PENYAMBUTAN MAHASISWA BARU T.A. 2021/2022 FAKULTAS TEKNIK

Pada 14 September 2021 Pukul 14.00-15.00 WIB, telah dilaksanakan Acara Penyambutan Mahasiswa Baru Fakultas Teknik di Ruang Pertemuan Dr. Justin Sihombing yang dihadiri secara virtual oleh seluruh mahasiswa baru Fakultas Teknik melalui Zoom Meeting. Acara tersebut disambut antusias oleh para mahasiswa baru Fakultas Teknik. Jumlah mahasiswa baru Fakultas Teknik T.A. 2021/2022 telah mencapai target yang telah diusulkan yaitu berjumlah hampir 300 mahasiswa yang mana targetnya adalah 270 mahasiswa.

Acara tersebut dipimpin oleh Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Timbang Pangaribuan, MT diikuti oleh Wakil Dekan I Yetty Riris Saragi, ST, MT, Wakil Dekan II Parulian Siagian ST, MT, Wakil Dekan III Johan Oberlyn Simanjuntak, ST, MT, Ka. Prodi Teknik Sipil Tiurma Elita Saragi, ST, MT, Sekretaris Prodi Teknik Sipil Bartholomeus Hutagalung, ST, MT, Ka. Prodi Teknik Mesin Ir. Suriady Sihombing, MT, Ka. Prodi Teknik Elektro Ir. Sahat Parulian Siahaan, MT, Ka. Biro Kemahasiswaan Libianko Sianturi, ST, MT, Ketua Ikatan Alumni Teknik sekaligus pengurus Yayasan UHN Ronal Naibaho, ST, MSi, Kabag Tata Usaha Netty Siagian, A.md, Christine Siahaan, S.Pd, Piter Sianipar, Operator PSI,  Perwakilan dari BEM Jelita Sihombing, Perwakilan mahasiswa Teknik Elektro Cristoni Pardosi, juga dihadiri secara virtual oleh Wakil Rektor I Dr. Richard A. M. Napitupulu, ST, MT dan Wakil Rektor III Dr. Ir. Sindak Hutauruk, MSEE.

Acara dibuka dengan doa yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Timbang Pangaribuan, MT dilanjutkan dengan memberikan pengarahan kepada mahasiswa mengenai pengenalan Gedung Universitas HKBP Nommensen dan Fakultas Teknik serta kegiatan yang ada di Fakultas Teknik.

 

Pembicara kedua dilanjutkan oleh Wakil Dekan I Yetty Riris Saragi, ST, MT yang menjelaskan tentang Akademik termasuk didalamnya  Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM) dan proses perkuliahan.


 

Pembicara ketiga oleh Wakil Dekan II Parulian Siagian ST, MT yang menjelaskan tentang  Administrasi Umum, Keuangan dan SDM yang mana kedisiplinan mahasiswa sangat penting dalam melaksanakan perkuliahan terutama soal waktu, serta kedisiplinan membayar cicilan uang kuliah tepat waktu agar dapat melakukan UAS dan UTS sehingga tidak ada kendala dalam melaksanakan proses perkuliahan.
 

Pembicara keempat oleh Wakil Dekan III Johan Oberlyn Simanjuntak, ST, MT yang menjelaskan bagian kemahasiswaan, dimana mahasiswa diajak untuk menemukan jati dirinya sendiri sebagai mahasiswa yang sukses untuk mencapai tujuannya selama melaksanakan perkuliahan di Fakultas Teknik. Beliau juga menyampaikan penguatan kepada mahasiswa yaitu “Anda adalah apa yang anda pikirkan jika anda berpikir sukses, maka kesuksesan anda akan berbuah kenyataan sebaliknya jika anda menganggap kuliah itu adalah beban, sulit, banyak tugas, menjenuhkan maka itulah masa depan anda.”  Jadi perkuliahan bisa dilakukan dengan asik sambil diskusi maka tidak terasa perkuliahan 3,5 tahun atau 4 tahun sudah tamat. “Jika anda ingin mengetahui masa depan anda sekarang jawabannya adalah apa yang anda lakukan sekarang untuk masa depan.” Mahasiswa yang berkarakter adalah mahasiswa yang memahami tugas dan fungsinya sebagai mahasiswa dan senantiasa meningkatkan wawasan, pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap. Mungkin perkuliahanmu ada pasang surutnya baik dari keluarga, teman maupun lingkungan kampus tetapi jangan khwatir yakinkan dirimu bahwa persoalan itu dapat diselesaikan bersama dimana ada Kendala pasti ada Solusi. “Organisasi adalah alat untuk membangun kebersamaan, mencapai cita-cita luhur terhadap pengabdian sesama manusia. Melalui organisasi kemahasiswaan anda dapat menemukan jati dirimu.” Jadi, mahasiswa harus mampu memadukan antara Organisasi dan Perkuliahan sehingga anda dapat menjadi orang yang berkarakter dan sukses yang mana terdapat paradigma baru yaitu “Aktivis organisasi adalah mereka yang berprestasi dan orang yang unggul akademik.” Jadi yang dibutuhkan dari seluruhnya adalah nilai integritas yakni kejujuran, kepercayaan, keadilan, kehormatan, tanggung jawab, dan keberanian. NKRI butuh orang berintegritas.

Pembicara kelima oleh Perwakilan dari BEM Jelita Sihombing menyampaikan penyemangatan kepada adik kelasnya untuk tetap semangat karena kuliah itu keras maka mental pun tak boleh lemas. Ketika kamu berada di lingkungan para maling maka mencuri adalah suatu perbuatan yang wajar lalu membudayakannya hingga kelak mencuri adalah sebuah kebenaran bagi genarasi berikutnya. Artinya lingkungan memiliki factor penting dan pengaruh besar dalam proses pertumbuhan kita jadi haruslah bijak memilih lingkungan bertumbuhmu, apabila kamu sudah berada di lingkungan baik maka tirulah dan terapkanlah di kehidupanmu dan sebaliknya apabila kamu bertumbuh di lingkungan yang kurang baik maka perbaikilah lingkunganmu tetapi jangan lupa sebelum kamu memperbaiki lingkunganmu, isi dan bobotilah terlebih dahulu dirimu dengan kebaikan dan ilmu pengetahuan. Apabila kamu sudah menekuni satu bidang jadilah konsisten itu adalah kunci keberhasilan yang sebenarnya.

Pembicara keenam oleh Ketua Ikatan Alumni Teknik sekaligus pengurus Yayasan UHN Ronald Naibaho ST, MSi  yang juga menyampaikan penguatan kepada para mahasiswa baru Fakultas Teknik untuk melaksanakan perkuliahan dengan baik serta bila ada yang ingin didiskusikan kepada kakak-kakak alumni dapat datang ke Sekretariat di Jl. Tapian Nauli No. 35 Medan. Sebagai supporting system, kami akan mendukung adik-adik dalam menjalankan kegiatan dalam perkuliahan. Sebagai Fakultas Teknik kita harus menjaga solidaritas untuk hal-hal yang positif. Tidak usah sungkan tetap jalankan komunikasi dengan kakak-kakak alumni. Anda termasuk orang beruntung karena lahir dari keluarga  yang bisa menguliahkan anaknya di Universitas HKBP Nommensen maka syukurilah. Banyak alumni yang telah bekerja di instansi pemerintah, bumn, swasta dan wiraswasta, serta jarang ada alumni yang menganggur. Soal rejeki itu dari Tuhan, kaya bukan menjadi cita-cita tetapi kita harapkan ilmu pengetahuan akan memberi bekal untuk adik-adik. Alumni siap mendukung untuk adik-adik yang akan melakukan MBKM di luar kampus misalnya untuk kunjungan ke pabrik, managemen proyek atau kegiatan industri.

Terakhir sebagai penutup, Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Timbang Pangaribuan, MT menyampaikan bahwa ada 5 karakter yang harus diterapkan mahasiswa yaitu;
- Di rumah kamu harus jadi orang baik,
- Di kampus harus jadi orang cermat,
- Dalam berbisnis harus jadi orang yang jujur,
- Dalam berkompetisi harus jadi orang yang suportif, dan
- Di masyarakat kamu harus sopan. TYM

Acara selanjutnya dibagi menjadi tiga bagian ke prodi masing-masing yaitu Prodi Teknik Sipil, Teknik Mesin, dan Prodi Teknik Elektro. Acara dipimpin oleh Ka. Prodi masing-masing untuk menyampaikan informasi lebih spesifik kepada mahasiswa sesuai prodinya.

 

.