Angkat Sumpah Dokter Angkatan X FK UHN Medan : Dokter Muda Harus Menjadi Garam dan Terang Dunia

Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan (FK UHN Medan) melaksanakan Angkat Sumpah dan Pelantikan Dokter Angkatan Ke- X di Aula Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan, Jumat (18/9/2020) Pukul 09.00 WIB. Sebanyak 9 dokter muda telah menyelesaikan masa studi di Program Pendidikan Dokter Universitas HKBP Nommensen Medan. Prosesi Pengangkatan sumpah dan Pelantikan Dokter ini merupakan angkatan ke- 10 yang telah dilakukan FK UHN Medan. Rangkaian acara diawali dengan ibadah singkat yang dipimpin oleh Pdt. T.A.P Simorangkir, S.Th., M.M, kemudian dibuka dengan ketukan palu oleh Dekan FK UHN Medan, Dr. dr. Leo Simajuntak, SpOG. Selanjutnya, pembacaan Sumpah Dokter dipandu oleh Wakil Dekan 1, Dr. dr. Jenny Sitepu, M.Biomed dan dikukuhkan dengan firman peneguhan secara bergantian oleh Pdt. T.A.P Simorangkir, S.Th., M.M dan Pastor Hugo OFM Cap.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kedokteran Dr. dr. Leo Simajuntak, SpOG dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur walaupun ditengah pandemic Covid-19 ini, acara angkat sumpah dokter ini bisa tetap dilaksanakan dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan. “Kepada anak-anak yang kami banggakan, suatu kebanggaan bagi seorang guru/dosen melihat anak didiknya berhasil bahkan lebih berhasil dari dirinya sendiri. Tanggung jawab di pundak kalian. Menjadi dokter adalah sebuah anugerah dan rencana dari Tuhan, sebuah pengorbanan dan ini adalah kesempatan untuk menolong sesama. Anak-anak kami harus menjadi pembawa “virus” optimisme ditengah wabah pandemic Covid 19 ini. Jadilah garam dan terang dimana pun berada. Selamat mengabdi bagi nusa dan bangsa, tetap ingat FK UHN Medan,” ucapnya.

Lebih lanjut beliau mengucapkan selamat Kepada orangtua dokter muda atas pengorbanan, perjuangan dan dukungan serta kepercayaan yang diberikan kepada Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan untuk mendidik anak-anaknya. Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan, S.H., M.H dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses kepada dokter muda yang telah menyelesaikan studinya di Fakultas Kedokteran UHN  Medan. “Secara khusus kepada dokter muda, saya menitipkan tiga pesan, yaitu Pertama, jadilah dokter yang professional, jalankan tugas dengan amanah, professional dan menerapkan etika kedokteran. Kedua, jangan berhenti menimba ilmu dan ikutin perkembangan teknologi. Dan Ketiga, jadilah dokter yang peka terhadap permasalahan yang ada di masyarakat, taat kepada aturan dan norma yang berlaku dan senantiasa menjunjung tinggi keselamatan pasien, mengutamakan kualitas pelayanan dan pengabdian. Dengan demikian, dokter-dokter muda sudah menjunjung tinggi nama baik almamater Fakultas Kedokterah UHN Medan,” jelas Haposan.

Dalam kesempatan ini juga Haposan mengucapkan terimakasih kepada semua pimpinan RS jejaring Fakultas Kedokteran Univesitas HKBP Nommensen Medan atas semua partisipasi nya, secara khusus kepada  RS Murni Teguh Medan yang sampai saat ini masih menjadi rumah sakit pendidikan utama yang  telah banyak memberikan kontribusi kepada pendidikan di FK UHN Medan.

Perwakilan Pemerintah Kabupaten Nias Barat, Drs. Turuna Gulo, M.M turut memberikan kata sambutannya. Pemkab Nias Barat sudah menjalin kerjasama dengan Universitas HKBP Nommensen sejak tahun 2013- sekarang. “Pemkab Nias Barat telah mengirimkan mahasiswa  utusan daerah pada Fakultas Kedokteran Nommensen. Sudah berjalan dalam 5 angkatan dan berjumlah 23 orang. Kepada dokter muda yang dilantik hari ini, semoga menjadi penabur-penabur benih kebaikan di tengah masyarakat,” ucapnya. Beliau juga menambahkan, Universitas HKBP Nommensen Medan sudah diakui sebagai lembaga pendidikan yang berprestasi unggul di Kepulauan Nias dan berharap kerjasama ini terus berkelanjutan.

“Kami berterimakasih kepada seluruh dosen pengajar dan dosen- dosen kepanitraan klinik di setiap rumah sakit yang kami jalanin selama koas. Kami berharap untuk cita-cita FK Nommensen Medan menjadi Akreditasi Unggul pada tahun 2023 terwujud. Atas berkat Tuhan, dukungan dan doa dari kedua orangtua kami lah sehingga kami bisa angkat sumpah pada hari ini,” ujar dr. Septiani Hasibuan mewakili dokter baru. Turut hadir Sekretaris Yayasan, Pdt. Heince Simanjuntak, S.Th., M.M, Wakil Dekan II, Drs. Rusliaman Siahaan, M.M, Wakil Rektor III, Dr. Ir. Sindak Hutauruk, MSEE, Wakil Rektor IV, Drs. Samse Pandiangan, M.Sc., Ph.D, Para Orangtua dan Dosen serta Tenaga Kependidikan Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan.

.

.