FBS UHN Melaksanakan Pelatihan Pembuatan Alat Musik Sulim dan Ketipung di Lingkungan 2 Kelurahan Binjai Timur, Kota Binjai

Pada hari Sabtu (23/10) Fakultas Bahasa dan Seni melaksanakan pelatihan pembuatan alat musik sulim dan ketipung di Lingkungan 2 kelurahan Binjai Timur bersama adik-adik di daerah Lingkungan 2. Ini merupakan salah satu kegiatan Program Kompetesi Kampus Merdeka Liga 2 yang diadakan oleh Fakultas Bahasa dan Seni. Dalam kegiatan ini Fakultas Bahasa dan Seni mengajak masyarakat sekitar khususnya anak-anak disekitar Lingkungan 2 untuk mengikuti kegiatan pelatihan pembuatan alat musik sulim dan ketipung. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Narasumber yang ahli di bidangnya masing-masing.

Gbr 1.1 Sebelum melakukan pelatihan, para peserta diberikan arahan dan bimbingan sekaligus memperkenalkan Narasumber dan Panitia dari Fakultas Bahasa dan Seni.

Setelah diberikan arahan, para peserta langsung dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok suling dan kelompok ketipung. Pada pelatihan ini para peserta diberikan kesempatan untuk mencoba langsung pembuatan suling dan ketipung. Narasumber Suling Hendrik Peranginangin memberikan pengarahan kepada para peserta cara pembuatan suling.

Gbr 1.2 Narasumber Memberikan Pengarahan Cara Pembuatan Suling

Narasumber dari Ketipung memberikan pengarahan langsung kepada para peserta untuk cara pembuatan ketipung dari proses pemolesan kayu, pemasangan kulit agar terdengar nyaring, dan pengecatan khusus untuk ketipung.

Gbr 1.3 Proses Pembuatan Ketipung

Tujuan dari pelatihan ini sendiri yaitu untuk memberikan pengalaman serta pengetahuan kepada para peserta cara pembuatan alat musik tradisional suling dan ketipung. Fakultas Bahasa dan Seni juga mengharapkan kepada para peserta untuk tetap melestarikan alat musik tradisional budaya Indonesia.

Setelah kegiatan selesai, para peserta boleh membawa hasil yang telah mereka buat sebagai salah satu bentuk suvenir yang diberikan oleh Fakultas Bahasa dan Seni atas antusias para peserta yang telah mengikuti kegiatan pelatihan pembuatan sulim dan ketipung. Fakultas Bahasa dan Seni juga memberikan goodie bag beurpa Notes dan Jaket kepada para peserta dan narasumber sebagai bentuk terimakasih atas waktu dan kesempatan serta antusias semua peserta yang telah hadir pada kegiatan yang diadakan pada hari Sabtu (23/10).

Gbr 1.4 Foto Bersama Panitia, Narasumber dan Para Peserta

 

 

 

 

.