Dilantik Jadi Dekan FK UHN Dr. dr. Leo Simanjuntak, SpOG Tegaskan Akreditasi A dan Lulusan Berkarakter Pelayan

Bertempat di Gedung Aula Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan, Dr. dr. Leo Simanjuntak, SpOG dilantik menjadi Dekan Fakultas Kedokteran UHN Medan, Jumat (24/07/2020). Dalam sambutannya Dekan Fakultas Kedokteran yang baru ini bertekad dan menegaskan akan mendorong lulusan Fakultas Kedokteran UHN Medan untuk berjiwa pelayan. Bahkan dalam sambutannya beliau mengatakan target Akreditas A pada tahun 2023 akan kita realisasikan dan disambut riuh dan optimis oleh semua yang hadir.

“Saya berharap Fakultas Kedokteran UHN Medan akan menjadi Fakultas Kedokteran yang bisa diperhitungkan, disegani dan dibanggakan oleh masyarakat Sumatera Utara. Untuk itu, kerjasama semua team mulai dari Yayasan, teman sejawat, para dosen, tenaga kependidikan dan juga mahasiswa sangat kita harapkan. Mari satukan visi dan misi untuk menjadikan UHN menjadi ladang untuk menghasilkan dokter dan lulusan yang berjiwa pelayan kedepan,” tegasnya. Masih menurut Leo, FK UHN Medan harus menjadi etalase  UHN Medan karena mutunya dan karakter lulusannya.

“Melalui visi dan misinya Fakultas Kedokteran UHN Medan harus mampu menghasilkan lulusan yang unggul dan berkarakter melayani  dengan kasih  pada tahun 2023 (A-2023) serta menuju Fakultas Kedokteran berkelas dunia  (world class medical faculty) pada tahun 2023 demi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia,” ucapnyaPada saat bersamaan dr. Leo Simanjuntak juga mengucapkan terima kasih kepada Prof. dr. Bistok Saing, Sp.A(K)  Dekan FK yang lama atas kerja kerasnya selama ini.

Adapun misi fakultas menurut Leo adalah menyelenggarakan pendidikan kedokteran yang bermutu dengan melakukan pengembangan kurikulum sehingga menghasilkan lulusan yang unggul dengan keunggulan khusus dalam bidang penyakit –penyakit infeksi, berkarakter melayani dengan kasih, serta memiliki daya saing tingkat nasional dan global. Kemudian menyelengarakan penelitian-penelitian  yang bermutu khususnya penyakit- penyakit infeksi/tropis dan dipublikasikan di jurnal ilmiah nasional dan internasional  bereputasi serta menghasilkan Hak Kekayaan Intelektual, dan menyelenggerakan pengabdian  kepada masyarakat yang bermutu  dan bertujuan memberdayakan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama melalui program promotif dan preventif.  

Sementara Rektor UHN Medan Dr. Haposan Siallagan S.H, M.H mengatakan kepada Dekan FK UHN Medan yang  baru agar bekerja bersinergi, membangun komunikasi dan terus saling bahu membahu agar kedepan FK UHN Medan lebih baik, khususnya dalam hal Akreditas. “Empat hal yang dapat dilakukan oleh FK UHN Medan di tangan Dekan yang baru, yaitu lakukan terobosan, mendorong akuntabilitas FK, tata kelola yang baik dan meningkatkan Sumber Daya Manusia Fakultas Kedokteran,” pungkasnya. Rektor UHN Medan juga mengucapkan kepada Dekan FK yang lama Prof. Dr. Bistok Saing, Sp.A(K) atas dedikasinya selama ini. Pada saat yang sama Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada semua RSU mitra kerja FK UHN seperti RSU Murni Teguh, RSUD Pirngadi Medan, RSU HKBP Balige dan RSU yang lainnya.

Dalam acara pelantikan ini turut memberikan kata sambutan Dekan yang lama Prof. Dr. Bistok Saing, Direktur RSU Murni Teguh Dr. dr. Mutiara, MKT, Sekretaris Yayasan Pdt. Heince Simajuntak, STh., M.M, mewakili Dekan Ir. Benika Naibaho, M.Si. Turut hadir dalam pelantikan ini Dra. Pinondang Nababan, M.M Pengawas Yayasan, Prof. Dr. Bilter Sirait Divisi Akademik Yayasan HKBP Nommensen Medan , WR I Dr. Richard Napitupulu, S.T., M.T, WR II Drs. Rusliaman Siahaan,M.M, WR III Dr. Ir. Sindak Hutauruk, MSEE, WR IV Drs. Samse Pandiangan, MSc., Ph.D, dan Para Dekan Fakultas, Para tamu undangan dari berbagai RSU mitra kerja Fakultas Kedokteran UHN Medan seperti para dokter spesialis dari RSU Pirngadi Medan, dr. Pantas Hasibuan, SpP dan  yang lainnya.

.