UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN BERSAMA STTD BEKASI GELAR DIKLAT PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (DPM)

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Provinsi Sumatera Utara Renward Parapat, ATD, MT membuka Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM), Senin, (19/3/2019). dengan dihadiri Kajur D/III Perkeretaapian STTD Bekasi Ir. Bambang Drajat, MM, dan Rektor Universitas HKBP Nommensen Dr. Haposan Siallagan, SH.,MH. beserta jajaran.

Adapun diklat yang dibuka adalah Orientasi LLAJ, Keselamatan Lalu Lintas, Perparkiran, Pengemudi Profesional Angkutan Umum, Rambu Marka, Manajemen Resiko Perkeretaapian, Keselamatan Dasar Perkeretaapian, Pemeriksaan Emisi Gas Buang, Pengelasan, Pemeriksaan Sikap Roda. Jumlah peserta sebanyak 325 orang yang berasal dari Kota Medan dan sekitarnya.

Diklat diselengarakan selama tiga hari, tanggal 25 s/d 27 Maret 2019 atau setara dengan 30 jam pelajaran dengan metode pembelajaran teori dan praktik. Di akhir pendidikan, peserta yang dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat sesuai dengan jenis diklat yang diikuti. 

Penyelenggaraan Diklat Pemberdayaan Masyarakat ini merupakan realisasi dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2014 tentang percepatan pembangunan daerah tertinggal, Peraturan Pemerintah (PP) 51 Tahun 2012 tentang SDM di bidang Transportasi, dan Permenhub Nomor 63 tahun 2018 tentang tata cara pemberian bantuan pendidikan dan pelatihan serta beasiswa di bidang Transportasi.

Diharapkan, dengan bekal ini masyarakat bisa lebih memahami transportasi dan bisa bersaing lebih luas lagi di dunia transportasi khususnya transportasi darat.

.