Rohani Silalahi Mahasiswa dari Prodi Seni Musik Menang Dalam Program Pejuang Muda

Senin (11/10) Mahasiswa dari Program Studi Seni Musik atas nama Rohani Silalahi 18820066 menang dalam seleksi Program Pejuang Muda Tahun 2021. Program Pejuang Muda merupakan salah satu program dari pemerintah yang merupakan kolaborasi antara Kementerian Sosial dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Kemendikbudristek ) sebagai bagian upaya percepatan pengentasan masalah sosial di Indonesia. Porgram ini nantinya akan fokus kepada social entrepreneurship ( kewirausahaan sosial ). Mahasiswa diberi kesempatan mencari pengalaman secara langsung di daerah prioritas yaitu daerah pascabencana, daerah kantong-kantong kemiskinan, daerah komunitas Adat Terpencil (KAT) diseluruh nusantara. Pejuang Muda adalah laboratorium sosial bagi para mahasiswa mengaplikasikan ilmu dan pengetahuannya untuk memberi dampak sosial secara konkret.

Dalam program ini mahasiswa akan berperan sebagai agen perubahan sosial melalui kegiatan pemetaan masalah, identifikasi alternatif solusi, formulasi solusi terbaik, perencanaan sumber daya dan capaian, pengerahan peran serta elemen masyarakat, implementasi dan pelaporan serta pengukuran dampak. Ruang Lingkup dalam Program Pejuang Muda :

  • Mahasiswa turun langsung ke daerah yang membutuhkan bantuan
  • Mahasiswa akan berkolaborasi (magang) di Kementerian Sosial untuk mendukung program-programnya
  • Bersama Kementerian Sosial, mahasiswa akan merancang dan mengeksekusi program sosial yang relevan untuk daerah tersebut
  • Mahasiswa juga akan merancang digital campaign untuk mendukung program sosial yang dijalankan
.