Seminar Online Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan

 

“Tetap Fit Selama Pandemi”

Pada hari Jumat, 26 Juni 2020 telah dilaksanakan seminar online melalui aplikasi Zoom dengan Tema “Tetap Fit Selama Pandemi” dengan tiga (3) topik materi yaitu ‘Manfaat Berjemur’ yang dibawakan oleh dr. Novita Hasiani Simanjuntak, MARS, ‘Tetap Bugar Selama Pandemi’ dibawakan oleh dr. Saharnauli J. Verawaty Simorangkir, M.Biomed, dan ‘Nutrisi Tepat Selama Pandemi’ yang dibawakan oleh dr. Ade Pryta R. Simaremare, M.Biomed. Sebagai moderator diperankan oleh alumni Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen yaitu dr. Eunike F. Silaen. Seminar online ini merupakan yang pertama dari lima (5) seminar online yang akan diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat khususnya di masa Pandemi Covid-19 ini.

Seminar online tersebut diikuti oleh sekitar 100 orang peserta melalui aplikasi Zoom dan juga dilakukan live streaming melalui Youtube channel UHN Medan Official dengan jumlah view sekitar 277 kali. Partisipan yang mendaftar berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Sumatera Utara, Jakarta, hingga Kalimantan bahkan luar negeri seperti Taiwan. Walaupun didominasi oleh peserta perempuan, partisipasi dari peserta laki-laki juga tidak kalah antusias. Para peserta berasal dari kalangan umum dan akademisi seperti mahasiswa, dosen maupun dokter.

Selama lebih kurang 2 jam 30 menit, seminar berlangsung dengan antusiasme penuh dari seluruh peserta. Pada 1 jam pertama para narasumber menyampaikan materinya sesuai topik yang dibawakan dan para peserta tampak mendengarkan dengan baik. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang menunjukkan bahwa seluruh peserta sangat tertarik dengan seluruh materi yang dibawakan. Dalam materinya, narasumber materi mengenai “Tetap Bugar Selama Pandemi” yaitu dr. Saharnauli J. Verawaty Simorangkir, M.Biomed menerangkan pentingnya berolaraga untuk menjaga tubuh tetap sehat dan ugar. Dalam paparannya dr. Vera, begitu beliau biasa dipanggil, juga memperlihatkan gerakan-gerakan yang sesuai dengan pemula maupun yang senang berolahraga.

Selama sesi diskusi, para peserta banyak menanyakan hal-hal yang berkenaan dengan pengalaman pribadi selama masa pandemik dan olahraga apa yang paling sesuai dengan mereka baik yang muda, tua, atau yang berpenyakit. Narasumber langsung menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh peserta tanpa harus menunggu lama, dan setiap pertanyaan dijawab dengan baik. Dalam seminar ini, tiga (3) peserta dengan pertanyaan terbaik juga mendapatkan doorprize.

“Manfaat Berjemur”

Jumat 26 Juni 2020, pada pukul 13:00-15.30 WIB telah terlaksana seminar Kesehatan online berupa webinar untuk masyarakat awam Tema “Tetap Fit Selama Pandemi” oleh Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan,  dengan dengan tiga (3) topik materi yang dibawakan oleh dosen tetap FK UHN, yaitu “Manfaat Berjemur” oleh dr. Novita Hasiani Simanjuntak, MARS, “Tetap Bugar Selama Pandemi” dibawakan oleh dr. Saharnauli J. Verawaty Simorangkir, M.Biomed, dan “Nutrisi Tepat Selama Pandemi” yang dibawakan oleh dr. Ade Pryta R. Simaremare, M.Biomed. Sebagai moderator diperankan oleh alumni Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen yaitu dr. Eunike F. Silaen. 
Topik manfaat berjemur yang dibawakan oleh dr. Novita Hasiani Simanjuntak, MARS menrangkan bahwa dalam masa pandemik COVID 19 adalah sangat penting untuk menjaga Kesehatan tubuh. Berjemur yang dilakukan dengan benar memiliki manfaat yaitu pertama membantu pembentukan vitamin D yang berpengaruh besar pada kepadatan tulang, gigi, otot, pertahanan atau imunitas tubuh, kedua membuat suasana hati lebih baik, ketiga menjaga irama sirkardian tubuh yang normal, dan yang terakhir membantu penyembuhan penyakit kulit.
Seminar online tersebut diikuti oleh sekitar 100 orang peserta melalui aplikasi Zoom dan juga dilakukan live streaming melalui Youtube channel UHN Medan Official dengan jumlah view sekitar 277 kali. Partisipan yang mendaftar berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Sumatera Utara, Jakarta, hingga Kalimantan bahkan luar negeri seperti Taiwan. Para peserta berasal dari kalangan umum dan akademisi seperti mahasiswa, dan juga tenaga kesehatan. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta sangat baik, dan dijawab juga dengan sangat baik oleh pembicara, sehingga peserta yang lain dapat mengerti dan diskusi berjalan dengan menyenangkan dan seru, sampai lewat dari 30 menit waktu yang ditetapkan oleh panitia.
Acara ini berlangsung selama 3 jam dengan sesi diskusi selama 2 jam 30 menit. Walau pun acara telah selesai namun panitia masih membuka Whatsapp grup, agar 3 orang peserta yang mendapat doorprize, memperoleh hadiahnya, dan bagi semua peserta dan pembicara mendapat e-sertifikat.

“Nutrisi Tepat Selama Pandemi”

Pada hari Jumat, 26 Juni 2020 telah dilaksanakan seminar online melalui aplikasi Zoom dengan Tema “Tetap Fit Selama Pandemi” dengan tiga (3) topik materi yaitu ‘Manfaat Berjemur’ yang dibawakan oleh dr. Novita Hasiani Simanjuntak, MARS, ‘Tetap Bugar Selama Pandemi’ dibawakan oleh dr. Saharnauli J. Verawaty Simorangkir, M.Biomed, dan ‘Nutrisi Tepat Selama Pandemi’ yang dibawakan oleh dr. Ade Pryta R. Simaremare, M.Biomed. Sebagai moderator diperankan oleh alumni Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen yaitu dr. Eunike F. Silaen. Seminar online ini merupakan yang pertama dari lima (5) seminar online yang akan diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat khususnya di masa Pandemi Covid-19 ini. 
Seminar online tersebut diikuti oleh sekitar 100 orang peserta melalui aplikasi Zoom dan juga dilakukan live streaming  melalui Youtube channel UHN Medan Official dengan jumlah view sekitar 277 kali. Partisipan yang mendaftar berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Sumatera Utara, Jakarta, hingga Kalimantan bahkan luar negeri seperti Taiwan. Walaupun didominasi oleh peserta perempuan, partisipasi dari peserta laki-laki juga tidak kalah antusias. Para peserta berasal dari kalangan umum dan akademisi seperti mahasiswa, dosen maupun dokter.
Selama lebih kurang 2 jam 30 menit, seminar berlangsung dengan antusiasme penuh dari seluruh peserta. Pada 1 jam pertama para narasumber menyampaikan materinya sesuai topik yang dibawakan dan para peserta tampak mendengarkan dengan baik. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang menunjukkan bahwa seluruh peserta sangat tertarik dengan seluruh materi yang dibawakan. Dalam materinya, narasumber materi mengenai “Nutrisi Tepat Selama Pandemi” yaitu dr. Ade Pryta R. Simaremare, M.Biomed mengajak untuk memahami dan menerapkan nutrisi yang sehat dan berimbang dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan berdampak pada daya tahan tubuh yang sangat diperlukan untuk melawan penyakit khususnya virus penyebab Covid-19 yaitu SARS Cov-2.  Selain itu juga mengajak para peserta untuk melakukan praktik persiapan nutrisi yang baik melalui video Food Preparation yang diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan selama masa pandemi ini.
Selama sesi diskusi, para peserta banyak menanyakan hal-hal yang berkenaan dengan pengalaman pribadi maupun keluarganya selama menghadapi masa pandemi Covid-19 ini dimana daya tahan tubuh menjadi fokus utama. Narasumber langsung menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh peserta tanpa harus menunggu lama, dan setiap pertanyaan dijawab dengan baik. Dalam seminar ini, tiga (3) peserta dengan pertanyaan terbaik juga mendapatkan doorprize  berupa pulsa seluler sebesar masing-masing Rp. 50.000,-. Pada akhir sesi, seluruh peserta tampak sangat senang telah mengikuti seminar online tersebut. Diharapkan seluruh peserta akan membawa ilmu yang memberi dampak yang baik dalam kehidupan sehari-hari khususnya menghadapi pandemi Covid-19 ini sehingga tetap sehat dan positif dalam menjalani hidupnya.

.