebagai wadah untuk pertukaran informasi dan perkembangan terbaru tentang penyakit infeksi dan wadah untuk menjalin kerjasama yang baik dengan fakultas kedokteran lainnya di Indonesia,” jelas Jenny.
Adapun peserta berjumlah kurang lebih 400 peserta baik mahasiswa maupun dosen Fakultas Kedokteran yang berasal dari Universitas HKBP Nommensen Medan, Universitas Methodist Indonesia, Universitas Kristen Indonesia, Universitas Pelita Harapan, Universitas Kristen Krida Wacana, Universitas Kristen Duta Wacana dan Universitas Maranatha. Diadakan Lomba Oral Presentation dan e-Poster Session bagi dosen dan mahasiswa fakultas kedokteran. Penilaian dilakukan oleh tim juri yang professional di bidangnya. Kepada seluruh peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya dalam sesi tanya jawab. 
 “Forkom yang masih baru ini  merupakan forum komunikasi fakultas-fakultas kedokteran yang tergabung dalam badan kerja sama perguruan tinggi kristen Indonesia, untuk saling mendukung, sukses bersama untuk memajukan fakultas kedokteran kristen di Indonesia,” ucap Ketua Forum Komunikasi Badan Kerja sama Perguruan Tinggi Kristen Indonesia, Prof. Dr. dr. Mardi Santoso, DTM & H, Sp.PD-KEMD dalam sambutannya. 
Dekan Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan, Dr. dr. Leo Simanjuntak, SpOG, menyampaikan sambutan selamat datang kepada peserta PINMAS dalam bentuk pantun. Dekan FK Nommensen yang juga menjadi salah satu narasumber dalam acara ini menyampaikan bahwa pelaksanaan PINMAS diharapkan menjadi sumber informasi untuk sivitas akademika maupun praktisi dalam hal infeksi dan inflamasi.
Acara dibuka oleh Rektor UHN Medan, Dr. Haposan Siallagan, S.H., M.H. “Saat ini tradisi akademik di masyarakat terdiri dari dua jenis kebebasan yaitu kebebasan akademik dan kebebasan mimbar akademik. Saya kira ini adalah tradisi terbaik yang harus dipertahankan. Pertemuan Ilmiah FK UHN Medan ini tentu akan memperkokoh tradisi akademik di lingkungan Universitas HKBP Nommensen secara khusus di Fakultas Kedokteran,” ucap Haposan.
Adapun Narasumber Plenary Lecture yaitu Prof. Dr. dr. Mardi Santoso, Sp.PD KEMD, DTM&H (FK Ukrida); Prof. Dr. Thomson P. Nadapdap, MS (Epid), FISPH, FISCM (FK Unimeth); Dr. dr. Theresia Monica Rahardjo, Sp. An, KIC, M.Si, MM, MARS (FK Maranatha); Dr. dr. Leo Simanjuntak, SpOG (FK UHN Medan); dr. Kurniyanto, SpPD (FK UKI); dan dr. Marshell Tandean, SpPD (FK UKRIDA).
Acara masih dilanjutkan dengan Laboratorium Prodia Presentation oleh narasumber Dr. Trilis Yulianti, M.Kes Kemudian dilanjutkan dengan Simposium dengan pembicara dr. Arum Krismi, MSC, SpKK (FK UKDW); dr. Lothar Matheus Silalahi, SpN (FK UKDW); Dr. dr. Jenny Ria Sihombing, Sp. PK (FK UHN Medan); dr. Herryanto Tobing, SpPD, KGEH, FINASIM; dr. Sylvia Siahaan, SpP (FK UPH) dan dr. Desman Situmorang, Sp.A (FK Maranatha).
Hadir melalui zoom, perwakilan Pengurus Yayasan Universitas HKBP Nommensen, Prof. Dr. Ir. Bilter Sirait, MS, dalam sambutannya  menyambut bangga kegiatan yang dilakukan oleh fakultas kedokteran. “FK UHN Medan lewat peran aktifnya sebagai fasilitator dan memediasi perkembangan terbaru ilmu kedokteran, yaitu tentang penyakit infeksi dan sebagai wadah untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan fakultas kedokteran di seluruh Indonesia,” harap Bilter. Lanjutnya, Pinmas diharapkan mempunyai impact percepatan bagi FK UHN Medan untuk memperoleh akreditas unggul sekaligus salah satu percepatan pembukaan Program Magister Program Dokter/Kesehatan. 
Diakhir acara, diumumkan pemenang Lomba Oral Presentation yaitu dr. Hartanto dari RSSUD Malinau dan pemenang lomba e-poster adalah Inri Yana Tampubolon dari FK Universitas HKBP Nommensen Medan. Acara ditutup dengan sambutan dari Wakil Rektor I, Dr. Richard AM Napitupulu, S.T., M.T. “Mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat rekan sejawat dosen untuk lebih giat lagi dalam penelitian dan penulisan karya ilmiahnya. Begitu juga dengan mahasiswa bisa lebih kreatif lagi melakukan kegiatan terkait dengan kegiatan ilmiah,” ucapnya.
.